beauty school

Mulai Merambah Metaverse, Clinique Menghadirkan NFT untuk Loyal Customer!

seo-img-article

Nggak cuma bisa dipakai untuk mendapatkan artwork seharga miliaran rupiah, tapi NFT juga sekarang digunakan oleh brand kecantikan untuk mempertahankan loyalitas pelanggan.

Kalau kamu sudah mulai mencari tahu tentang NFT (non-fungible token), mungkin kamu familiar dengan berita soal sebuah kolase gambar dari seniman digital Beeple yang terjual seharga US$69,3 juta di rumah lelang Christie beberapa waktu lalu. Tapi, kalau kamu belum familiar dengan apa itu NFT, saya akan mengutip sedikit dari apa yang dilansir CNN Indonesia mengenai NFT ini.

Baca juga: Estee Lauder Indonesia Ajak Kamu Peduli Kanker Payudara

Menurut CNN Indonesia, NFT sendiri saat ini telah menjadi cryptocurrency terbaru yang menjadi arus utama dan menarik perhatian dunia. Secara singkat, NFT mengubah karya seni digital dan barang koleksi lainnya menjadi aset unik yang dapat diverifikasi dan mudah diperdagangkan dengan memanfaatkan blockchain. NFT biasanya digunakan untuk membeli dan menjual karya seni digital, seperti GIF, tweet, kartu perdagangan virtual, gambar objek fisik, skin video game, real estate virtual, dan masih banyak lainnya.

Clinique metaverse nft

Image: @cliniqueindonesia

Nah, akhir-akhir ini semakin banyak juga brand fashion dan beauty yang pelan-pelan mulai melakukan eksperimen dengan NFT, salah satunya adalah Clinique. Brand yang tergabung di dalam Estée Lauder Company ini menawarkan non-fungible token untuk menaikkan loyalty para pelanggannya dan menambah marketing value pada produk-produk andalannya. Tapi, NFT yang ditawarkan oleh Clinique ini tidak dijual kepada para pelanggannya, melainkan diberikan begitu saja dengan syarat mereka harus mengikuti kontes yang telah ditentukan oleh Clinique.

Baca juga: Review Lengkap Clinique Even Better Clinical Serum Foundation

Serunya lagi, tiga orang pemenang kontes ini tidak hanya mendapatkan NFT artwork dari Clinique, tapi juga bisa mendapatkan Almost Lipstick Black Honey (lipstik ikonisnya yang sold out terus), serta produk gratis selama 10 tahun! Kontesnya juga nggak sesulit itu sih, mereka hanya diwajibkan untuk share “stories of optimism” di Instagram, Tiktok dan Twitter. Untuk menambah keseruan, pengumuman pemenangnya akan dibacakan di sosial media oleh Emilia Clarke dan Melissa Barrera, yang merupakan brand ambasador Clinique.

NFT Clinique Meta Optimist

Image: www.clinique.com

Meta Optimist non-fungible token dari Clinique ini memiliki tampilan yang simple namun cukup unik. Konsepnya sendiri adalah sebuah molekul yang bisa berubah warna sesuai dengan dua produk andalan Clinique, yaitu Moisture Surge 100H moisturizer dan Almost Lipstick Black Honey. Selain memang dilakukan untuk menarik perhatian para pengguna produknya, Clinique juga ingin menghadirkan ekslusivitas pada loyal customer-nya melalui NFT ini. Hal ini memang menghadirkan sebuah loyalitas yang terkesan lebih modern dan tentunya bisa menarik pelanggan baru untuk menjadi loyal customer Clinique.

Semakin populernya NFT akhir-akhir ini, menjadikan banyak orang memiliki ketertarikan untuk memiliki sebuah artwork secara digital. Tapi sayangnya tidak semua orang memiliki akses terhadap hal tersebut, dan seringkali terbentur dengan kompleksitas cryptocurrency yang belum dipahami semua orang. Maka dari itu Clinique menghadirkan cara yang jauh lebih mudah untuk orang bisa menikmati non-fungible token tanpa berbagai macam hal lainnya yang membuat orang bingung.

Image: @cliniqueindonesia

Semuanya dibuat gampang, hanya dengan mengikuti kontes yang telah diberikan loyal customer Clinique pun sudah bisa mendapatkan NFT serta produk fisik sebagai rewards nya, tanpa harus membeli Ethereum untuk mendapatkan artwork tertentu. Setelah ketiga pemenang tersebut sudah mendapatkan NFT Meta Optimist dari Clinique, mereka sebagai pemilik sah artwork tersebut dibebaskan untuk menyimpannya dan mendapatkan akses spesial pemilik NFT Clinique, atau bisa juga menjualnya di pasar NFT yang tersedia. Sayangnya, hal ini tidak berlaku di Indonesia, karena kontes yang berakhir bulan Oktober 2021 ini hanya diberlakukan untuk Clinique di Amerika saja. Kita tunggu saja apakah ini akan diberikan juga untuk loyal customer di Indonesia atau tidak.

Menarik banget ya perkembangan industri kecantikan yang sudah mulai menyentuh ranah metaverse ini. Menurut kalian, ke depannya akan ada inovasi apalagi ya dari industri kecantikan untuk terus keep up with the technology?

Slow Down

Please wait a moment to post another comment