banner-detik

beauty school

Ini 5 Tips Merawat dan Menata Rambut di Usia 40-an!

seo-img-article

Seperti halnya kulit, rambut juga akan berubah seiring bertambahnya umur. Ikuti tips berikut untuk merawat dan menata rambut untuk usia 40-an!

Seiring waktu berjalan, kondisi rambut ikutan berubah, lho. Mulai dari tekstur, ketebalan, dan tentunya warna rambut, semua bisa terpengaruhi apalagi saat memasuki usia 40. Di usia ini, penampilan rambut kemungkinan besar sudah sangat berbeda dibandingkan saat umur 2o tahun! Dengan berubahnya rambut, beberapa masalah baru bisa saja timbul seperti rambut bercabang, kering, penipisan rambut, dan tentunya uban.

Oleh karena itu, merawat dan menata rambut di usia ini tidak bisa sembarangan. Masa kulit saja yang diberi perawatan aging, rambut juga dong! Yuk, ikuti tips merawat dan menata rambut ini agar penampilan rambut terus badai!

Baca juga: Apa Sih yang Sebenarnya Terjadi Pada Kulit Saat Menua?

Jangan skip hair treatment

Seperti layaknya perawatan kulit, rambut juga butuh perawatan khusus terutama memasuki usia 40. Mau warna ataupun tekstur, tidak bisa dipungkiri bahwa tampilan rambut akan terpengaruhi oleh bertambahnya usia. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menggunakan hair treatment secara rutin, seperti memakai hair oil, hair tonic, atau hair mask. Shampoo dan conditioner saja tidak cukup! Agar tampilan rambut tetap kece, cari produk yang fokus untuk menghidrasi dan melembutkan, terutama karena rambut rentan menipis.

Minum suplemen rambut

Nah, perawatannya tidak cukup dari luar saja, namun merawat dari dalam tubuh seperti minum suplemen rambut pastinya akan membantu rambut menjadi sehat dan berkilau. Seperti kondisi tubuh pada umumnya, kesehatan rambut akan dipengaruhi oleh nutrisi tubuh seseorang, oleh karena itu peran suplemen rambut bisa menjadi sesuatu yang penting. Hasilnya rambut jadi kuat, sehat, dan tidak mudah rontok!

Tampil dengan rambut pendek

Kalau dua tips sebelumnya lebih membahas soal perawatan, ada satu faktor yang nggak kalah penting untuk selalu dapatkan penampilan rambut yang menarik. Apalagi kalau bukan styling atau cara menatanya! Pasti pingin kan, rambut terlihat tidak pandang umur? Salah satu tips menata rambut yang bisa kamu coba adalah tampil dengan rambut pendek. Apalagi dengan kondisi rambut pada usia 40 yang rentan mengalami penuaan, memiliki rambut bergaya pendek akan membuat kesan segar dan awet muda.

Baca juga: Gimana Cara Merawat dan Membersihkan Wig Agar Lebih Awet?

Temukan warna rambut yang cocok

Selain model rambut, warna rambut tertentu juga dapat menentukan penampilan kamu. Memasuki usia 40, tidak mengagetkan kalau kamu mulai menemukan beberapa uban pada rambut kamu. Meski hal ini personal, kebanyakan orang memilih untuk menimpa uban dengan cat rambut, entah warna rambut asli atau warna lainnya. Nah, pastikan warna yang kamu pilih cocok dengan kamu, ya. Seperti makeup, kamu bisa cocokkan dari undertone kulit kamu untuk memilih warna rambut yang sesuai. 

Kurangi pemakaian hair tools

Last but not least, rambut yang mengalami penuaan pasti lebih rentan rusak, terutama karena rambut yang mulai menipis. Oleh karena itu, kamu bisa kurangi pemakaian hair tools seperti catokan atau hair dryer agar rambut tidak bertambah kering dan rusak. Kalaupun harus memakai hair tool, pastinya jangan sampai lupa memakai heat protectant, ya!

Baca juga: Apa Perbedaan Aging Spots dengan Noda Gelap Bekas Jerawat? Ini Kata Dokter!

Itu dia 5 tips merawat dan menata rambut untuk kamu yang sudah memasuki usia 40. Semoga bermanfaat ya!

Image : Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment