beauty school

Serupa tapi Tak Sama, Ini Bedanya Gaya Makeup Korea, Jepang, dan Thailand!

seo-img-article

Walaupun identik, gaya makeup Korea, Jepang, ataupun Thailand tetap menonjol dengan ciri khasnya tersendiri. Ini dia detilnya yang bisa kamu tiru!

Tidak jarang menjadi sorotan di dunia kecantikan, gaya makeup khas sederet negara Asia seperti Korea, Jepang, dan Thailand kerap jadi inspirasi kecantikan para perempuan. Walaupun sekilas dari pandangan pertama ketiga gaya ini terlihat mirip, tetap ada beberapa detil yang membedakan satu dari lainnya, lho. Dari makeup Korea yang glowing, Jepang yang doll-like, sampai Thailand yang penuh glam, tiga gaya makeup ini selalu menarik untuk ditiru. Kira-kira apa saja perbedaan sederet gaya makeup ini? Yuk, simak di sini!

Baca juga: Super Unik, Inilah 4 Ritual Kecantikan Khas Negara-negara di Asia!

Makeup Korea

Di antara banyaknya hal yang menonjol dari Korea, tidak dapat dipungkiri bahwa Korea selalu mempunyai efek kuat di dunia kecantikan. Dari produk skincare yang inovatif dan makeup dengan kemasan lucu, sampai K-beauty looks yang kerap ditampilkan oleh idol dan K-drama, gaya-gaya Korea seperti sudah menjadi kiblat atau trendsetter untuk para perempuan yang ingin mengeksplorasi penampilannya. Pasti pingin kan, tampil cantik bak artis drakor?

Dewy skin, natural eye look, and gradient lips

Kulit glowing sudah menjadi salah satu hal yang paling dikenal dari penampilan wajah orang Korea. Oleh karena itu, kalau kamu ingin mencoba gaya makeup Korea, tampilan dewy yang menunjukkan kulit sehat tidak boleh terlewatkan. Ketimbang pakai foundation, kamu bisa pakai produk complexion yang lebih ringan seperti cushion, BB cream, atau concealer saja. Tinggal ditambahi contour halus dan blush yang natural deh. Jangan lupa di-tap-tap tipis saja, biar tetap flawless!

Baca juga: Nggak Kalah dengan yang Viral, Inilah 5 Brand Korea Underrated yang Kece!

Untuk mata, gaya riasan mata wanita Korea selalu tampak natural. Alis hanya diarsir tipis-tipis dengan pensil alis dan sedikit brow-gel, dan warna eyeshadow cenderung ke warna-warna yang lembut atau netral seperti cokelat atau peach. Alih-alih winged-eyeliner, pemakaian eyeliner pada riasan Korea cenderung mengarah ke bawah sehingga memberikan kesan ‘puppy eyes’.

And don’t forget the iconic gradient lips. Gradient atau ombre lips sudah menjadi tren makeup di banyak negara, karena memberikan kesan ‘my lips but better’ yang cantik. Tinggal kombinasikan lip cream pada seluruh bibir dan lip tint favorit kamu di bagian tengah, lalu ditepuk perlahan pakai jari!

Baca juga: 5 Brand Skincare Korea Cruelty-Free yang Harus Kamu Coba!

Makeup Jepang

Walaupun bisa dibilang mirip dengan Korea, gaya makeup Jepang juga punya ciri khas-nya sendiri yang menarik. Kalau makeup Korea pada umumnya cenderung ke ‘no makeup-makeup look’, gaya makeup Jepang biasanya membuat penampilan seperti boneka atau karakter anime.

Baca juga: Punya Tekstur Nyaman, Ini 8 Sunscreen Jepang yang Nggak Boleh Dilewatkan!

Matte skin, dolls eyes, and blush

Kebalikan dari dewy skin ala Korea, J-beauty atau riasan wanita Jepang lebih banyak yang memilih matte complexion. Pemilihan blush-nya juga berbeda dari K-beauty, karena gaya makeup Jepang sering memilih blush dengan warna yang lebih mencolok dan diaplikasikan secara lebih menonjol. Dalam merias pipi, bukanlah hal yang aneh untuk menaruh blush di area bawah mata untuk memberikan efek layaknya sebuah boneka.

Riasan matanya juga dirias seperti pernak-pernik mata boneka. J-beauty cenderung menunjukan tampilan mata yang besar dan ‘doll-like’, sehingga pada umumnya sering memakai shimmering eyeshadow, eyeliner, serta bulumata palsu yang meriah. Terakhir untuk bibir, gaya di Jepang lebih menyukai lipstik yang memenuhi bibir, berbeda Korea yang cenderung lebih suka tampilan bibir gradien atau ombre lips.

Makeup Thailand

Berbeda lagi dengan K-beauty maupun J-beauty, gaya makeup Thailand lebih cenderung ke tampilan full glam, lengkap dengan full-coverage base makeup, smokey eyes, sampai overlined lips.

Satin finish, smokey eye, and full glam

Untuk riasan wajah, perempuan Thailand suka menggunakan foundation dengan coverage medium sampai tinggi yang bisa berikan complexion ‘sempurna’. Tidak lupa dilengkapi dengan contour yang tajam dan highlighter yang menonjol. Berbeda dengan makeup Korea atau Jepang yang lebih menonjolkan pemakaian blush, makeup Thailand lebih memakai contour dan highlighter yang cukup mencolok agar wajah terlihat semakin tirus.

Agar semakin glamor, smokey eyes look menjadi sesuatu yang khas pada gaya makeup Thailand. Banyak juga eye makeup yang memakai warna-warna lembut seperti peach, cokelat muda, dan pink, tapi tetap ada sentuhan glam dengan shimmer dan glitter. Lalu sama dengan tren makeup Western, aplikasi lipstik juga biasanya dipakai melebihi garis bibir atau overlined lips. Bibir jadi terlihat semakin full dan plump!

Baca juga: Intip 4 Inspirasi Makeup Biar Tampil Cetar Saat Jakarta x Beauty 2022!

So, itu dia sederet perbedaan gaya makeup Korea, Jepang, dan Thailand yang sekilas serupa tapi tak sama. Gaya dari negara mana nih yang jadi favorit kamu? Dan menurut kamu, apa sih gaya makeup khas dari Indonesia yang patut jadi andalan? Boleh saling share di bawah, ya!

 

Image : Instagram (@sooyaa__, @jennierubyjane) & Pinterest.

    raiagumay

    raiagumay

    -

    Slow Down

    Please wait a moment to post another comment