banner-detik

makeup

Review Clinique Even Better Clinical Serum Foundation, Ringan dan Bisa Bikin Kulit Glowing!

seo-img-article

Foundation yang lightweight bikin kulit terlihat lebih natural dan nggak terasa berat seharian. Apalagi kalau ada kandungan skincare di dalamnya, sehingga bisa sekaligus merawat kulit. Yup, nama lainnya adalah serum foundation!

Setelah sekian lama, akhirnya saya menulis review lagi. Kali ini, datangnya dari brand kecantikan yang produk-produk moisturizer-nya sangat saya suka, yaitu Clinique. Clinique Even Better Clinical Serum Foundation ini baru saja diluncurkan bulan Maret lalu. Dua tahun lalu, Clinique juga membuat foundation bernama Even Better Refresh, yang disukai semua editor Female Daily, termasuk saya, karena sangat blendable dan hasilnya bikin kulit lebih segar dan glowing, namun tetap punya coverage unggul.

Makanya, ketika Even Better Clinique ini diluncurkan, saya sangat penasaran. Seperti apa formulanya? Apakah lebih bagus dibandingkan Even Better Refresh? Simak review-nya di bawah ini, yuk!

Baca juga: 5 Rekomendasi Serum Foundation yang Ringan dan Tahan Lama

Packaging

Clinique Even Better Clinical Serum Foundation hadir dalam botol kaca sehingga terlihat lebih premium dibandingkan Even Better Refresh yang bentuknya tube plastik. Tutupnya berwarna putih dengan bentuk agak segitiga. Simpel dan menarik. Sejauh ini saya belum pernah menemukan botol skincare atau foundation lainnya yang serupa. Pump-nya mudah dipakai, tidak terlalu keras. Kemasan ini juga sangat aman, tidak mudah tumpah.

Baca juga: Review Guerlain L’Essentiel Natural Glow Foundation

Formula dan klaim

Clinique terkenal sebagai brand yang punya formula yang spesifik untuk setiap jenis kulit. Clinique Even Better Clinical Serum Foundation ini juga begitu! Produk ini dirancang khusus untuk kulit oily, combination, dan combination to oily. Ini adalah perbedaan yang signifikan dibandingkan dengan Clinique Even Better Refresh Hydrating and Repairing Makeup, yang lebih ditujukan bagi kulit kering.

Hasil Clinique Even Better Clinical Serum Foundation tidak terlalu matte, tidak juga terlalu dewy. Medium to full coverage, namun buildable dan punya tekstur yang weightless. Yang paling spesial, serum ini memiliki 3 teknologi serum sekaligus. Hyaluronic acid, Salicylic acid, and vitamin C + UP302 di dalamnya akan membantu merawat kulit tetap segar, lembap, dan cerah, sekalipun foundation ini sudah dihapus atau ketika kamu tampil dengan bare skin.

Klaimnya, foundation ini punya warna yang nggak berubah, nggak cakey, creasing, ataupun streaking selama 24 jam. Oil-free, fragrance-free, waterproof, sweat resistant, humidity resistant, non-acnegenic, fragrance-free, allergy tested, dermatologist tested, dan ophthalmologist tested. Dilengkapi juga dengan physical sunscreen, SPF 20/PA+++. Lengkap banget, ya?

Key ingredients

Hyaluronic acid: Membantu mempertahankan kelembapan kulit, membuat kulit tampak lebih dewy dan terlihat muda.
Salicylic acid: Mampu memperbaiki tekstur kulit dan membuat kulit lebih radiant.
Vitamin C dan UP302: Vitamin C sangat baik untuk mencerahkan kulit, sementara UP302 bisa mengurangi dark spots dan membantu menyamarkan warna kulit yang tidak merata.

Baca juga: 4 Rekomendasi Produk Complexion untuk Kulit Kombinasi 

Pemakaian

Kalau membaca formula dan klaimnya, produk ini tampak sempurna, ya? I’m impressed, apalagi sebagai pemilik kulit kombinasi yang punya banyak dark spots di wajah, ditambah saya selalu suka dengan foundation yang lightweight. Saat pertama kali menuangkannya di punggung tangan, saya cukup terkesima dengan teksturnya yang kental dan creamy. Padahal bayangan saya, yang namanya serum foundation itu akan selalu lebih cair teksturnya. Namun, meskipun creamy, produk ini mudah dibaurkan. Satu pump saja cukup untuk seluruh wajah dan leher. Di wajah saya hasilnya tampak natural, namun tetap terlihat “dandan”, kalau pakai satu pump.

Yang paling saya suka, rasanya ringan dan nyaman seharian, nggak seperti pakai topeng. Kulit juga nggak terasa kering dan berat. Ketika dipakai tanpa powder sudah bagus, dilengkapi dengan loose powder juga tetap bagus dan terlihat lebih halus! Klaim tahan 24 jam tentu nggak bisa saya buktikan karena saya nggak pernah pakai makeup dengan waktu terlalu lama. Namun, foundation ini memang tetap terlihat rapi meskipun dipakai 8 jam lebih! Pada saat saya ke kantor dan harus pakai masker kesehatan, hanya ada sedikit lho yang menempel di masker. Uniknya, ketika saya hapus, wajah saya nggak jadi terlihat kusam atau kontras bila dibandingkan dengan saat memakai foundation. Karena saya merasa ada beberapa foundation yang bikin kulit kelihatan flawless banget, tapi saat dibersihkan bikin kita agak “kecewa” karena aslinya kulit wajah kita nggak sebagus itu. Nah, Clinique Even Better Clinical Serum Foundation bukan tipe yang seperti itu. Saya rasa, itu berkat kandungan 3 serum di dalamnya!

Final verdict

Ternyata, serum foundation itu nggak selalu kasih hasil yang natural seperti tinted sunscreen atau tinted moisturizer. Teksturnya pun nggak melulu cair. Saya cukup takjub dengan konsep Clinique Even Better Clinical Serum Foundation ini. Memiliki kandungan skincare yang mampu menghidrasi kulit dan bikin kulit glowing, namun tanpa mengorbankan coverage-nya. Teksturnya cukup thick, dan mengandung SPF, tapi tidak terasa berminyak, berat, dan pore-clogging.

Menurut saya, ini kombinasi yang hebat. Kamu bisa pakai makeup dan skincare sekaligus dan hasilnya bagus! Siapa sih yang nggak suka dengan produk 2 in 1? Untuk kamu yang kulitnya berminyak dan kombinasi, yang selama ini kesulitan mencari produk foundation yang tepat, ini layak dimiliki. Bagi kamu yang punya kulit kusam serta banyak dark spots, Clinique Even Better Clinical Serum Foundation ini juga akan lebih maksimal lagi kalau kamu pakai setelah Clinique Even Better Clinical Dark Spot Corrector.

Untuk shade-nya? Ada 42! Jadi jangan khawatir, kamu pasti bisa menemukan warna yang sesuai dengan rona kulitmu. Namun penamaan shade sepertinya ada perbedaan di beberapa negara. Saya menggunakan shade 62 Rose Beige, yang bila dicek di website resmi Clinique, bernama 62 Porcelain Beige.

Gimana? Makin penasaran kan? Kalau mau punya makeup mulus sekaligus kulit glowing, serum foundation ini harus dicoba!

 

Image: Dok. Female Daily/Bobby Firnanda

1
1

Slow Down

Please wait a moment to post another comment