banner-detik

acne treatment

Jerawat Puber Menyerang? Jangan Panik, Ini 5 Cara Mengatasinya!

seo-img-article

Menyambut usia remaja, permasalahan kulit tentu berbeda dengan ketika kamu masih kecil. Umumnya, kulit jadi lebih berminyak dan jerawat muncul ketika kamu berada di usia pubertas. Gimana mengatasinya?

 

Pada usia remaja atau awal 20-0an, salah satu masalah kulit yang sering dialami adalah jerawat. Panik dan jadi nggak percaya diri? Nggak perlu, kok. Kamu bisa melewatinya dan mengatasinya dengan baik, kalo mau lebih rajin merawat kulit, khususnya dengan produk-produk yang memang khusus diciptakan bagi kulit berjerawat.

Kalau kamu termasuk gen Z yang sedang berjerawat, simak tips merawat kulit berjerawat di bawah ini!

Rutin bersihkan wajah

jerawat

Saat masih kecil, membersihkan wajah dengan air atau sabun mandi yang lembut sudah cukup. Namun, berbeda dengan kulit remaja yang kelenjar minyaknya jauh lebih aktif. Memasuki usia 12 atau 13 tahun, sebaiknya kamu sudah menggunakan produk facial wash sendiri. Kalau kulitmu memang berjerawat, kamu bisa gunakan facial wash dengan kandungan seperti tea tree, witch hazel, Niacinamide, atau Salicylic Acid, yang memang bermanfaat mengontrol minyak berlebih dan membantu meredakan jerawat. Gunakan 2 kali sehari ya!

Baca juga: Punya Kulit Berjerawat? Ini 3 Rekomendasi Face Oil Lokal yang Wajib Dicoba!

Jangan biarkan kulit terasa kering

jerawat

Anggapan bahwa kulit berjerawat tidak butuh moisturizer adalah sesuatu yang salah. Kadar air dan kadar minyak adalah dua hal yang berbeda, lho. Jadi, jangan takut pakai moisturizer! Kulit yang berjerawat juga tetap butuh kelembapan. Justru, ketika kulitmu tidak menggunakan moisturizer, kulit akan jadi lebih kering, sehingga memicu kulit untuk mengeluarkan minyak yang semakin banyak. Akibatnya, kulit jadi lebih berminyak, tapi dehidrasi. Nah, dengan kondisi seperti itu, jerawat bisa jadi makin parah! Solusinya, gunakan moisturizer yang ringan dan water-based, sehingga kelembutan dan kelembapan kulit tetap terjaga.

Baca juga: Memasuki Usia 20? Ini 5 Produk Makeup yang Wajib Kamu Miliki!

Gunakan obat jerawat setiap hari

jerawat

Acne spot treatment gel atau obat jerawat wajib kamu miliki, supaya bisa mengatasi permasalahan kulit sesuai target. Kamu bisa menggunakannya 2 kali sehari, pagi dan malam, dengan cara ditotolkan di bagian berjerawat. Pastikan wajah dan tanganmu sudah bersih ya! Saat pagi, bubuhkan acne spot treatment gel sebelum mengaplikasikan moisturizer dan sunscreen.  Saat malam hari, gunakan setelah serum dan sebelum moisturizer. Kamu juga bisa menggunakan acne patch atau sticker setelahnya, biar dapat aksi ganda.

Baca juga: Di TikTok, Kentang Hits sebagai Obat Jerawat? Jangan Mudah Percaya!

Serum dengan kandungan retinol bisa jadi pilihan

jerawat

Retinol merupakan salah satu ingredients paling terkenal di dunia skincare, karena powerful dan punya banyak manfaat. Retinol bisa meningkatkan kemampuan kulit dalam memproduksi kolagen, membuat kulit lebih kencang, dan memperbaiki tekstur kulit. Namun, retinol juga pintar mengatasi jerawat! Jadi, meskipun retinol lebih sering dipakai oleh usia di atas 25 tahun atau mature skin, sebenarnya serum retinol boleh saja dipakai oleh remaja, terutama yang sudah di atas 17 tahun.

Namun, ada do’s and don’ts ya! Kamu harus pilih serum retinol dengan kandungan yang mild, gunakan 2-3 kali seminggu, pakai hanya saat malam hari saja dan wajib gunakan moisturizer setelahnya supaya kulit tetap lembap.

dr. Renobulan Sanusi, Deputy Doctor dari klinik kecantikan SKIN+ mengungkapkan, “Retinol sebenernya cukup aman untuk remaja, tetapi perlu diperhatikan jenis retinolnya. Retinol over the counter skincare (atau yang kamu beli di pasaran, bukan resep dokter), memiliki persentase yang cukup rendah, jadi retinol ini bisa digunakan oleh usia remaja. Namun, hal ini juga harus disesuaikan dengan kondisi kulit masing-masing dan penggunaannya juga tidak bisa setiap hari.”

“Selain retinol, ada banyak ingredient skincare yang aman digunakan untuk mengatasi jerawat remaja, seperti Niacinamide, tea tree oil, Salicylic Acid, dan Adapalene,” imbuh dr. Renobulan.

Baca juga: Tips Pakai Retinol di Usia 20-an Hingga Usia 50-an!

Perawatan di klinik kecantikan

Kalau sudah mencoba beragam produk namun jerawat tak kunjung reda, kamu mungkin butuh bantuan dari perawatan di klinik kecantikan. Memangnya remaja boleh treatment di klinik? Tentu saja, boleh! dr. Renobulan Sanusi mengatakan, bahwa sekarang ini banyak remaja dan gen Z yang semakin senang perawatan di klinik kecantikan. Kadang, mereka datang karena dorongan dari orang tua mereka, tapi nggak sedikit juga yang sudah menyadari kebutuhan kulit sendiri.

 Baca juga: Jello Skin, Tren K-Beauty Terbaru di TikTok Tentang Kulit Kenyal Terhidrasi!

Ssst.. jangan sembarang treatment ya! Pastinya, kamu harus pilih klinik yang terpercaya dan juga pilih tindakan yang memang sesuai dengan usia dan kondisi kulit masing-masing. “Hal penting yang perlu dilakukan untuk pertama kali adalah konsultasi dengan dokter. Setelah konsultasi baru bisa ditentukan treatment apa yang cocok. Untuk permasalahan jerawat puber, perawatan awal yang bisa dilakukan adalah ekstraksi komedo, setelah itu bisa melakukan treatment fokus seperti inject acne dan acne therapy,” tutup dr. Renobulan.

Baca juga: 5 Kesalahan Pakai Retinol yang Sebaiknya Kamu Hindari!

Nah, itulah seputar mengatasi jerawat puber yang harus kamu tahu! Kalau semuanya dilakukan secara teratur dan konsisten, kamu pasti bisa punya tampilan kulit yang lebih bersih dan segar. Selamat mencoba!

 

Image: Dok. Skin+, Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment