banner-detik

lifestyle

Masak, Yuk! Ini 3 Inspirasi Menu Buka Puasa Lezat Menggunakan Nutella!

seo-img-article

Berbuka puasa dengan cemilan manis, masih jadi kebiasaan yang menyenangkan sekaligus menambah energi. Beberapa ide berikut ini bisa dicoba, lho!

 

Memasuki minggu kedua bulan Ramadhan, gimana puasa kamu? Apakah sudah mulai kebingungan cari ide buka puasa? Beberapa cemilan manis berikut ini bisa dicoba, nih!

Makanan manis yang mengandung karbohidrat dan gula, bisa menambah energi dan membangun mood kamu jadi lebih positif. Namun sebaiknya, takjilnya kamu bikin sendiri saja, supaya gula yang kamu konsumsi bisa menyesuaikan kebutuhan kamu. Contohnya beberapa resep dari Nutella di bawah ini. Dijamin yummy!

Bola kurma dengan Nutella

Praktis dan bergizi, bagi kamu pecinta kurma bisa banget cobain menu pertama ini untuk melengkapi buka puasa kamu. Untuk membuat ini untuk 8 porsi, kamu bisa menggunakan ¾ cup almond, ¼ cup kelapa parut, ¼ kurma, 90 mL sirup maple, 2 mL bubuk kayu manis, 3 gram bubuk cokelat, 30 gram mentega leleh, 75 mL Nutella, dan kacang pistachio.

Cara membuatnya:

Cukup tuangkan almond, kurma, kelapa parut kering, sirup maple, dan kayu manis ke dalam food processor, kemudian campurkan hingga rata. Lalu bentuk jadi bola-bola dengan ukuran sesuai selera. Jika sudah selesai, tinggal tambahkan Nutella sebagai hiasan di atas bola kurma kamu. Simpel, kan?

Baca juga: Cari Ide Menu Buka Puasa? Ini 6 Kuliner Korea yang Bisa Kamu Temukan di Jakarta!

Mini tarts Nutella

Bagi yang nggak begitu suka kurma, mungkin hidangan yang satu ini bisa kamu coba. Untuk membuatnya, kamu membutuhkan 250 gram tepung, 125 gram mentega, 125 gram gula pasir, 4 gram baking powder, 1 butir telur, 1 kuning telur, zest dari lemon, garam dan Nutella. Takaran tersebut cukup untuk 6 porsi ya, jadi kalau kamu hanya bikin untuk 2 – 3 orang, kamu bisa menyesuaikan ukuran yang lebih sedikit dari itu.

Cara membuatnya: 

Masukkan tepung dan baking powder ke dalam tumpukan di papan kue, tambahkan lelehan mentega kemudian aduk cepat. Tambahkan gula, kuning telur dan telur, kulit lemon parut dan garam secukupnya. Campur semua bahan dengan cepat kemudian bentuk bulat. Bungkus adonan dengan kain, dan masukkan ke lemari es selama 30 menit. Gulung adonan dengan rolling pin hingga ketebalan 5 mm, potong adonan membentuk lingkaran sedikit lebih besar dari cetakan yang kamu gunakan. Lalu masukkan adoan ke dalam cetakan yang sudah diolesi minyak dan tepung. Kemudian panggang dalam oven dalam suhu 180 celcius selama 8-10 menit, setelah itu keluarkan tart dari cetakan dan terakhir isi tart dengan Nutella. Yumm!

Baca juga: Tips Ampuh Tetap Bugar Saat Puasa di Usia 40-an!

Roti goreng Nutella

Kalau hidangan ini cocok buat kamu yang suka cemilan renyah! Kamu memerlukan bahan adonan, bahan lapisan dan bahan pelengkap. Untuk bahan adonan, kamu memerlukan 5 lembar roti tawar, 50 gram mentega, 30 gram gula merah, 1 sdt bubuk kayu manis, dan garam secukupnya. Sementara untuk bahan lapisan, kamu memerlukan 2 butir telur, ½ sdt bubuk kayu manis, 20 ml susu, mentega cair, dan 100 gr tepung roti. Untuk bahan pelengkapnya, tentu saja Nutella.

Cara membuatnya:

Ratakan irisan roti dengan penggilas adonan. Lelehkan 50 gram mentega, lalu sisihkan hingga dingin. Kemudian campur mentega cair, gula merah dan 1 sdt bubuk kayu manis ke dalam mangkuk, aduk hingga rata. Lalu oleskan adonan ke roti, kemudian gulung roti hingga membentuk cerutu kecil. Campur 2 telur, ½ sdt bubuk kayu manis dan 20 ml susu ke dalam mangkuk, kocok hingga halus. Setelah itu, lelehkan sedikit mentega di dalam wajan untuk memasak. Celupkan irisan roti yang sudah digulung ke dalam adonan telur, lalu masukkan ke dalam wajan dengan api kecil. Setelah itu masak roti hingga warna keemasan. Jika sudah diangkat dan ditiriskan, kamu bisa mengoleskan Nutella sebagai pelengkap.

Baca juga: 5 Face Mist Bi-phase yang Bisa Jadi Penolong Kulit Kering Saat Puasa!

 

Itulah beberapa inspirasi menu hidangan manis untuk berbuka puasa yang menggunakan Nutella. Selamat mencoba!

 

Image : dok. Nutella

Slow Down

Please wait a moment to post another comment