entertainment 2

Fakta Menarik Idol Star Athletics Championships (ISAC) yang Akan Diselenggarakan Kembali Tahun Ini!

seo-img-article

Pekan olahraga para K-pop idol kembali hadir, setelah sekian lama off karena pandemi. Apakah kamu sudah siap menyambut idola kamu dalam balutan seragam olahraga?

Yes, Idol Star Athletics Championships (ISAC) akhirnya balik lagi, setelah selama pandemi nggak diselenggarakan. Idol Star Athletics Championships ini biasanya ditayangkan dua kali setahun, yaitu selama liburan Tahu Baru Imlek di musim dingin, dan saat liburan Chuseok (thanksgiving Korea) di musim gugur. Menanggapi beredarnya berita bahwa ISAC dijadwalkan tayang musim gugur ini, MBC angkat bicara.

“Memang benar bahwa kami sekali lagi merencanakan Idol Star Athletics Championship,” paparnya, mengutip dari Soompi. Namun pihak MBC menyatakan belum bisa memberikan detail program tersebut, karena masih melakukan proses diskusi.

Pernah merilis program spin-off

Karena nggak bisa menyelenggarakan ISAC secara offline, pihak MBC pun merilis pekan olahraga yang nggak jauh berbeda. Bertajuk Idol eSports Athletics Championships, para Idol akan bertanding hanya melalui game online saja, seperti PUBG Mobile dan sebagainya.

Sudah melampaui satu dekade

Kalau dihitung dari awal mula ISAC ini diselenggarakan pertama kali, berarti sudah 12 tahun acara ini ada. Didedikasikan khusus untuk memperlihatkan bakat atletik seorang K-pop idol, ISAC adalah pekan olahraga seperti Asean Games dan kompetisi lainnya, yang menghadirkan bakat-bakat muda yang bertarung dan memperebutkan piala serta hadiah yang disediakan. Hingga sejauh ini, tempat yang dipakai adalah Mokdong Stadium, Jamsil Arena, Goyang Gymnasium, Samsan World Gymnasium, dan juga Namdong Gymnasium.

Baca juga: 6 Drakor Bertema Olahraga yang Bisa Jadi Penyemangat Kamu untuk Tetap Fit

Cabang olahraga yang tersedia

Layaknya pekan olahraga umumnya, ISAC juga menyediakan berbagai macam cabang olahraga yang dilombakan, kecuali bulutangkis, tennis, dan golf. Sejauh ini cabang yang tersedia adalah lari, ssireum atau gulat korea, adu penalti, panahan, pitching, berkuda, dan juga e-sports. Masing-masing dari grup yang ikut serta sudah melakukan pelatihan terlebih dahulu sebelum mengikuti turnamen ini.

Baca juga: Kolesterol Tinggi di Usia 20-an? Begini Cara Menurunkannya!

Pemenang ISAC 2020

Sebelum memasuki pandemi, ISAC sempat diselenggarakan pada 24 – 27 Januari 2020 di Namdong Gymnasium, Incheon. Pada saat itu, acara dipandu oleh Jun Hyun Moo, Leeteuk Super Junior dan Dahyun Twice. Ada tiga kategori pemenang yakni, peraih medali emas, perak, dan perunggu. Setidaknya untuk peraih medali emas ada YunSung (Noir) dan May (Cherry Bullet) untuk lari 60m serta Golden Child dan Cherry Bullet untuk lari 4 x 100 m. Kemudian di cabor panahan, medali emas diraih oleh NCT Dream dan Gugudan.

Lalu di cabor gulat Korea, ada Ateez dan Cherry Bullet. Di cabor adu penalti ada SF9 yang meraih medali emas, kemudian di cabor pitching ada Bomi (Apink). Sementara untuk cabor berkuda ada Haknyeon (The Boyz) yang meraih medali emas, dan untuk di E-sports ada Kim Jae Hwan dan Ha Sung Woon untuk Fifa Online 4. Untuk PUBG Solo, dipimpin oleh Ha Sung Woon, untuk PUBG Squad di menangkan oleh United Team dan PUBG Pratice Solo ada Park Ji Hoon.

 Baca juga: Setelah Membintangi Nevertheless, Chae Jong Hyeop Tampil di Drakor Baru Bertema Bulu Tangkis!

Itulah beberapa fakta menarik seputar ISAC yang mungkin kamu baru pertama kali mendengarnya. Untuk pertandingan yang sudah tayang ini, kamu bisa saksikan di Viu ya!

 

Image : soompi, dok. MBC

 

diaan_acil

diaan_acil

-

Slow Down

Please wait a moment to post another comment