banner-detik

lifestyle

5 Tips Bikin Area Dapur dan Ruang Makan Lebih Luas ala IKEA!

seo-img-article

Area dapur dan ruang makan kamu tampak sempit? Bisa kok dibikin jadi lebih luas seperti tips dari IKEA berikut ini!

Siapa yang menyadari kalau menata area dapur dan ruang makan adalah salah satu yang paling tricky? Yup, karena salah menaruh barang bisa mengakibatkan tempat jadi tampak lebih sempit. Pada kenyataannya, keterbatasan ruang kerap jadi kendala dalam menata area dapur dan ruang makan.

Selain itu, kurangnya pemahaman dalam mendekorasi sering kali membuat ruangan jadi terkesan sempit dan menyesakkan. Padahal, dalam mendekorasi hunian yang mungil perlu mempertimbangkan ruang yang terbatas serta memprioritaskan kebutuhan, lho. Solusinya, kedua area tersebut perlu diatur senyaman mungkin, selain untuk memaksimalkan fungsi ruangan, juga agar ruangan tetap terlihat indah. Berikut adalah beberapa tips ala IKEA untuk memberi kesan yang lebih luas pada aera dapur dan ruang makan kamu.

Menyimpan bumbu dengan rapi

Salah satu kesalahan yang paling umum dalam menata area dapur adalah tidak menyimpan bumbu dengan rapi dan teratur. Sering ditemukan penyimpanan bumbu dapur pada wadah yang berbeda-beda bentuk dan ukuran. Hal ini bisa mengurangi estetika dapur, apalagi jika disimpan secara terpisah.

Supaya dapur jadi lebih tertata dan terlihat cantik. Kamu perlu menaruh beberapa bumbu dapur pada wadah yang seragam. Kemudian wadah tersebut bisa kamu simpan pada satu tempat khusus yang dekat dengan area kamu memasak. Kamu juga bisa mengemas bumbu dapur dengan RAJTAN, kemudian menyimpannya dengan rapi menggunakan BEKVAM. Selain estetik, penataan bumbu dapur seperti ini juga mempermudah proses kamu nemasak lho.

Pencahayaan yang terang

Pencahayaan ternyata memiliki peran penting dalam setiap sudut ruangan, terutama untuk mengatur ambience hunian. Sebaiknya, pencahayaan di setiap ruangan diatur berbeda-beda, sesuai dengan kebutuhan dan mood yang ingin diciptakan. Area dapur memerlukan pencahayaan yang terang, untuk mendukung kegiatan memasak. Namun, hal ini kerap luput dari perhatian. Pencahayaan yang nggak maksimal akan memberi impresi ruangan seakan lebih sempit.

Sebaiknya, pencahayaan yang baik dapat membuat ruangan terkesan lebih luas, lho. Apalagi bagi kamu yang memiliki area dapur dan ruang makan yang terbatas. Kamu bisa memadukan beberapa jenis lampu seperti lampu panel dengan lampu gantung NAVLINGE agar memberi kesan ruang makan yang elegan. Sementara untuk dapur, kamu bisa memasang lampu sorot NYMANE untuk memastikan cahaya yang maksimal saat masak.

Baca juga: Tips Rumah Selalu Wangi Setiap Saat Seperti di Hotel Bintang 5

Menaruh peralatan masak dengan teratur

Kalau segala sesuatu rapi, pasti senang dong untuk melakukan kegiatan tersebut sehari-hari? Selain bikin mood jadi lebih baik, menaruh peralatan masak dengan teratur, juga bisa membuat kamu lebih mudah menemukan barang yang kamu cari dengan cepat. Kamu bisa menata panci dan pan di dinding dengan memasang kaitan HULTARP. Lalu, kamu bisa menaruh tutup panci di laci atau meja dapur dengan menggunakan rak penyimpanan seperti VARIERA. Dengan menata peralatan masak dengan teratur, dapur kamu dapat memiliki lebih banyak ruang.

Baca juga: 5 Tips ala IKEA untuk Menikmati Quality Time Bareng Keluarga

Gunakan organizer untuk mengatur peralatan makan

Idealnya, meja makan hanya digunakan untuk menghidangkan dan menyantap makanan. Namun, nggak jarang meja makan dipenuhi peralatan makan yang ditaruh begitu saja. Belum lagi meja makan yang dijadikan tempat penyimpanan ekstra, pasti akan jadi tampak semakin sempit. Nah, supaya bisa terlihat lebih rapih dan lebar. Kamu bisa menggunakan organizer untuk mengatur peralatan makan untuk menunjang penyajian hidangan. Beberapa organizer yang bisa kamu gunakan adalah tempat piring UPPDATERA dan tempat alat makan UPPDATERA. Selain membuat meja makan lebih rapi, kejdua produk tersebut dapat mempermudah kamu mengambil piring, sendok dan garpu sebelum makan.

Memanfaatkan ruang secara maksimal

Salah satu trik yang bisa kamu coba untuk memaksimalkan ruangan adalah menggunakan rak dinding ENHET. Rak ini bisa dimanfaatkan untuk menaruh toples, blender, dan set pisau dapur. Kalau kamu merasa penggunaan satu ENHET masih kurang, kamu bisa menggabungkan beberapa menjadi satu. Jangan lupa taruh di area strategis, biar memudahkan kamu mengambil barang yang kamu inginkan ya!

 

Itulah beberapa tips membuat area dapur dan ruang makan menjadi lebih luas dan aesthetic. Apakah kamu pelan-pelan sudah menata area dapur kamu jadi lebih cantik?

 

 

Image : dok. IKEA

Slow Down

Please wait a moment to post another comment