beauty school

Y2K Beauty, Tren Makeup dan Rambut 2000-an yang Viral di TikTok!

seo-img-article

Tren gaya 90-an yang bertahan beberapa tahun terakhir sepertinya mulai tergeser oleh Y2K beauty. Thanks to Bella Hadid & Dua Lipa! Kamu yang jadi remaja di awal tahun 2000-an, saatnya bernostalgia!

 

Y2K is back! Y2K atau Year to Kilo adalah sebuah momen fenomenal, yang sempat juga disebut millennium bug, yaitu perubahan akhir tahun 1990-an menuju tahun 2000. Pergantian tahun dengan angka cantik ini memang disambut meriah di seluruh dunia, dan tentu saja setiap era punya gaya masing-masing yang ikonis.

As we all know, tren selalu berputar. Setelah kita akrab dengan tren 90-an belakangan ini, mulai dari fashion hingga beauty, sekarang saatnya Y2K yang kembali jadi tren. Y2K beauty adalah tentang rambut, makeup, dan pernak-pernik yang berjaya di akhir 90-an dan di awal 2000-an. Apa saja sih? Seperti yang kini dipopulerkan kembali oleh seleb seperti Bella Hadid, Dua Lipa, Kendall Jenner, dan Olivia Rodrigo, gaya kala itu memang unik, heboh, dan punya ciri khas tersendiri. Simak, yuk!

 

Y2K hair

Gaya rambut era Y2K beauty sangatlah beragam. Mulai dari yang lurus banget, catok keriting, highlight warna-warni, sampai penggunaan aksesori seperti butterfly hairclip, jepitan simpel di poni, bandana, sampai pasang beads di kepangan kecil-kecil, hingga pakai claw clips yang kasih kesan sangat santai dan kasual.

Butterfly hairclip

Tren ini mendadak hits lagi sekarang ini! Ada yang sekadar dijepit di rambut yang dibelah pinggir, ada juga yang dijepit ke arah belakang, dengan rambut yang dibuat jadi beberapa section. Apakah kamu dulu sempat mencicipinya? Kalau iya, sekarang saatnya berburu jepitan kupu-kupu yang menggemaskan itu!

Baca juga: Serupa tapi Tak Sama, Ini Bedanya Makeup ala Korea, Jepang, dan Thailand!

Claw clips

Kalau zaman sekarang, kamu mungkin akrab menyapanya dengan sebutan “jedai”. Kalau kini jedai sering dipergunakan untuk membantu menata rambut yang telah dicatok menggunakan curling iron supaya hasilnya lebih bagus sebelum dibuka, (sesuai singkatannya: “jepit badai”), di era 2000-an awal claw clips lebih fungsional saja, untuk menjepit rambut yang kepanjangan atau supaya nggak gerah. Makanya, look kala itu juga cenderung messy dan kasual.

Bandana

Bandana bermotif (terutama paisley!) pernah jadi aksesori yang dianggap kece di awal 2000-an. J.Lo, Beyonce, Alicia Keys, dan Christina Aguilera kerap menggunakannya di berbagai kesempatan. Kamu bisa melipatnya sampai ramping lalu diikat di bawah rambut seperti bando, boleh juga dipakai menutupi kening, atau pakai dalam bentuk lebar yang menutupi seluruh kepala bagian atas.

Baca juga: Jerawat Puber Menyerang? Jangan Panik! Ini 5 Tips Mengatasinya!

Hair crimper

Y2K is about crimping! Ini adalah salah satu tren rambut yang fenomenal banget, dan nyaris nggak ditemui lagi di era lainnya. Bukannya ikal bergelombang yang seksi, penggunaan hair crimper memberikan kesan rambut lebih bervolume tapi unik, karena dipadukan pula dengan rambut yang tetap lurus. Brand hair styling yang terkenal banget saat itu adalah Babyliss! Mulai dari Hilary Duff sebagai Lizzie McGuire sampai Christina Aguilera, suka banget tampil dengan gaya ini. Di Indonesia hair crimper sering disebut “catokan genteng” atau “catokan zigzag”.

Super straight strand

Rambut dengan helaian dan ujung-ujung yang super lurus sangat bersinar di era ini. Ingat Christina Aguilera, Avril Lavigne atau Hilary Duff? Mereka punya rambut yang terlihat sangat halus dan lurus, meskipun potongannya punya sedikit layer. Untuk mendapatkannya, kamu bisa menggunakan hair serum atau anti-frizz serum, lalu lanjut dengan mencatok lurus, terutama di bagian ujung rambut.

Baca juga: Nostalgia Generasi 90-an, Wajib Punya Koleksi Colourpop Powerpuff Girls!

Y2K makeup

Berada di dalam peralihan tahun 90-an ke 2000-an, nggak heran kalau Y2K beauty juga masih dipengaruhi dengan beberapa unsur makeup yang sempat tren tahun 90-an, seperti thin eyebrows. Kalau dibandingkan dengan tren makeup tahun 2020-an, rasanya memang kontras banget! Kini kita terbiasa dengan alis natural dan bushy, complexion yang dewy, dan lip tint yang fresh. Sementara kala itu, smoky eyes warna-warni, complexion yang matte, frosty lipstick, dark eyeliner yang jadi juara.

Thin eyebrows

Kalau ingat thin eyebrows, pasti ingat Gwen Steffani. Sederet seleb yang populer kala itu seperti Beyonce, Angelina Jolie, dan Jennifer Aniston juga punya alis segaris. Sekarang, Bella Hadid dan Rihanna juga sempat tampil dengan thin eyebrows! Buat mengikuti tren ini, tentu kamu nggak perlu mencukur habis alismu atau overplucked seperti cewek-cewek gaul awal 2000-an. Coba deh pakai lem kertas dan sikat alis ke arah atas, lalu aplikasikan concealer yang full coverage di atasnya, baru deh pakai makeup lainnya seperti biasa. Kemudian gambar deh alis tipis segaris dengan pensil alis andalanmu. Memang cukup ribet, tapi seru juga buat dicoba!

Baca juga: Praktis dan Mudah Dipakai, Ini 3 Pensil Alis Lokal yang Wajib Kamu Coba!

Standout eyeshadows

Eyeshadow yang colorful banyak banget disukai saat itu. Mulai dari pink, ungu, biru muda, hingga tosca.  kamu bisa melihat tampilan ini di seleb seperti Britney Spears hingga Paris Hilton. Gayanya lebih smoky, dan bisa kamu padukan juga dengan eyeshadow silver biar kasih kesan lebih cerah dan frosty. Sebenarnya, eyeshadow warna-warni juga hits banget di tahun 80-an, namun di 80-an lebih glam dan tabrak warna, sementara awal 2000-an lebih subtle.

Frosty makeup

Lipstik yang frosty, eyeshadow yang frosty, dan highlighter yang heboh juga merupakan Y2K beauty yang banyak disukai. Jadi bukan glittery, tapi teksturnya lebih shimmer dengan icy look. Kalau kamu nggak punya lipstik dengan tekstur frosty, kamu bisa mengaplikasikan lipstik semi-matte atau creamy biasa, kemudian tambahkan bubuk shimmer atau highlighter di atasnya.

Lip gloss

Bibir penuh kilau menjadi salah satu ciri khas Y2K beauty. Rasanya, remaja cewek kala itu pasti punya satu produk lip gloss di rumahnya atau di makeup pouch mereka. Seleb seperti Lindsay Lohan, Paris Hilton, dan Rihanna termasuk yang sering mengikuti tren ini. Kamu bisa mengaplikasikan lip gloss bening, yang berwarna, atau yang punya sentuhan glitter. Kamu juga bisa memadukannya dengan tren lain, yaitu bold lip liner.

Bold lip liner

Nah, seperti yang sudah disebutkan di atas, lip liner sangat digemari di awal tahun 2000-an! Lucunya, lip liner yang dipakai harus lebih bold dibandingkan lipstiknya, bukan yang senada. Contohnya, kamu pakai lipstik nude, namun lip liner-nya cokelat. Atau pakai lipstik pink, tapi lip liner-nya merah. Sekarang ini, yang sering menerapkan tren ini adalah Bella Hadid dan Megan Thee Stallion.

 

Itulah tren lengkap Y2K beauty yang kini kembali jadi sorotan! Para 90’s babies pasti ingat dengan semuanya, kan? Buat kamu yang awal 2000-an masih duduk di bangku SD, pasti pernah deh lihat ibu, kakak, atau tante kamu tampil seperti di atas!

Sekarang banyak banget nih yang sudah mencobanya dan membuatnya menjadi video TikTok dan Reels. Apakah kamu salah satu yang suka dengan tren awal 2000-an ini? Mana yang paling menarik menurut kamu? Share di kolom komentar ya!

 

 

@melisekrem 🌸💖✨Y2K Hairstyles 💖✨🌸 which voice suits me best?? 💖 #y2kaesthetic #y2khairstyle #hairtutorial ♬ Mean girls outfits – ☆ROCKY☆

Image: Allure, E Online, Pinterest, The Guardian, Southern Living, Babyliss Pro, Glamour Magazine, Refinery29, Popsugar, Buzzfeed.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment