skin care

Kulit Sensitif dan Sering Kemerahan? 8 Produk Skincare Ini Aman Lho untuk Kulit Rosacea!

seo-img-article

Punya kulit dengan kondisi khusus seperti rosacea pasti banyak tantangannya. Tapi, produk-produk ini bisa membantu, lho!

 

Bagi pemilik kulit rosacea, kamu disarankan untuk membersihkan wajah secara lembut setiap hari, dengan cleanser yang gentle. Sebaiknya hindari menggosoknya terlalu keras atau menggunakan cleanser tools, supaya kemerahan nggak semakin menjadi-jadi. Produk seperti facial scrub atau peeling gel sebaiknya juga dihindari ya. Untuk eksfoliasi, pilih exfoliating toner atau exfoliating serum saja, namun acid-nya harus dalam kadar rendah, yang cocok untuk kulit sensitif seperti PHA atau Lactic Acid, supaya nggak mengiritasi kulit. Menggunakan moisturizer itu wajib, terutama yang bisa membantu menenangkan kulit.

Nah, beberapa produk skincare di bawah ini aman untuk dipakai oleh pemilik kulit rosacea. Simak, yuk!

Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Siapa sih yang nggak kenal produk satu ini? Produknya mudah kamu temukan di mana-mana, harganya pun cukup terjangkau untuk isi yang cukup banyak. Formulanya yang mild, tanpa banyak busa, dengan kandungan Glycerin dan Niacinamide, terkenal bisa membersihkan tanpa membuat kulit “ketarik”, sekaligus menenangkan kulit dan mengontrol kadar sebum di kulit.

Baca juga: Ini 5 Rekomendasi Calming Toner untuk Menenangkan Kulit Sensitif!

Peter Thomas Roth Therapeutic Sulfur Mask

Yes, ini produk yang sangat spesifik kegunaannya! Kalau kamu punya kulit rosacea dan berjerawat atau papulopustular rosacea, masker satu ini bisa jadi penyelamatmu. Kandungan sulfur di dalamnya terkenal sebagai anti-microbial, bisa mengurangi jerawat dan minyak berlebih, serta membersihkan pori-pori. Sementara aloe vera-nya akan menenangkan dan melembapkan kulit sehingga nggak gampang iritasi.

CeraVe Hydrating Facial Cleanser

Produk ini juga banyak direkomendasikan oleh berbagai dermatologist di berbagai negara, karena bisa mengangkat sisa minyak, makeup, dan kotoran, tanpa bikin kulit jadi kering dan kaku setelahnya. Bahkan, malah terasa melembapkan, berkat kandungan Hyaluronic Acid dan 3 jenis Ceramide di dalamnya.

SkinCeuticals Redness Neutralizer

Untuk mengatasi kulit flaky dengan kemerahan-kemerahan di pipi akibat iritasi, produk satu ini bisa diandalkan. Produk ini bekerja dengan cara memperkuat kulit sehingga nggak mudah rusak akibat kondisi lingkungan yang menjadi trigger rosacea, seperti polusi, udara atau cuaca dingin, dan matahari. Dilengkapi dengan kandungan squalane dan bisabolol yang terkenal mampu melembapkan kulit dan berfungsi sebagai anti-inflamasi.

La Roche-Posay Toleriane Double Repair Face Moisturizer

Tahukah kamu kalau fragrance di dalam produk skincare bisa memicu rosacea jadi kambuh? Nah, produk pelembap dari La Roche-Posay ini bisa jadi pilihan karena bebas fragrance dan dilengkapi dengan kandungan utama yang memang populer untuk mengatasi kulit sensitif. Ada Prebiotic Thermal Water untuk menenangkan kulit dan menjaga kekuatan skin barrier, ada pula Ceramide yang jago melembapkan kulit.

Baca juga: 3 Skincare Lokal untuk Mengatasi Kulit Sensitif yang Harganya di Bawah 200 Ribu!

Labore Barrier Revive Cream

Dari brand lokal, moisturizer Labore Barrier Revive Cream ini layak dicoba! Teksturnya creamy, sangat menghidrasi, namun nggak lengket, karena diciptakan khusus untuk kulit sensitif yang tinggal di area tropis. Bisa menguatkan dan memperbaiki microbiome di kulit kita, melembapkan sekaligus menenangkan kulit yang sensitif, kemerahan, dan perih akibat iritasi. Diformulasikan hypoallergenic, tanpa alkohol dan parfum.

Dr.Jart+ Cicapair Tiger Grass Calming Gel Cream

Mencari skincare untuk kulit rosacea dari brand Korea dengan tekstur yang ringan? Ini adalah pilihan tepat. Teksturnya gel-cream yang mudah meresap. Diperkaya dengan Centella Asiatica (Tiger Grass) Complex untuk merawat kulit yang sensitif, produk ini akan menenangkan kulit iritasi dan mengurangi kemerahan. Produk best-seller dari Dr.Jart+ ini bisa dipakai pagi dan malam, kamu juga bisa menyimpannya di dalam kulkas untuk cooling effect yang lebih relaxing!

Bioderma Atoderm Creme

Punya kulit sensitif, eczema, rosacea dan sangat kering? Ini moisturizer yang wajib dimiliki! Sangat menghidrasi dan lembapnya tahan lama, walau dipakai sedikit saja. Bisa untuk kulit area wajah sekaligus tubuh lho, bahkan dapat dipakai oleh anak-anak. Diformulasikan dengan Skin Protect Complex untuk menghidrasi, melindungi, dan menutrisi kulit, hypoallergenic, dan tanpa pewangi.

 

Ternyata ada cukup banyak kan, skincare untuk kulit rosacea yang bisa kamu pakai? Semoga dengan produk-produk di atas, kemerahan di kulitmu dapat teratasi dengan baik ya. Jangan lupa untuk hindari pemicunya, serta rutin pakai sunscreen setiap hari!

Image: Istock, dok. brand.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment