ic-fd

Jerawat Terus Datang dan Tidak Mereda? Stop Lakukan 3 Kebiasaan Ini!

beauty school
author

athifahch・04 Dec 2023

detail-thumb

 

Bingung kenapa jerawat tidak mereda dan nggak kunjung hilang? Mungkin kamu masih melakukan 3 kebiasaan ini, sepele tapi pengaruhnya besar!

 

I know treating acne could be a very long journey. Permasalahan jerawat begitu kompleks, bisa jadi karena masalah hormonal, siklus bulanan, makanan, produk yang nggak cocok, atau bahkan kebiasaan-kebiasaan sederhana yang tidak kita sadari. Selain harus memahami keunikan kulit masing-masing, kita juga harus memahami cara kerja skincare, kandungan apa yang cocok, memilih produk, belum lagi hal-hal apa saja yang perlu dihindari. Sebelumnya sudah ada artikel yang membahas penyebab bekas jerawat susah hilang, namun kali ini saya akan membagikan 3 kebiasaan sepele, yang membuat jerawatmu terus datang meski sudah melakukan perawatan rutin!

Baca juga: Glowing Bareng, Ini 4 Rekomendasi Skincare Anti Ribet untuk Pasanganmu!

 

Tidak membersihkan makeup tools, sarung tidur, atau gadget

penyebab jerawat tidak mereda

Selain merespon apa yang ada di dalam tubuh, kulit juga merespon kontak yang datang dari luar. Apakah kamu memastikan barang-barang yang saling bersentuhan dengan kulitmu sudah bersih? Makeup tools seperti brush atau sponge, sarung bantal, sarung guling, atau sprei, bahkan juga gadget seperti handphone, mengandung banyak sekali bakteri dan debu dari luar. Bayangkan barang-barang itu menyentuh kulitmu yang berminyak, tentu akan menambah kotoran yang menyumbat pori-pori hingga menyebabkan timbulnya jerawat. Pastikan secara rutin untuk membersihkan barang-barang ini, ya!

Baca juga: Punya Banyak Manfaat untuk Tubuh dan Kulit, Yuk Kenalan dengan Licorice!

 

Menyentuh wajah dengan tangan kotor

Selain makeup tools, sarung tidur, atau gadget, tangan kita sendiri juga sering bersentuhan dengan wajah! Mungkin saja tanganmu sebelumnya menyentuh meja, gagang pintu, rambut, atau hal-hal lain yang bisa saja kotor dan mengandung banyak bakteri. Tangan yang kotor juga menjadi perantara yang ‘ideal’ untuk memindahkan kotoran dan bakteri ini. Memang, ‘menahan diri’ untuk refleks menyentuh wajah dengan tangan itu nggak mudah, namun memang harus dibiasakan, apalagi kalau kulitmu berminyak dan berjerawat. Put it in the same logic bahwa kalian tidak akan sering menyentuh wajah dengan tangan ketika sedang menggunakan makeup. Hope it will help!

 

Sering begadang

Yap, tidur terlalu larut juga bisa membuat wajah semakin jerawatan. Di malam hari, kulit akan beristirahat dan do its work, memperbaiki dirinya dari segala kerusakan. Malam hari menjadi waktu yang ideal bagi kulit untuk merespon dan meredakan jerawat. Kebiasaan begadang juga akan mengganggu hormon dan chemical balance di dalam tubuh, yang salah satu akibatnya bisa menyebabkan permasalahan jerawat. Beri tubuh dan kulit waktu istirahat yang ideal, yaitu 6-8 jam setiap harinya dan jangan tidur terlalu larut. Skincare juga akan berkerja lebih efektif ketika malam hari, lho.

Baca juga: Belum Usia 30 tapi Mata Sudah Berkerut? Ini 7 Tips Jaga Kulit Area Mata Tetap Lembut!

Di antara 3 kebiasaan penyebab jerawat tidak mereda ini, mana yang paling sering kamu lakukan dan tidak sadari? Semoga membantu ya!

 

Images: Freepik.com