banner-detik

beauty school

6 Kandungan Skincare Ini Ampuh Menjaga Kekuatan Skin Barrier!

seo-img-article

Skin barrier adalah penghubung kulit dengan dunia luar. Kamu perlu menjaga kekuatan skin barrier agar kulit nggak mudah bermasalah!

 

Kalau skin barrier rusak, kulit jadi lebih sensitif dan faktor eksternal bisa masuk ke kulit dengan mudah. Akibatnya banyak sekali, mulai dari terasa kering, terjadi bruntusan, mengelupas, sampai terasa perih dan terbakar. Makanya, penting banget menjaga kondisi skin barrier kita! Ada banyak ingredients skincare yang bisa menjaga skin barrier agar tetap berfungsi optimal. Apa saja sih? Simak dan sebarkan infomasi ini, yuk!

Baca juga: 7 Rekomendasi Produk Skincare dengan Hyaluronic Acid untuk Melembapkan Kulit!

Ceramide

Salah satu komponen yang ada di dalam skin barrier kita adalah Ceramide. Namun, seiring bertambahnya usia, Ceramide alami yang kita miliki mulai berkurang. Apalagi kalau kita kurang makan makanan yang bisa meningkatkan produksi Ceramide, misalnya telur, gandum, kacang kedelai, dan dairy products. Makanya, skincare dengan kandungan Ceramide bisa jadi pilihan tepat untuk dipakai sehari-hari, agar kekuatan skin barrier kita tetap terlindungi. Sekarang ini, sudah ada banyak skincare yang punya Ceramide di dalamnya, mulai dari serum, moisturizer, sampai masker.

Baca juga: 8 Skincare dengan Kandungan Ceramide untuk Memperbaiki Skin Barrier

Fatty Acids (Linoleic Acid)

Sama seperti Ceramide, Fatty Acid (Linoleic Acid) juga sebenarnya terkandung secara natural di dalam skin barrier kita. Jadi, skincare dengan kandungan Linoleic Acid juga bisa dipakai untuk menambahkan Linoleic Acid yang terus berkurang. Contoh skincare yang pakai Linoleic Acid adalah Glamglow Thirsty Mud Hydrating Treatment, Trilogy Organic Rosehip Oil (atau berbagai rosehip oil lainnya), Banila Co Clean It Zero Purity, serta berbagai skincare dengan kandungan primrose oil dan sea buckthorn oil.

Baca juga: 5 Serum dengan Kandungan Ceramide untuk Mengatasi Kulit Kering dan Iritasi

Hyaluronic Acid

Hyaluronic Acid berfungsi menjaga kadar air dalam kulit, yang sangat penting bagi kekuatan skin barrier. Itulah kenapa banyak produk khusus untuk kulit kering yang menggunakan Hyaluronic Acid sebagai kandungan utama mereka. Kamu nggak perlu khawatir, sekarang produk dengan HA sudah ada di mana-mana, mulai dari drugstore sampai brand high-end, brand lokal sampai brand Prancis. Kalau rutin menggunakan skincare dengan HA, kulitmu akan terjaga kelembapannya, terlihat lebih segar dan plumpy. Kamu bisa pilih HA dalam bentuk serum, face mist, atau moisturizer seperti L’Oreal Paris Revitalift Hyaluronic Acid Plumping Cream Day terbaru.

Baca juga: 4 Serum Hyaluronic Acid Lokal untuk Bikin Kulit Lembap dan Glowing!

Panthenol

Sama dengan Hyaluronic Acid, Panthenol juga bertindak sebagai penjaga dan pengikat kandungan air di kulit. Selain itu Panthenol juga bisa mencegah kemerahan dan inflamasi, serta melembutkan kulit. Makanya, ingredient dengan nama lain Pro-Vitamin B5 ini bisa menjaga agar skin barrier tetap baik-baik saja. Di brand lokal, ada serum panthenol yang baru rilis, yaitu Avoskin Your Skin Bae Panthenol 5% + Mugwort + Cica.

Baca juga: Ini Tips Menjaga Kulit Sensitif Agar Tetap Sehat dan Lembut

Squalane

Selayaknya Ceramide dan Linoleic Acid, squalene juga merupakan komponen alami yang tersedia di kulit kita, namun berkurang seiring waktu. Makanya, kita bisa mengisi kekurangan tersebut dengan skincare yang punya kandungan squalane, misalnya Biossance Squalane + Vitamin C Rose Oil, atau squalane oil dari brand lokal seperti The Bath Box Pure Squalane dan Everpure Squalane Oil. Squalane akan menjaga kulit tetap lembap, kenyal, dan nggak mudah muncul kerutan.

Baca juga: Beautypedia: Inilah Perbedaan Squalene dan Squalane!

Colloidal oatmeal

Pernah dengar kalau colloidal oatmeal sangat baik bagi kulit sensitif? Itu karena colloidal oatmeal bisa menenangkan kulit, memberikan proteksi pada skin barrier, melembapkan, serta memperbaiki tekstur kulit. Contoh skincare dengan colloidal oatmeal misalnya La Roche Posay Lipikar Eczema Soothing Relief Cream atau Aveeno Eczema Therapy Hand and Face Cream.

Baca juga: Kulit Kering dan Sensitif? Ini 8 Skincare dengan Kandungan Oatmeal untuk Merawatnya!

Nah, itulah berbagai kandungan skincare yang bermanfaat bagi kekuatan skin barrier. Kalau kulitmu sensitif, kering, dan mudah iritasi, ingredients di atas nggak boleh jauh-jauh dari kamu! Jangan lupa, untuk tidak over-washing atau over-exfoliating, rutin pakai sunscreen, dan pilih facial wash yang pH-nya rendah agar skin barrier kamu nggak gampang rusak ya!

 

Image: Dok. brand, Pexels

Slow Down

Please wait a moment to post another comment