banner-detik

beautiful people

Ngobrol Bareng Nafa Salvana, Model Indonesia yang Tampil di Milan Fashion Week 2022!

seo-img-article

Nama Nafa Salvana belakangan banyak jadi perbincangan, karena perempuan berusia 22 tahun ini menjadi model di gelaran fashion ternama dunia, Milan Fashion Week 2022.

 

Trending di Twitter pada tanggal 13 Maret 2022, nama Nafa Salvana mungkin belum pernah kamu dengar sebelumnya. Nafa disebut-sebut sebagai gadis asal Karawang yang tidak punya basic modeling, namun bisa tampil salah satu event fashion ternama, Milan Fashion Week 2022, bulan Februari silam.

Konon, pemilik nama lengkap Nafa Salvana Yasmin ini ditemukan oleh agency saat ia sedang makan di warung pecel lele di dekat kampus tempatnya berkuliah. Ternyata, melalui akun Twitter-nya, @chewmocca, Nafa membenarkan hal tersebut. Ia memberi balasan kepada akun @ainurohman yang viral, “Huhu terima kasih banyaakk. Tapi emang iya, ketemu agency pas lagi makan di pecel lele deket kampus.”

Potongan kisah tentang Nafa Salvana tersebut bikin Female Daily tertarik untuk mengulik lebih lanjut. Good news, Female Daily berkesempatan ngobrol dengan mahasiswa UNIKOM Bandung ini melalui e-mail, karena saat ini ia masih berada di Milan. Simak, yuk!

Boleh nggak diceritakan, gimana prosesnya hingga kamu bisa jadi model di Milan Fashion Week 2022?

“Proses untuk runway di Milan Fashion Week 2022 sangat panjang. Awalnya, aku direkrut oleh agensi The Claw Models yang berbasis di Milan dan Paris. Dari mereka, aku mendapatkan banyak casting brand ternama. Lalu, aku mulai untuk mengikuti berbagai macam casting untuk bisa sampai di Milan Fashion Week 2022. Kini aku bergabung dengan agensi Who Knows Models asal Indonesia, dan juga Nevs Models asal Inggris.”

Kamu kan nggak ada basic modeling sebelumnya, apakah itu jadi hambatan atau tantangan yang cukup besar, selama kamu bergabung di agensi dan selama di Milan? Gimana cara kamu beradaptasi?

“Iya, betul. Karena aku sebelumnya hanya mahasiswa biasa, tidak punya pengalaman di dunia model, aku harus belajar semuanya dari awal. Mulai dari bagaimana cara jalan dengan percaya diri, sampai apa saja yang harus dipersiapkan untuk menemui klien, baik itu untuk casting dan juga bekerja dengan mereka.”

 

Baca juga: Inilah Fakta Tentang Dita Karang, Idol K-Pop Asal Indonesia!

Mungkin banyak sekali pembaca yang belum tahu, sesibuk apa backstage saat fashion show. Bisa diceritakan nggak, apa saja yang kamu persiapkan sebelum jalan di runway? Apakah ada menu makanan atau minuman khusus yang nggak boleh kamu konsumsi untuk menjaga bentuk tubuh?

“Seru banget! Backstage saat runway selalu terlihat sangat sibuk dan dipenuhi dengan orang-orang kreatif di dalamnya, mulai dari desainer dan timnya, makeup artist, hair stylist, hingga para modelnya. Biasanya sebelum runway, penyelenggara sudah menyediakan sarapan atau makan siang untuk staff dan model-model di sana. Nggak ada makanan khusus sebenarnya. Tapi dari pengalaman aku, yang sering disajikan di sini adalah banyak buah-buahan dan juga kopi hihi.”

Dalam sehari, ada berapa show yang kamu ikuti di Milan Fashion Week 2022? Setelah Milan Fashion Week, apakah ada gelaran mode lainnya yang akan kamu ikuti dalam waktu dekat?

“Dalam sehari biasanya aku dapat satu show. Tapi untuk hari kedua Milan Fashion Week 2022, aku diberi kesempatan untuk membawakan dua brand sekaligus. Untuk saat ini, belum ada jadwal runway lainnya.”

Baca juga: 5 Tren Kecantikan Hits di New York Fashion Week 2022, Seru untuk Ditiru!

Mengingat sekarang kamu sudah terjun di dunia modeling, apakah kamu akan serius di dunia fashion, ataukah akan kembali kuliah seperti biasa?

“Untuk sekarang, karena aku juga sudah di semester akhir, aku ingin fokus kuliah dulu. Semoga jika diberikan kelancaran, aku akan lulus tahun ini. Doakan ya! Nanti, jika kuliah sudah selesai, baru aku akan benar benar fokus pada dunia modeling.”

Apa yang kamu pelajari dari pengalaman mengesankan sebagai model newbie asal Indonesia yang bisa go international? Ada nggak pesan-pesan untuk teman-teman perempuan seusia kamu?

“Banyak sekali pengalaman yang bisa aku ambil dari dunia modeling ini. Mulai dari bertemu dengan orang-orang baru, bagaimana cara berkomunikasi dan menjaga mood juga agar tetap baik, sampai belajar untuk lebih peduli pada fisik dan mental pribadi aku. Pesan untuk perempuan-perempuan lainnya di luar sana yang sedang mengejar mimpi, tetap fokus dengan apa yang sudah kamu jalani. Tetap percaya diri, terus berdoa, karena di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin.”

 

Baca juga: Menginspirasi! Butet Manurung Terpilih Jadi Barbie Role Model 2022!

Wah, seru banget ya cerita Nafa Salvana tentang perjalanannya menjadi seorang model yang berhasil go international! Semoga setelah menyelesaikan kuliahnya, karirnya terus melejit dan bisa membawa nama Indonesia di berbagai kesempatan yang akan datang!

Gimana menurut kamu tampilan mahasiswi Desain Komunikasi Visual ini saat berada di catwalk dan membintangi berbagai brand? Yuk, share di kolom komentar!

 

Image: Dok. Instagram @nafasalvana

Slow Down

Please wait a moment to post another comment