beauty school

Amber Heard Pernah Menyebut 'Arnica Cream' untuk Atasi Memar, Apakah Itu?

seo-img-article

Kasus Johnny Depp dan Amber Heard akhirnya sampai di keputusan akhir. Saat persidangan beberapa waktu lalu, lawyer Amber Heard sempat menyebutkan ‘arnica cream’. Apakah itu?

 

Persidangan kasus Johnny Depp dan Amber Heard telah usai, dan dimenangkan oleh sang aktor pemeran Willy Wonka tersebut. “Juri memberikan saya kehidupan kembali.” ujar Johnny dalam postingan Instagramnya. “Sejak awal, tujuan membawa kasus ini adalah untuk mengungkap kebenaran, terlepas dari hasilnya,” katanya.

Baca juga:  5 Rekomendasi Calming Toner untuk Meredakan dan Iritasi!

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Johnny Depp (@johnnydepp)

Dalam persidangan masalah rumah tangga pelik yang dimulai sejak April 2022 tersebut, ada banyak hal menarik, unik, dan mengejutkan, bahkan membuat penonton geram. Salah satunya, saat persidangan tanggal 12 Mei, lawyer Amber Heard, Bredehoft, sempat bertanya berkali-kali pada teman Johnny Depp, Isaac Baruch, apakah ia pernah melihat Amber mengaplikasikan “amika cream’ untuk menyembuhkan memar kebiruan Amber. Baruch menjawab bahwa ia tidak pernah mendengar dan melihat Amber melakukannya.

Setelah ditelaah, sang lawyer tidak menyebutkan produk dengan benar. Yang dimaksud adalah ‘arnica cream’, bukan ‘amika cream’. Apakah itu? Apakah benar arnica cream bisa menyamarkan memar?

Arnica cream adalah produk topikal yang digunakan untuk berbagai kondisi, mulai dari memar, nyeri otot dan sendi, cedera pada saat olahraga, dan sebagainya. Arnica cream memang tidak cukup familiar di Indonesia, tapi sangat terkenal di Amerika dan hadir dalam berbagai brand, misalnya Puritan’s Pride, Boiron, Nelsons, Weleda, hingga Bioderma. Arnica adalah bunga yang menjadi ingredient utamanya.

Penasaran dengan produk ini? Female Daily sempat berbincang dengan dr. Arini Widodo Sp.KK, untuk mengetahui seputar Arnica dan memar pada kulit. Simak, yuk!

Arnica cream kurang terdengar di Indonesia, tapi setelah kasus Amber Heard, banyak orang ingin tahu soal ini. Sebenarnya apa keunggulannya, Dok?

“Ekstrak Arnica montana adalah ekstrak kering dari tanaman Arnica montana. Arnica montana adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan bahan tanaman yang berasal dari bunga kering, akar, atau rimpang dari A. montana.

Berdasarkan British Herbal Pharmacopoeia, mencantumkan bahwa A. montana dapat digunakan untuk indikasi berikut:

  1. Counterirritant topikal untuk pengobatan nyeri dan peradangan ringan
  2. Cedera dan kecelakaan
  3. Pengobatan radang selaput lendir mulut
  4. Gigitan serangga

Berdasarkan German Pharmacopoeia, A. montana memiliki fungsi untuk pengobatan homeopathic, antiseptik, analgesik (anti nyeri), dan anti-inflammatory (anti radang).”

Baca juga: Kulit Sensitif Boleh Pakai Serum? Pilih yang Menenangkan Seperti 3 Produk Ini!

Artinya memang arnica ini suatu bahan yang bisa membantu mengatasi memar ya?

Arnica cream bisa berperan dalam mengurangi peradangan dan edema (bengkak), dan memiliki potensi mempengaruhi platelet yang berperan dalam penggumpalan darah. Sifatnya membantu, bukan menghilangkan, atau menyamarkan. Arnica cream tetap harus dipergunakan bersama dengan konsumsi obat-obatan, misalnya ibuprofen.

Menurut WebMD, memang ada banyak yang tertarik menggunakan arnica cream untuk berbagai kebutuhan, namun sebenarnya, belum ada studi atau penelitian yang benar-benar terbukti bisa mengatasi memar.”

Baca juga: Kulit Sensitif dan Kemerahan? Ini 8 Produk untuk Merawat Kulit Rosacea!

Apakah kesembuhan memar memang sangat bervariasi pada tiap orang?

“Kondisi memar itu sendiri juga bisa sangat berbeda-beda pada tiap individu. Memar disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah di bawah kulit yang menyebabkan darah keluar dari pembuluh darah ke jaringan kulit. Hal ini menimbulkan tampilan kulit yang kebiruan.

Ada beberapa faktor yang membuat memar bisa mudah timbul dan lebih susah hilang: riwayat medis (pengobatan dengan pengencer darah seperti aspirin, clopidogril, warfarin), usia tua (kulit tipis dan rapuh dan mekanisme pemulihan yang lebih lambat), alkohol (meningkatkan waktu pembekuan dan meningkatkan risiko memar), pasien kekurangan gizi, kekurangan vitamin C dan zat besi.”

Selain arnica cream, ada nggak sih krim-krim lainnya yang memang terkenal bisa membantu menghilangkan bekas luka atau memar ?

“Memar bukanlah suatu kondisi yang bisa dihilangkan dengan instan. Apalagi, tingkat kesembuhan juga tergantung dengan penyebab memarnya. Bila mengalami memar, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan, contohnya adalah:

Istirahat

Istirahatkan bagian tubuh yang bermasalah sesering mungkin agar mempercepat penyembuhan dan mencegah kerusakan lebih lanjut.

Terapi es

Oleskan es yang dilapisi kain atau menggunakan ice pack segera setelah cedera untuk mengurangi aliran darah di sekitar area cedera. Mendinginkan pembuluh darah dapat mengurangi jumlah darah yang bocor ke jaringan sekitarnya. Sehingga terapi es ini dapat mencegah agar memar tidak terlihat dan mengurangi pembengkakan.

Kompres

Kompres area yang memar dengan perban elastis dengan tujuan mengencangkan jaringan dan membantu mencegah kebocoran pembuluh darah. Metode kompres dapat mengurangi keparahan memar dan membantu mengurangi rasa sakit dan bengkak.

Elevasi

Bila memungkinkan, tinggikan area yang memar hingga berada di atas jantung. Misalnya, tangan yang memar diangkat sambil berbaring sejenak. Hal ini dapat membantu menghilangkan rasa nyeri, berdenyut, serta pembengkakan.

Beberapa pengobatan topikal yang umumnya digunakan:

Heparin gel: harus disesuaikan dengan indikasi dan melalui resep dan konsultasi dokter terlebih dahulu. Heparin dapat meningkatkan trombolisis dan reabsorpsi dari hematoma yang terbentuk akibat trauma. Beberapa efek lain dari heparin yang diaplikasikan pada kulit adalah antiinflamasi, analgetik, serta mempromosikan angiongenesis, epitelialisasi, dan restorasi kolagen.

Krim vitamin K: Vitamin K adalah mikronutrien yang dapat berperan dalam pembekuan darah. Untuk mengobati memar, dapat mengoleskan krim dengan kandungan vitamin K pada bagian yang memar untuk membantu tubuh memecah darah dan menyerapnya kembali.

Aloe vera gel: Sifat lidah buaya adalah membantu mempercepat fase pemulihan pembuluh darah yang rusak di bawah permukaan kulit. Produk aloe vera gel dapat menurunkan beberapa zat yang dapat membuat vasokonstriksi dan penggumpalan darah. Aloe vera juga bisa mengurangi nyeri dan peradangan.

Apabila disertai luka, semakin membesar, nyeri hebat, penurunan kesadaran, lokasi tertentu seperti pada kepala, terjadi tiba-tiba tanpa didahului trauma sebelumnya, sebaiknya segera konsultasikan memar ke dokter.”

 

Normalnya, berapa lama biasanya kulit butuh pulih dari lebam atau memar?

“Memar biasanya akan sembuh dalam waktu 10-14 hari pada seseoang yang sehat, namun dapat bertahan lebih lama. Proses penyembuhan dapat dibantu dengan kompres dingin selama 48 jam dan diikuti dengan kompres panas dapat membantu penyembuhan.”

Nah, itulah yang perlu kamu tahu tentang arnica cream. Gimana menurut kamu? Dr. Shah, pemilik akun @dermdoctor di TikTok, juga pernah posting terkait hal ini, lho! Simak videonya di bawah ini!

 

@dermdoctor MAGIC AMIKA CREAM #dermdoctor #amika #amica #amberheard #johnnydepp ♬ original sound – Dr. Shah

 

Image: Dok. brand, Commons Wikipedia, People, Glamour, Vox.

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment