banner-detik

beauty school

Suka Tidak Sadar, Ini 4 Kebiasaan yang Buat Ketombe Makin Parah!

seo-img-article

Ternyata banyak kebiasaan sepele yang bikin ketombe tak kunjung hilang, lho. Coba cek deh, kamu masih suka melakukannya atau tidak?

Seperti permasalahan jerawat pada wajah, masalah ketombe sepertinya sudah jadi permasalahan rambut paling umum yang ada. Mau pria, wanita, muda, ataupun tua, masalah ketombe seperti tidak bisa dihindari untuk banyak orang. Ketombe yang merupakan kondisi dimana kulit kepala yang menyebabkan serpihan kulit, dan biasa dibarengi rasa gatal. Penyebabnya apa? Bisa beberapa faktor, seperti eczema, dermatitis, ataupun reaksi alergi. Tapi yang paling umum disebabkan oleh jamur Malassezia.

Nah, penyebabnya nggak berhenti di situ saja, karena ternyata ada beberapa kebiasaan yang bisa bikin ketombe ini tidak kunjung hilang. Pasti pingin kan, punya kulit kepala yang sehat? Coba cek yuk, kamu masih melakukan kebiasaan ini atau tidak?

Baca juga: Cari Produk untuk Rambut Rapuh Setelah Bleaching? OLAPLEX Kini Hadir di Sephora Indonesia!

Tidak keramas dengan benar

Rajin keramas belum tentu berarti kamu keramas secara benar. Tanpa disadari, kebiasaan tidak bersih saat keramas sangat mempengaruhi munculnya ketombe di kulit kepala. Saat ada sisa-sisa shampo0 atau conditioner di kulit kepala, sisa-sisa itu dapat memicu pertumbuhan ketombe. Oleh karena itu, pastikan kalau shampoo kamu sudah benar-benar bersih dibilas dari kulit kepala dan bagian rambut. Kamu bisa juga pakai sikat rambut khusus untuk saat keramas agar memastikan kulit kepala sudah bersih!

Jarang menyisir rambut

Jangan hanya malas keramas, tapi yang nggak kalah penting adalah jangan malas sisir rambut! Selain membuat rambut halus dan tidak kusut, menyisir rambut secara teratur akan membantu meratakan sebum dan minyak di kulit kepala. Menyisir juga dapat membersihkan rambut dan kulit kepala dari kotoran yang menumpuk, sehingga mencegah terbentuknya ketombe. Tinggal disesuaikan saja ya, tipe sisir rambut dengan tipe rambut kamu!

Baca juga: Pencinta Series Euphoria? Yuk, Tiru Gaya Rambut Bubble Braids ala Cassie!

Menggosok serpihan

Hayo, siapa yang suka bandel menggosok serpihan-serpihan di kulit kepala? Sama halnya seperti memencet jerawat, menggosok serpihan justru akan memperparah kondisi ketombe kamu! Walaupun niatnya ‘membersihkan’, menggosok serpihan akan membuat kulit kepala semakin iritasi dan meradang.

Baca juga: ERHAIR Restore Intense Hair Mask, Efektif untuk Atasi Rambut Kering dan Rusak

Konsumsi makanan

Seperti permasalahan kulit lainnya, masalah ketombe itu juga disebabkan oleh faktor makanan. Contohnya adalah konsumsi gula berlebihan, makanan-makanan terproses, makanan pedas, ataupun junk food. Tentu nggak masalah kalau kamu masih mengkonsumsi makanan-makanan tersebut, hanya saja bisa diseimbangi dengan konsumsi makanan yang kaya akan protein dan mineral seperti ikan, telur, sayuran hijau, dan kacang-kacangan.

Baca juga: Ini Penyebab Munculnya Uban dan Cara Mengatasinya

Jadi gimana? Apakah kamu masih suka melakukan sederet kebiasaan di atas? Coba kamu perhatikan ulang, biar masalah ketombe cepat teratasi!

Image: Freepik

Slow Down

Please wait a moment to post another comment