banner-detik

haircare

Rambut Lembut Berkilau Seperti Habis dari Salon? Ini Cara Mendapatkannya, di Rumah Saja!

seo-img-article

Selama pandemi, berkunjung ke salon jadi sebuah kegiatan yang langka. No worries, kamu bisa tetap punya rambut lembut berkilau dengan cara simpel, di rumah saja!

Kalau kamu rajin merawat rambut setiap hari dari rumah, kamu tetap bisa punya tampilan rambut yang seperti rajin ke salon, lho. Yang terpenting kamu harus rutin melakukan pembersihan, dan produk-produk yang digunakan juga harus sesuai dengan kondisi rambut masing-masing. Apa saja sih langkah-langkahnya? Gampang, kok. Simak di sini!

Selalu pilih sampo sesuai jenis rambut

Sering di rumah saja bukan berarti kamu jadi mengabaikan kondisi rambut kamu alias jarang keramas! Keramas 2 hari sekali (atau setiap hari bagi pemilik rambut lepek) sangat dianjurkan. Jadi, jangan tunggu rambut berminyak atau kusut dulu baru keramas ya! Walaupun produk basic, sampo nggak boleh dipilih asal-asalan, melainkan harus sesuai jenis rambut. Misalnya, rambut yang lepek sebaiknya pakai volumizing shampoo, rambut yang frizzy pakai sleek shampoo, rambut yang berketombe pakai sampo anti-dandruff, dan rambut yang dicat warna-warni pakai sampo khusus untuk rambut yang diwarnai atau sampo untuk rambut yang telah terkena proses kimia. Jadi, jangan hanya tertarik oleh aroma atau kemasan sampo ya! Dengan begitu, kamu jadi bisa merasakan hasilnya di rambut kamu.

Baca juga: Rambut Rusak? Biolage Punya Sederet Solusi untuk Rambut Rontok Hingga Berhijab!

Kondisioner nggak boleh ketinggalan

Banyak orang menganggap remeh kondisioner, padahal tugasnya adalah melembutkan dan melembapkan rambut sehari-hari. Penting, kan? Sebaiknya pakai produk kondisioner yang senada dengan produk sampo kamu, biar hasilnya maksimal. Namun, kondisioner berbeda dengan produk hair mask yang bisa kamu pakai hingga akar rambut. Sebaiknya, kamu hanya mengaplikasikan kondisioner secukupnya di batang rambut, bagian tengah hingga ujung. Ini supaya rambut nggak lepek di bagian akarnya. Rutin pakai kondisioner akan bikin rambut lembut, nggak mudah bercabang, dan gampang ditata.

Baca juga: 8 Prediksi Tren Kecantikan Tahun 2022 yang Harus Kamu Tahu!

Aplikasikan serum setiap hari

Menggunakan hair serum setiap hari sangat penting untuk melindungi kesehatan batang rambut dan serat rambut. Hair serum juga bikin rambut lembut, wangi, berkilau, dan lebih mudah diatur! Ada berbagai cara pakai hair serum, lho. Kamu bisa mengaplikasikannya pada ujung-ujung rambut setelah keramas, pada saat rambut dalam kondisi damp, sebelum dikeringkan. Kamu juga bisa pakai sebelum keramas, sebelum dan sesudah melakukan hair styling, bahkan sebelum tidur. Cukup 2-3 tetes saja ya sekali pemakaian!

Lihat juga: Rekomendasi Shampoo untuk Rambut Lepek!

Pakai sisir yang sesuai dengan kondisi rambut

Tahukah kamu kalau menyisir rambut nggak bisa asal-asalan? Kalau rambutmu tipis dan halus, sebaiknya gunakan sikat bulat yang bisa membantu rambutmu lebih bervolume. Sebaliknya, bila rambutmu tebal dan mengembang, atau keriting, kamu dianjurkan memakai sisir bergigi jarang. Kalau kamu punya rambut yang gampang kusut, maka hair detangler adalah pilihan tepat.

Selalu keringkan rambutmu dulu dengan handuk, setelah menggunakan hair serum atau heat protector, kamu harus menyisir rambut dengan baik, barulah mengeringkan rambut pakai hair dryer. Kalau rambut yang masih basah langsung kena hair dryer tanpa disisir dulu, rambutmu bisa kusut dan keringnya juga nggak merata sehingga lebih mudah lepek.

Baca juga: Ini 5 Tips Merawat dan Menata Rambut di Usia 40-an!

Aplikasikan hair steam mask

Sudah sering pakai hair mask tapi tetap merasakan hasil yang berbeda dibanding di salon? Mungkin kamu terlalu terburu-buru membilasnya. Hair mask disarankan dipakai 2-3 kali seminggu, harus dipijat-pijat di kulit kepala, dan harus didiamkan dulu selama 5-10 menit sebelum dibilas. Kalau kamu hanya oles-oles dan pakai selama 1-2 menit, hasilnya nggak akan maksimal!

Coba deh L’Oreal Paris Extraordinary Oil Steam Mask baru! Setelah terkenal berkat Extraordinary Oil dan Extraordinary Oil Shampoo, kini L’Oreal Paris meluncurkan produk steam mask ini untuk melengkapi perawatan rambutmu di rumah. Cukup pakai 5 menit saja, tapi kamu bisa dapatkan sensasi dan hasil seperti dari salon! Dengan konsep self-heating, steam mask ini mampu menutrisi batang rambut dari pangkal hingga ke ujung rambut secara optimal untuk rambut yang bertransformasi jadi lebih lembut dan berkilau.

Diperkaya dengan French Cedarwood Oil yang telah terkenal sejak abad ke-19 sebagai bahan alami untuk merawat dan menjaga kelembapan rambut. Teknologi self heating steam cap-nya bisa mengaktivasi panas setelah kontak dengan rambut yang lembap. Seru, kan? Jadi kamu nggak perlu repot menyiapkan handuk panas sendiri kalau sedang pakai hair mask di rumah.

Cara pakainya:
1. Buka Bagian Step 1 pada kemasan. Aplikasikan deep nourishing steam mask dari akar hingga ke ujung rambut yang sudah dibersihkan dengan sampo dan masih dalam keadaan lembap.
2. Buka Bagian Step 2 pada kemasan, lalu gunakan steam cap untuk membantu proses penyerapan nutrisi hingga ke batang rambut terdalam.
3. Diamkan selaam 5 menit, lalu bilas dan keringkan.

Et voila! Rambutmu yang tadinya kering dan kusam atau tampak lepek, kini jadi lebih lembut, lively, bercahaya sehat, mudah diatur!

 

Nah, itulah 5 langkah simpel bikin rambut lembut dan berkilau seperti dari salon! Membatasi proses kimia dan pemanasan pada rambut, seperti mewarnai dan penggunaan hot tools juga bisa membantu rambut tetap bercahaya sehat lho, karena efek panas, pewarnaan, atau pelurusan itu tidak bisa dipungkiri akan menyingkirkan kelembapan cahaya alami rambut. Jadi, kalau kamu suka ganti-ganti gaya dan warna rambut, sebaiknya beri jeda, dan perawatannya nggak boleh lupa ya. Selamat mencoba!

 

Image: L’Oreal Paris, Freepik.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment