banner-detik

beauty school

Ini Dia 8 Prediksi Tren Kecantikan 2022 yang Harus Kamu Tahu!

seo-img-article

Happy new year! Apa saja yang tren kecantikan yang bakal meramaikan tahun 2022 ini?

Pergantian tahun pasti diiringi dengan tren yang baru di segala bidang. Dalam dunia kecantikan, ada banyak yang akan jadi sorotan nih! Female Daily merangkum 8 poin penting yang harus kamu tahu seputar tren kecantikan 2022.

Skincare masih jadi yang utama

Sejak 2020 lalu, kita jadi terbiasa tidak terlalu sering pakai makeup karena di rumah saja, dan akhirnya banyak orang yang jadi lebih fokus merawat kulit. Ini diperkirakan masih akan berlangsung di 2022, apalagi dengan semakin banyaknya varian serta brand skincare yang hadir, baik di industri kecantikan lokal maupun internasional.

Namun, di 2022 para brand diperkirakan akan lebih fokus ke kualitas dibandingkan kuantitas produk, dan akan ada lebih banyak inovasi terkini. Produk-produk untuk kulit sensitif juga semakin digemari, mengingat semakin banyak orang yang mengalami kulit iritasi akibat pemakaian masker kesehatan, stres akibat pandemi, penggunakan skincare yang harsh, hingga polusi udara. Jadi, microbiome skincare atau ingredients yang bisa jaga kekuatan skin barrier akan makin banyak kamu temui. Produk bodycare juga akan semakin beragam, active ingredients seperti retinol dan Niacinamide juga masih marak dibicarakan.

Baca juga: Cloud Skin Bakal Jadi Tren 2022 yang Menggantikan Glowing Skin?

Minimal skin, maximal eye makeup

Urusan makeup, akan ada hal yang cukup kontras di tahun ini. Eyeshadow dan eyeliner warna cerah dan berani (seperti ungu!) akan mendapat tempat, begitu pun dengan warna lipstik yang juicy. Namun, untuk complexion, yang minimalis akan lebih disukai. Jadi, nggak ada lagi penggunaan produk foundation dan concealer yang berlebihan, atau cushion yang berlapis-lapis hingga terlihat berat dan cakey. Tampilan full makeup di  tahun 2022 ini akan menyeimbangkan antara area mata dan bibir yang penuh warna, dengan kulit yang terlihat simpel dan sehat. Lagipula, kalau pakai produk complexion terlalu tebal dan masih ditutup masker, kulitmu bisa lebih gampang berjerawat!

Kembalinya wewangian

Sebenarnya, wewangian selalu ada yang baru setiap tahun. Namun, di tahun ini akan lebih banyak diburu dan diperbincangkan. Bahkan, tahun 2021 lalu, John Lewis, high-end department store ternama dunia merasakan ada peningkatan penjualan sebanyak 24% di sektor parfum. Di industri lokal sendiri, parfum memang sedang berkembang banget, lho. Pasti salah satu di antara kamu sudah punya setidaknya satu produk parfum dari brand lokal, kan? Selain bikin kita fresh dan percaya diri sepanjang hari, parfum bisa bikin mood jadi lebih bagus dan nyaman. Lagi-lagi, masih berkaitan dengan suasana pandemi yang rawan stres, memiliki parfum baru bisa memperbaiki vibe kamu dan bikin kamu lebih semangat. Aroma yang glam dan intens disebut-sebut akan disukai tahun 2022 ini.

I woke up like this treatment

 

Treatment yang bisa bikin kamu terlihat lebih “ready” sejak bangun tidur, diperkirakan akan banyak dicari, nih! Tren satu ini mungkin disebabkan karena sudah banyak orang yang mulai beraktivitas di luar rumah dan mulai sibuk, sehingga ingin mempersingkat waktu berdandan. Siapa sih yang nggak ingin terlihat cantik meski baru saja bangun tidur? Kalau kamu memang ada budget-nya, nggak ada salahnya untuk mencoba treatment permanent makeup dan semi-permanent makeup, seperti sulam bibir, eyelash extension, sulam alis, dan sebagainya. Namun, baca baik-baik do’s and don’ts sebelum dan sesudah melakukan treatment-nya ya. Lakukan juga dengan ahlinya, di klinik kecantikan atau studio yang terpercaya!

Baca juga: Susah Langsing? Ini Kata Dokter Tentang Body Treatment di Klinik Kecantikan!

Sticker menggemaskan

Tahun 2022 ini akan mengembalikan kejayaan sticker ke dunia kecantikan. Riasan mata dengan crystal beads, sticker hologram yang dijadikan eyeshadow, tooth gemstones, sticker kuku warna-warni, dan press-on nails, akan siap-siap comeback! Ini adalah bagian dari 90-an yang balik jadi tren global, termasuk di sektor fashion. Apakah kamu siap tampil dengan riasan mata yang lebih bling-bling seperti Dua Lipa?

Male markert beauty

Merawat kulit adalah merawat kesehatan, dan semua orang punya kulit, nggak hanya perempuan. Walaupun kita tahu kalau sebuah produk skincare bisa dipakai sekaligus oleh perempuan maupun laki-laki, tapi skincare khusus untuk laki-laki ternyata punya tempat dan pasar tersendiri, malah akan semakin berkembang di tahun 2022. Produknya bukan lagi sekadar basic grooming seperti pomade, gel rambut, shampoo, krim cukur, dan sunscreen, tapi lebih beragam dan spesifik, seperti serum, hand salve, lip balm, hydrating face primer, hingga nail polish. Seleb seperti Pharrell Williams, Harry Styles, bahkan Machine Gun Kelly juga punya beauty brand sendiri. Begitu pula terasa di beauty industry Indonesia, karena banyak brand khusus cowok yang muncul di tahun 2021 lalu.

Secara global, kesadaran bahwa laki-laki juga perlu merawat kulit dan menjaga penampilan memang meningkat drastis di tahun lalu. Male market beauty ini juga ternyata didukung oleh kegemaran laki-laki dalam online shopping, sehingga selama pandemi banyak yang mencoba produk grooming di rumah. Apalagi, menurut sebuah riset di UK, seperti yang dilansir oleh Vogue Business, laki-laki ternyata lebih merasa terintimidasi jika berbelanja di department store, sehingga nggak heran kalau mereka punya e-commerce andalan. Uniknya, sebuah data menunjukkan bahwa laki-laki lebih loyal terhadap produk grooming mereka, jadi kalau sudah cocok, mereka malas pindah ke lain brand.

Super glossy lips

Lipstik matte memang lebih tahan lama, tapi glossy lips terlihat lebih fun dan youthful! Setuju, nggak? Bibir yang tampak lembap dan berkilau itu bikin total look jadi lebih awet muda. Nggak ada juga garis-garis bibir dan chapped lips yang mengganggu! Memang sih, ini bertolak belakang dengan kebutuhan kita dalam menggunakan masker kesehatan. Kalau pakai masker kan inginnya pakai lip products yang nggak transfer ke masker, sementara lip gloss pasti akan nempel. Namun, nggak bisa dipungkiri, tren kecantikan satu ini juga merupakan bagian dari tren 90-an yang lagi disukai di mana-mana.

Gimana triknya? Beli saja lip gloss bening atau natural, namun hanya aplikasikan di atas lipstik matte kamu saat masker dibuka. Atau selalu gunakan masker duckbill atau jenis lainnya yang nggak langsung nempel di bibir. Kamu bisa juga beli glossy lip tint, sehingga saat kamu buka masker, stain-nya masih terlihat cantik di bibir!

Selain produk makeup bibir yang finish-nya glossy, produk-produk perawatan bibir yang mampu bikin bibir terlihat sehat dan plumpy juga akan kembali naik daun, seperti lip mask, lip oil, lip patch, dan berbagai lip balm.

Short and simple hair

Nggak harus sedih berkepanjangan karena putus cinta, potong rambut dengan potongan yang cukup ekstrem bisa kamu lakukan kapan saja dan bakal digemari di tahun 2022! Choppy bob, classic bob, mullet hair, atau pixie cut akan kembali lagi. Diperkirakan, tren satu ini dipengaruhi karena suasana pandemi yang tidak menentu, membuat orang menginginkan hal yang praktis dan effortless, apalagi banyak yang mengalami kerontokan rambut selama pandemi. Selain itu, gaya rambut kepang, potongan dengan banyak layer, dan warna rambut brunette juga akan kembali hits!

 

Nah, itulah beberapa tren kecantikan tahun 2022 ini! Seru, kan? Mana menurut kamu yang paling menarik atau applicable, atau sudah kamu terapkan sejak tahun lalu? Comment di bawah ya!

 

Image: Instagram Dua Lipa, Instagram Paintlabco, Allure, Stylecaster, Dok. brands

Slow Down

Please wait a moment to post another comment