lifestyle

Tips Ampuh Tetap Bugar Saat Puasa di Usia 40-an!

seo-img-article

Meski usia sudah bertambah dan mencapai umur 40-an, kamu tetap semangat kan menjalani puasa? Ada beberapa tips dan trik yang bisa bikin kamu tetap bugar saat puasa!

Gimana nih, kamu masih bersemangat saat puasa atau justru lemas dan jadi nggak bisa melakukan apa-apa? Usia yang makin bertambah memang mempengaruhi stamina di tubuh kamu. Khususnya di usia 40-an, ada beberapa hal yang berbeda dengan kamu di usia 20-an, misalnya saat puasa di usia 20-an masih kuat untuk melakukan banyak hal seharian. Sedangkan di usia 40-an, kamu harus lebih memerhatikan kondisi tubuh supaya nggak terlalu memforsir, dan berakibat buruk untuk tubuh. Tapi, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan nih supaya bisa tetap bugar saat puasa! Penasaran?

Penuhi kebutuhan cairan

Satu hal yang bikin badan terasa lemas pastinya karena kita semua nggak bisa memenuhi kebutuhan cairan harian. Alhasil jadi dehidrasi, deh. Apalagi di usia 40-an, tubuh yang lemas bakal menghambat aktivitas kamu. Kamu bisa mengonsumsi air mineral yang cukup saat buka puasa dan sahur, untuk memenuhi kebutuhan cairan saat puasa. Selain itu, hindari meminum kopi atau minuman lain yang mengandung kafein. Minuman berkafein bisa membuat kamu terus-terusan buang air kecil, sehingga cairan di tubuh lebih mudah hilang.

Baca juga: Trik Jitu Terlihat Lebih Segar di Usia 40-an!

Hindari makanan yang berminyak

Buka puasa memang identik dengan makan gorengan, tetapi di usia 40-an sebaiknya kamu menghindari, atau paling tidak, mengurangi makanan tersebut! Pasalnya, makanan berminyak bisa memicu banyak penyakit di tubuh, salah satunya bisa meningkatkan kadar kolesterol. Nggak mau kan, saat berpuasa kamu malah tersiksa karena kolesterol naik? Jadi, sebaiknya hindarilah mengonsumsi makanan yang berminyak. Masih banyak kok makanan lezat yang nggak berminyak!

Konsumsi makanan yang bergizi

 

Selain menghindari makanan yang berminyak, kamu bisa menggantinya dengan mengonsumsi makanan bergizi. Makanan bergizi juga bagus untuk menutrisi dan memberikan tenaga untuk tubuh kamu, jadi tetap bugar saat puasa. Kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin seperti buah dan sayur, protein, karbohidrat juga nggak boleh ketinggalan, serta mengonsumi makanan yang mengandung serat agar pencernaan tetap lancar.

Baca juga: Kulit Lebih Kering Saat Puasa? Tambah Kelembapannya dengan 5 Produk Skincare Lokal Baru Ini!

Jangan melupakan sahur

Hayo, kamu suka malas sahur karena masih mengantuk, nggak? Biar tubuh tetap bugar saat puasa, sahur nggak boleh sampai terlewatkan! Pasalnya, sahur merupakan pengganti sarapan yang bisa meningkatkan energi selama seharian berpuasa. Saat sahur, kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengenyangkan, tetapi jangan berlebihan. Nggak cuma itu saja, kamu bisa makan beberapa kurma lho untuk bantu mengenyangkan perut!

Baca juga: Cari Lip Cream Murah dan Bagus untuk Bukber? Tengok 6 Produk Ini!

Tidur yang cukup

Meski di malam hari harus melakukan kegiatan salat tarawih, sebaiknya kamu langsung bersiap tidur setelahnya. Jangan sampai bergadang terlalu larut, dan nggak mencukupi waktu tidur yang seharusnya. Kalau waktu tidurmu nggak tercukupi, saat puasa seharian akan terasa ngantuk dan sulit melakukan banyak aktivitas. Plus, tubuh rasanya juga nggak fresh dan bersemangat.

Itulah 5 tips puasa yang bisa dilakukan agar tetap bugar, meski usia sudah menginjak angka 40-an. Nggak sulit untuk dilakukan kok, asal kamu sudah menguatkan niat! Dari kelimanya, ada yang sudah kamu lakukan secara rutin, belom? Share di kolom comment ya!

 

Image: Freepik

salmanrh

salmanrh

-

Slow Down

Please wait a moment to post another comment