pro tips

Ini Cara Memilih Skincare yang Tepat Menurut Dokter Kulit!

seo-img-article

Hati-hati dengan skincare abal-abal atau palsu! Ini saran terbaik dari dokter kulit untuk membantu kamu memilih produk skincare yang tepat, terutama bila kamu termasuk orang-orang yang pemula dalam dunia kecantikan (newbie)!

Produk skincare semakin banyak saja! Nggak hanya brand luar negeri, tapi juga dalam negeri. Dalam memilih skincare, utamakan untuk memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit masing-masing. Seiring dengan berkembangnya tren skincare saat ini dan semakin maraknya penjualan skincare secara bebas, kita sebagai konsumen harus lebih pintar lagi dalam menyikapi hal ini dan bisa memilih produk dengan cerdas.

Gimana cara memilih skincare yang baik dan tepat? Yuk, ikuti step by step dari dr. Arini Widodo, Sp.KK!

Kenali tipe dan kondisi kulit masing-masing

Penting sekali untuk mengenali tipe kulit dan permasalahan kulit apa yang perlu diatasi oleh konsumen tersebut. Setelah mengetahui kedua hal tersebut, barulah konsumen bisa menentukan skincare apa yang cocok dan bisa digunakan.

Baca juga: 5 Kandungan Skincare untuk Merawat Pori-Pori Agar Bersih dan Kencang!

Sudah BPOM dan terpercaya

Utamakan memilih skincare yang sudah terbukti aman untuk digunakan. Pembuktian termudah untuk keamanan suatu produk yang bisa didapatkan adalah melalui ada atau tidaknya label BPOM pada skincare tersebut.

Baca juga: 6 Skincare Lokal dengan Kandungan Calendula untuk Menenangkan Kulit Sensitif!

Perhatikan kondisi tertentu

Pada kondisi – kondisi seperti kehamilan dan menyusui, kamu juga perlu memastikan apakah skincare yang digunakan aman digunakan dalam kondisi tersebut. Hal ini bisa ditanyakan lebih lanjut atau dikonsultasikan dengan dokter spesialis kandungan masing-masing.

Baca juga:  5 Rekomendasi Sunscreen yang Aman untuk Ibu Hamil

Pilih ingredients yang sesuai

Untuk pemilihan ingredients yang terdapat di dalam skincare bisa disesuaikan dengan kebutuhan kulit masing-masing dan kecocokan setiap individu terhadap suatu ingredients tersebut, seperti mengamati adanya reaksi hipereaktivitas atau alergi.

Baca juga: 6 Kandungan Skincare Ini Ampuh Menjaga Skin Barrier

Tekstur atau konsistensi juga penting!

Selain ingredients, bentuk dan konsistensi skincare juga dapat menjadi pertimbangan. Misal untuk masalah komedo ingin menggunakan BHA, terdapat banyak jenis skincare yang mengandung BHA mulai dari toner, essence, lotion, serum, krim ointment, pasta, dan lain-lain.

Baca juga: 5 Produk Milky Toner untuk Mengubah Kulit Dehidrasi Jadi Kulit Glowing!

Patch test terlebih dahulu

Jangan lupa untuk selalu mencoba produk terlebih dahulu dengan self patch test, bila tidak ada reaksi alergi/iritasi/gatal/perih baru dapat mencoba ke area wajah atau area yang lebih luas. Dalam mencoba produk, baiknya mencoba satu persatu, tidak mencoba 2 produk atau lebih sekaligus. Sehingga kita dapat mengamati manfaat tiap produk dan apabila ada reaksi yang tidak diinginkan, kita mudah mengetahui produk penyebabnya.

Baca juga: 5 Rekomendasi Skincare untuk Mengurangi Bruntusan

Kulit sehat adalah yang terpenting

Terakhir, ingin mengingatkan bahwa kulit yang sehat adalah syarat kulit idaman. Sehingga kita harus mengutamakan kesehatan kulit di atas seluruh skin goals yang kita miliki. Misalnya, skin goal kamu adalah punya kulit cerah, tapi sebenarnya kulitmu berjerawat. Nah, kamu harus mengutamakan masalah kesehatan kulit dulu, jadi tangani jerawat sebaik mungkin, gunakan produk untuk mengatasi kulit berjerawat sebelum memakai produk untuk mencerahkan kulit. Terkadang harapan untuk memiliki kulit cerah melampaui kesadaran akan pentingnya kesehatan kulit.

 

 

Naah, itulah cara memilih skincare yang tepat yang dibagikan oleh dr. Arini Widodo Sp.KK. Harus kamu ingat dan lakukan nih! Buat kamu yang terbiasa menjadi korban iklan, kini harus lebih berhati-hati. Boleh saja punya skin goals, namun harus realistis ya. Yang penting selalu jaga kulitmu untuk selalu bersih dan terhidrasi, karena kulit yang kotor dan kering akan memicu berbagai permasalahan kulit lainnya. Semoga kamu menemukan produk-produk skincare yang tepat bagi permasalahan kulit masing-masing ya!

 

Image: Freepik, Pexels

Slow Down

Please wait a moment to post another comment