banner-detik

fitnfab

Kasus COVID-19 Muncul Lagi! Untuk Mencegahnya, Penuhi Kebutuhan Nutrisi Berikut!

seo-img-article

Belakangan ini, isu mengenai COVID-19 mulai terdengar lagi. Setelah bebas dari virus yang satu ini, nyatanya kita semua perlu tetap menjaga kesehatan dengan baik!

Setelah masa pandemi COVID-19 berakhir, nyatanya menjelang akhir tahun 2023 ini kita dihadapkan lagi dengan kasus COVID yang muncul. Nah, bukan cuma kebersihan tubuh dan lingkungan saja yang perlu diperhatikan. Kamu juga perlu menjaga kesehatan tubuh dari dalam. Itu semua jadi salah satu hal yang bisa dilakukan untuk membuat perisai yang kuat agar bisa mencegah penularan COVID-19. Makanya, penting banget memenuhi kebutuhan nutrisi yang sesuai supaya bisa memperkuat imun dan daya tubuh kamu. Kalau nutrisi nggak terpenuhi dan tubuh jadi rentan terkena virus, kamu bisa dengan mudah tertular COVID-19. Nggak mau kan hal itu terjadi?

Baca juga: Gandeng Farmasi ITB, Maudy Ayunda dan From This Island Lakukan Riset Bersama!

Karbohidrat

Bukan cuma dibutuhkan untuk mencegah virus, karbohidrat memang selalu jadi nutrisi yang dibutuhkan setiap hari. Karbohidrat yang kamu konsumsi pastinya bisa menghasilkan energi agar kuat beraktivitas sehari-hari. Selain menghasilkan energi, proses glikolisis bisa membantu produksi limfosit yang berfungsi membentuk antibodi, dan membentuk pertahanan yang kuat. Pastinya, karbohidrat juga bisa kamu temukan di makanan sehari-hari seperti nasi, gandum, kentang, dan lainnya.

Vitamin

makanan untuk jaga tubuh dari covid 19

Yup, saat ini vitamin jadi hal yang harus selalu kamu ingat untuk dikonsumsi. Vitamin sendiri memang punya manfaat yang bagus banget, yaitu untuk menjaga kinerja tubuh supaya bisa bekerja dengan baik dan normal. Khususnya di masa-masa yang rentan akan kehadiran COVID-19, kamu bisa mengonsumsi beberapa jenis vitamin mulai dari vitamin A untuk menjaga kesehatan tubuh, vitamin C untuk melindungi tubuh dari infeksi, vitamin D untuk kekuatan imun dan tulang, vitamin E sebagai antioksidan, serta vitamin B Kompleks untuk menjadi pondasi bagi tubuh. Vitamin-vitamin tersebut bisa kamu konsumsi dari buah-buahan maupun suplemen vitamin, jadi nggak ada alasan untuk nggak konsumsi vitamin!

Baca juga: Menurut Hair Expert, Ini 6 Model Rambut yang akan Hits di Tahun 2024!

Mineral

makanan untuk jaga tubuh dari covid 19

Mineral ternyata juga dibutuhkan banget lho, untuk tubuh kita. Jenis mineral juga bervariasi, seperti zinc, selenium, dan juga zat besi. Yup, fungsinya juga penting yaitu Zinc untuk produksi sel dalam sistem kekebalan tubuh. Sedangkan selenium bisa menjaga kekuatan sel dan mencegah kerusakan DNA, serta Zat Besi yang berfungsi membawa oksigen ke sel dan membantu penyerapan vitamin C. Of course, ketiganya berperan penting untuk kekebalan tubuh kamu! Nah, dimana kamu bisa mendapatkan mineral? Biasanya mineral seperti zinc, selenium, dan zat besi juga bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi daging!

Protein

makanan untuk jaga tubuh dari covid 19

Protein juga nggak boleh ketinggalan untuk dikonsumsi, ya! Itu karena protein bagus banget untuk memperbaiki jaringan tubuh, mencegah terjadinya infeksi, dan juga punya fungsi untuk membentuk sel-sel kekebalan tubuh yang berperan penting mencegah penularan virus COVID-19. Makanya, kalau jumlah protein di tubuh kamu sedikit, bakal sulit untuk membentuk sistem kekebalan tubuh yang baik. Alhasil, sistem imun juga jadi buruk. Protein juga bisa kamu temukan dimana-mana lho, mulai dari protein hewani seperti daging, ayam, keju, susu sapi, telur, dan ikan, hingga protein nabati seperti tempe, tahu, kacang-kacangan, quinoa, susu kedelai dan spirulina.

Baca juga: Penasaran, Gimana Wanginya Dian Sastrowardoyo? Intip 6 Parfum Favoritnya!

Antioksidan

makanan untuk jaga tubuh dari covid-19

Selain bagus untuk kulit kamu, antioksidan juga dibutuhkan lho untuk kekebalan tubuh kamu. Yes, antioksidan bisa melindungi sel-sel kekebalan tubuh dari kerusakan, sehingga sistem imun juga bisa bekerja secara optimal. Hasilnya, bisa mencegah terjadinya penyakit, termasuk infeksi COVID-19. Nah, kamu bisa mendapatkan antioksidan dari senyawa likopen yang biasanya ada di buah maupun sayur.

Itulah beberapa kebutuhan nutrisi yang harus kamu penuhi, supaya terhindar dari virus COVID-19. Gimana, kamu sudah cukup rajin mengonsumsi tersebut, belum? Share di kolom comment ya!

 

Image: Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment