lifestyle

Seleb Terkenal Korea Jago Nabung? Ini Tips Berhemat ala Kim Sejeong yang Bisa Kamu Tiru!

seo-img-article

Mengeluarkan uang sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit. Daripada gaji kamu numpang lewat, mending ikutin tips Kim Sejeong deh!

Siapa yang sering mengeluh gajinya cepat banget abisnya? Mungkin salah satu alasan yang paling menonjol adalah gaya hidup kamu yang nggak seimbang dengan pendapatan. Terutama Gen Z yang hampir setiap hari ada aja pengeluaran, entah untuk transportasi, biaya work from cafe, staycation, kopi susu, nonton konser, dan lain sebagainya. Walaupun nominalnya terasa sedikit, namun kalau dijadikan rutinitas ya pasti akan habis juga. Ingat, kebutuhan hidup itu berbeda lho, dengan gaya hidup!

Aktris Kim Sejeong yang belakangan sempat hype berkat drama ‘A Business Proposal’, ternyata pernah terekam mengatur keuangannya dengan sangat rapi, jadi patut banget ditiru. Dalam sebuah acara variety show Korea Selatan ‘I Live Alone’, Kim Sejeong memperlihatkan kehidupannya yang tinggal sendirian, dan mengunjungi bank untuk melakukan transaksi. Nggak disangka, ternyata dia punya 9 rekening untuk menyimpan uangnya!

Miliki split bank account

Tenang, tentunya kamu nggak harus punya 9 rekening juga seperti Kim Sejeong. Kamu tetap bisa memisahkan gaji untuk kebutuhan sehari-hari dan tabungan menjadi dua hingga tiga rekening tambahan saja. Kim Sejeong sendiri mengaku, 9 rekening tersebut digunakan berdasarkan kategori yang dibutuhkan. Kini dengan hadirnya berbagai macam bank digital, pastinya bisa memudahkan kamu untuk menyimpan duit dari rumah saja, nggak perlu datang hingga kantor cabang untuk melakukan pembukaan rekening.

Baca juga: Ini Sederet Keunggulan Punya Akun Allo Bank!

Pembagian kebutuhan

Bagi kebutuhan kamu menjadi beberapa kategori, supaya kamu punya pos-pos yang sudah bisa kamu sesuaikan setiap kali gajian. Namun untuk gambaran, Kim Sejeong membocorkan jenis-jenis tabungannya. Ia memiliki berbagai rekening untuk biaya hidup, tabungan, biaya traveling, biaya kencan, tunjangan orang tua, dana darurat, dan lainnya. Dengan menerapkan kebiasaan menabung berdasarkan kategori ini, secara nggak langsung, kamu sudah meminimalisir pengeluaran kamu untuk hal-hal yang nggak perlu.

Baca juga: Bikin Ketawa Saat Nonton, Ini 4 Alasan Kamu Harus Mengikuti Drama Business Proposal!

Hindari impulsif jajan makanan

Ternyata kebiasaan hidup seorang aktris Kim Sejeong tetap seperti rakyat biasa yang struggling menjaga hidupnya, agar finansialnya stabil. Berhemat ala Kim Sejeong nggak cuma terlihat dari rekeningnya yang berjumlah banyak, namun juga gaya makannya. Sebagian orang akan menggunakan uangnya untuk makan-makanan enak, walaupun di kulkas banyak makanan. Apakah kamu termasuk yang seperti ini?

Tapi Kim Sejeong, di acara yang sama, tampak memilih untuk menghangatkan makanan sisa kemarin, dan membuat makanan dari frozen food. Dalam acara tersebut juga sempat ada adegan makanannya jatuh dan berserakan. Ketika orang lain (atau bahkan kamu!) memilih untuk memesan makanan melalui aplikasi, atau membuat ulang, Kim Sejeong memilih untuk menyantap makanan sisanya yang ada, dan perbanyak minum air mineral.

Baca juga: Belum Bisa Move On dari Business Proposal? Tonton Drama Kim Min Kyu Ini!

Ternyata seleb terkenal seperti Kim Sejeong tidak hobi menghambur-hamburkan uang dan memilih berhemat agar finansialnya terjaga. Bagi kamu yang mau berhemat juga, bisa ditiru tips-nya! Selamat mencoba!

 

Image : Soompi, dok. MBC, Samsung

Slow Down

Please wait a moment to post another comment