banner-detik

lifestyle

Jangan Disepelekan, Ini Hal yang Harus Dipersiapkan Saat Olahraga! 

seo-img-article

Olahraga itu penting! Tapi sebelum memulainya, kamu perlu mempersiapkan hal ini biar olahraga terlaksana dengan baik!

Siapa yang masih jarang berolahraga? Mulai sekarang, kamu perlu memasukkan olahraga ke rutinitas kamu, lho. Mengapa? Karena olahraga punya segudang manfaat yang baik buat tubuh kamu. Nggak cuma tubuh saja, tetapi pikiran dan jiwa juga ikut merasakan manfaatnya. Yup, manfaat yang paling sering terdengar salah satunya bisa menstimulasi kerja paru-paru secara optimal. 

Baca juga: Bingung Memilih Olahraga yang Aman untuk Usia 40-an? Ini Sederet Pilihannya!

Selain itu juga bisa mengontrol kadar gula darah dalam tubuh, mengurangi rasa nyeri yang ada, plus bisa sekaligus mengurangi berat badan kamu. Bonusnya, mood juga bisa lebih meningkat setelah melakukan olahraga. Nah, biar olahraga terlaksana dengan baik dan bikin sehat, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan, lho. Ketiga hal ini wajib kamu lakukan agar nggak terjadi hal buruk setelah olahraga. Ada apa saja, ya? 

Pastikan tubuh fit

Sebelum memutuskan untuk olahraga, kamu wajib memastikan kalau tubuh kamu berada dalam kondisi yang fit. Hal ini penting banget diperhatikan karena kalau tubuh nggak fit, olahraga bisa terhambat. Nah, seperti apa sih kondisi tubuh yang fit? Pastinya, tubuh yang fit adalah kondisi tubuh yang nggak mengalami sakit atau merasa lemas, lalu kamu juga punya energi yang cukup untuk melakukan aktivitas seharian. Pikiran yang fokus dan konsentrasi penuh juga menunjukkan kalau tubuh kamu dalam kondisi yang fit, lho. Makanya, sebelum olahraga, pastikan untuk tidur yang cukup dan menjaga kondisi tubuh agar nggak mudah lelah saat olahraga!

Baca juga: Suka Exercise? Beli Sunscreen Y.O.U x CoreNation Bisa Dapat Beragam Alat Olahraga!

Lakukan pemanasan sebelum memulai olahraga

Kalau yang satu ini, sering kali disepelekan dan nggak dilakukan sebelum olahraga. Padahal, melakukan pemanasan sebelum olahraga itu bermanfaat banget, sehingga bikin tubuh nggak kaget saat berolahraga. Itu semua karena pemanasan bisa mencegah risiko cedera karena dapat meningkatkan suhu dan membuat otot lebih lentur.

Nggak cuma itu saja, detak jantung kamu juga jadi lebih stabil saat berolahraga, kalau melakukan pemanasan sebelumnya. Nah, melakukan pemanasan juga nggak perlu lama-lama kok, cukup 5-10 menit tergantung dengan aktivitas selanjutnya yang bakal dilakukan. Jenis pemanasan yang bisa dilakukan pun beragam, mulai dari peregangan kaki dan lutut, tangan, bahu, dan lain-lain.

Selalu sedia air mineral 

Bukan cuma saat berolahraga saja, air mineral memang dibutuhkan kapan pun untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Ibaratnya, saat nggak beraktivitas terlalu banyak pun harus rajin minum air mineral, apalagi kalau berolahraga? Yup, saat dan setelah olahraga pastinya banyak cairan yang hilang dalam tubuh kamu, alhasil muncul rasa haus. Makanya, kamu perlu menyediakan air mineral. Kamu bisa minum air mineral setelah berolahraga, bahkan sebelumnya pun bisa minum air mineral agar nggak dehidrasi. 

Baca juga: Kasus COVID-19 Tinggi Lagi! Untuk Mencegahnya, Penuhi Kebutuhan Nutrisi Berikut!

Meskipun banyak pilihan air mineral di pasaran, kamu harus memilih air mineral yang benar-benar baik manfaatnya, kaya Le Minerale. Sudah nggak asing kan, sama air mineral yang satu ini? Yup, Le Minerale terkenal unggul karena mengandung mineral alami yang baik buat tubuh karena berasal dari sumber mata air pegunungan pilihan. Menariknya, mineral alami tersebut juga sangat terjaga dengan Mineral Protection System biar nggak terkontaminasi hal lain, bahkan nggak bersentuhan juga dengan tangan manusia. 

Hal ini dibuktikan juga dengan kemasannya yang super kuat dan dilengkapi seal cap supaya bisa menjaga kualitas air dengan baik. Satu hal yang pasti sudah kamu ketahui, Le Minerale punya rasa manis dibandingkan air mineral lainnya. Itu semua karena kandungan Bicarbonate dalam Le Minerale yang cukup tinggi dan bisa memberikan rasa manis di dalamnya. Jadi, nggak ada tuh yang namanya pahit atau hambar saat minum air mineral. Plus, ukurannya juga terdiri dari yang kecil, sedang, hingga besar. Jadi, kamu bisa bawa yang ukuran kecil atau sedang ketika olahraga. So, pilih sehat, pilih Le Minerale!

Tapi ingat, jangan minum air mineral terlalu banyak. Lakukanlah secara perlahan, sedikit demi sedikit. Minum air yang terlalu banyak sekaligus bisa bikin hal buruk terjadi, seperti hiponatremia. Hiponatremia merupakan kondisi ketika darah terlalu encer akibat terlalu banyak minum air, yang membuat kadar natrium darah jadi menurun drastis. Nggak mau hal itu terjadi, kan?

Gimana, kamu sudah melakukan hal tersebut belum saat olahraga? Kalau belum, mulai sekarang kamu harus lebih memperhatikan hal penting ini, ya! Share juga  di kolom comment tentang hal lain yang biasanya kamu siapkan sebelum olahraga!

 

Image: Dok. Brand, Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment