banner-detik

fitnfab

Wajib Perhatikan 4 Hal ini Kalau Ingin Olahraga di Rumah!

seo-img-article

Belakangan ini, perubahan cuaca membuat banyak orang rentan terkena penyakit. Oleh karena itu, olahraga sangat diperlukan! Nah, ini dia tips olahraga di rumah yang mudah diikuti!

Setelah pandemi berakhir, banyak orang yang lebih aware terhadap kesehatan tubuh dan mulai berolahraga secara teratur. Namun, kesibukan kerja atau aktivitas lainnya bisa menghambat untuk melakukan olahraga di luar. Sehingga kemungkinan besar kamu perlu mencuri-curi waktu olahraga ketika sedang rehat di rumah. Nah, kalau kamu ingin olahraga di rumah, wajib perhatikan 4 hal ini!

Baca juga:Kasus COVID-19 Muncul Lagi! Untuk Mencegahnya, Penuhi Kebutuhan Nutrisi Berikut!

Lakukan gerakan yang tidak terlalu dinamis

Kalau masih pemula dan jarang berolahraga, usahakan untuk tidak melakukan gerakan-gerakan yang cepat menghabiskan napas atau terlalu rumit. Variasikan gerakan-gerakan yang akan dilakukan dengan juga memperhatikan kelompok otot yang ditargetkan untuk dilatih. Contohnya, plank, squats, pushups, pullups, dan lain sebagainya. Di YouTube juga sudah banyak tersedia berbagai tutorial olahraga yang cocok dilakukan di rumah, dengan total waktu yang tidak begitu panjang. Kalau sudah terbiasa dengan satu set olahraga, kamu bisa kembangkan dengan variasi set lainnya.

Perhatikan risiko cedera

olahraga di rumah

Berolahraga di rumah tentu berbeda dengan berolahraga di gym. Mungkin di gym ada pelatih yang bisa mengawasi atau mengkoreksi gerakan saat berolahraga, tetapi di rumah, kamu berolahraga sendiri, dan seringnya hanya mengira-ngira gerakan yang benar. Salah-salah hal ini bisa menekan otot berlebihan atau mengakibatkan ketidakseimbangan tubuh yang berujung pada cedera. Perhatikan dengan benar instruksi gerakan dari sumber yang kamu ikuti. Jangan lupa untuk menyiapkan obat-obatan atau pertolongan pertama yang dibutuhkan kalau ada hal yang tidak diinginkan terjadi.

Baca juga: Rasakan Treatment Kulit seperti di Korea Selatan dengan Somethinc Aesthetic Clinic!

Peralatan olahraga yang cocok di rumah

alat olahraga di rumah

Kalau berolahraga di rumah dan gerakan yang kamu ingin lakukan banyak mengharuskanmu berbaring, duduk, atau bahkan telungkup, pastikan kamu menggunakan matras ya. Menggunakan peralatan olahraga bisa membantu menghindarkan cedera dan membuat gerakan lebih efektif. Tidak harus menggunakan peralatan yang mahal dan besar, carilah peralatan yang cocok untuk budget dan kebutuhan kamu. Berinvestasi pada peralatan olahraga yang tepat bisa memberikan hasil yang signifikan, lho!

Waktu istirahat

Last but nearly the least, sediakan waktu untuk mengistirahatkan otot-otot kamu setelah berolahraga. Beri jarak beberapa hari agar otot bisa beristirahat dan pulih kembali. You don’t need to push yourself too hard. Konsisten saja dengan gerakan-gerakan yang sudah kamu latih selama minimal 2 kali seminggu. Yang terpenting adalah untuk membiasakan otot dan sendi bergerak. Terlalu memaksakan diri untuk berolahraga setiap hari tanpa persiapan dan kesiapan yang matang, justru malah akan membuat tubuh menjadi sakit dan daya tahan tubuh menurun. So, always be moderate and motivated!

Baca juga: Penasaran, Gimana Wanginya Dian Sastrowardoyo? Intip 6 Parfum Favoritnya!

Kalau masih pemula dan lost banget soal apa yang harus dilakukan saat olahraga di rumah, kamu bisa juga ikutan komunitas olahraga, lho. Tentunya, komunitas akan mewadahi para anggotanya untuk berolahraga bersama dan saling berbagi informasi soal gaya hidup sehat. Menarik, ya?

Punya tips lain untuk olahraga selama di rumah? share di kolom di bawah ya! Stay healthy everyone!

 

Images: Lemonilo, freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment