haircare

Nggak Pakai Ribet, Inilah Cara Merawat Rambut yang Beruban di Usia 50-an!

seo-img-article

Nggak tahu bagaimana caranya untuk merawat rambut yang beruban? Nggak ribet kok, kamu bisa cek beberapa caranya disini!

Meski tumbuhnya uban bukan hanya disebabkan karena penuaan, tetapi di usia 50-an uban akan tumbuh semakin banyak. Bukan berarti rambut yang beruban nggak perlu perawatan khusus lho, justru kamu harus lebih memerhatikan kesehatannya. Sebenarnya, apa sih perbedaan rambut beruban dan tidak beruban? Salah satunya yaitu tekstur yang lebih tipis dari rambut hitam biasa dikarenakan kutikulanya lebih tipis. Alhasil, rambut terasa lebih rapuh dan kasar. Jadi, ini dia beberapa cara untuk merawatnya!

Hindari sinar matahari secara langsung

Munculnya uban salah satunya disebabkan karena jumlah melanin yang berkurang. Akibatnya, rambut juga menjadi lebih rentan saat terkena sinar matahari secara langsung. Paparan sincar matahari secara langsung juga bikin rambut beruban makin terlihat kusam, bahkan menguning. Sehingga kamu perlu melindungi rambut supaya tidak terpapar sinar matahari secara langsung dengan menggunakan pelindung kepala, seperti topi, scarf, dan lainnya.

Baca juga: Bingung Memilih Olahraga yang Aman untuk Usia 40-an? Ini Sederet Pilihannya!

Memilih sampo yang tepat

Walaupun rambut beruban tidak sekasar rambut yang dicat, tetap saja kamu perlu memastikan kalau sampo yang digunakan sudah tepat. sampo yang dipilih jangan sampai membuat rambut terasa kering. Pilihlah sampo dengan beberapa kandungan yang bisa menjaga kelembapan rambut, seperti argan oil, coconut oil, jojoba oil, dan lainnya. Yup, ingredients tersebut juga memang populer untuk menutrisi rambut dan memulihkan struktur rambut!

Baca juga: Ingin Kulit Lebih Kencang? Ini Tips Pakai Retinol di Usia 20-an Hingga 50-an!

Rajin menyisir rambut 

Sudah tahu kan, kalau rambut beruban lebih tipis dibanding rambut biasa sehingga menyebabkan permukaannya terasa lebih kasar? Oleh karena itu, menyisir rambut bisa membuat rambut kamu jadi lebih halus dan nggak kusut. Nggak cuma itu saja, menyisir rambut pun dapat membantu rambut jadi lebih sehat dan berkilau. Kenapa? Karena dengan menyisir rambut, minyak alami pada rambut yang dihasilkan oleh kelenjar sebaceous bisa tersalurkan dengan baik.

Baca juga: Bikin Kulit Plumpy, Moisturizer Ini Cocok Dipakai untuk Usia 40-an!

Mengonsumsi asam folat

Selain menjaga rambut dari luar, kamu juga perlu menjaga kesehatan rambut dari dalam. Vitamin B9 atau yang dikenal sebagai asam folat adalah salah satu vitamin yang bisa menjaga kesehatan rambut. Selain itu, asam folat juga dapat merangsang produksi metionin atau disebut juga asam lemak yang punya peranan penting dalam menjaga warna rambut. Jadi, meskipun rambut sudah beruban, kamu tetap bisa mengonsumsi asam folat supaya pertumbuhan uban juga nggak makin cepat.

Baca juga: Mata Lelah dan Keriput? Ini 7 Pilihan Eye Serum Mewah untuk Merawat Kulit Usia 40-an!

Ternyata simple kan, cara merawat rambut yang beruban? Mulai sekarang, kamu harus lebih peduli dalam merawat rambut! Share pengalamanmu ya, kalau sudah menerapkan cara ini!

 

Image: Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment