banner-detik

skin care

5 Rekomendasi Sunscreen untuk Ibu Hamil

seo-img-article

Kamu sedang hamil dan mencari sunscreen yang aman? Cek di sini yuk rekomendasi produk sunscreen untuk ibu hamil!

 

Apakah aman pakai sunscreen saat hamil? YES! Tentu saja kamu bisa pakai sunscreen seperti saat sebelum hamil. Pada saat hamil, kulitmu nggak lantas berubah jadi lebih sensitif terhadap matahari kok, tapi seperti pada waktu-waktu sebelumnya, kamu membutuhkan sunscreen untuk melindungi kulit setiap hari dari sunburn, penuaan dini, dan kanker kulit. Tapi, ada beberapa yang harus diperhatikan nih saat memilih sunscreen untuk ibu hamil:

1. Pilih jenis physical atau mineral sunscreen, bukan chemical sunscreen. Mineral sunscreen lebih aman untuk anak-anak, ibu hamil dan menyusui, serta kulit sensitif. Kandungan utama mineral sunscreen umumnya adalah Zinc Oxide dan Titanium Dioxide yang akan menghalangi efek buruk sinar matahari untuk masuk ke dalam kulit.

2. Sebaiknya sunscreen yang dipakai punya kadar SPF minimal 30. Kalau di bawah SPF 30 maka perlindungannya kurang optimal, apalagi kita tinggal di iklim tropis.

3. Agar kulit terlindungi dari kedua sinar UVA dan UVB, gunakan sunscreen dengan tulisan “broad spectrum” atau PA+,  semakin banyak (+)nya maka perlindungannya semakin maksimal.

4. Meskipun sudah memakai moisturizer dengan kandungan SPF, atau akan memakai cushion, primer, atau foundation dengan kandungan SPF, sebaiknya kamu tetap memakai sunscreen terpisah.

Baca juga: 5 Skincare Lokal yang Jadi Dupe Skincare Populer

REKOMENDASI SUNSCREEN UNTUK IBU HAMIL

Apa saja rekomendasi sunscreen untuk ibu hamil? Beberapa produk di bawah ini harus disimak!

1. Drunk Elephant Umbra Tinte Physical Daily Defense Broad Spectrum SPF 30

REKOMENDASI SUNSCREEN UNTUK IBU HAMIL -  DRUNK ELEPHANT UMBRA TINTE

Terkenal sebagai brand mewah yang fokus menggunakan clean ingredients, Drunk Elephant bisa kamu lirik kalau cari sunscreen untuk ibu hamil. Kandungan Zinc Oxide-nya 20 % sehingga mampu melindungi lebih maksimal. Plus, karena ini tinted, nggak akan ada efek white cast dan cocok buat kamu yang sedang malas dandan. Memang sih pricey, tapi banyak review bagus tentang produk ini.

Baca juga: 10 Rekomendasi Skincare Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui

2. Supergoop! Play 100% Mineral Mist

REKOMENDASI SUNSCREEN UNTUK IBU HAMIL - SUPERGOOP! PLAY 100 PERCENT MINERAL MIST

Suka yang praktis? Sunscreen berbentuk spray wajib dimiliki! Produk ini gampang dipakai, mengandung SPF 30, dan water-resistan sehingga memberi perlindungan 80 menit di dalam air. Cocok untuk dipakai oleh ibu hamil ketika liburan atau berenang. Di dalamnya ada banyak kandungan yang skin-friendly, seperti ekstrak bunga marigold yang kaya antioksidan dan punya efek soothing, sunflower seed oil untuk menjaga kelembapan kulit, dan ekstrak chamomile untuk mencegah iritasi. Vegan, cruelty-free, dan gluten-free.

Baca juga: 4 Ingredients yang Akan Makin Hits Tahun 2021

3. La Roche-Posay Anthelios Ultra Light Sunscreen Fluid SPF 30

REKOMENDASI SUNSCREEN UNTUK IBU HAMIL - LA ROCHE-POSAY BROAD SPECTRUM ULTRA LIGHT SUNSCREEN FLUID SPF 30

Sunscreen ini sangat ringan, dengan kandungan Zinc Oxide, Titanium Dioxide, dan teksturnya cepat meresap sehingga nyaman dikenakan sebelum makeup. Kaya antioksidan, paraben-free, fragrance-free, dan water-resistant juga! Kemasannya menarik, ya?

Baca juga: Ini 5 Moisturizer untuk Ibu Hamil yang Bisa Dicoba!

4. Neutrogena Sheer Zinc Mineral Sunscreen Broad Spectrum SPF 50

REKOMENDASI SUNSCREEN UNTUK IBU HAMIL - NEUTROGENA SHEERZINC MINERAL SUNSCREEN BROAD SPECTRUM SPF 50

Teksturnya lotion ringan dan punya kandungan Zinc Oxide yang naturally-sourced. Sangat lembut, bahkan bisa untuk kulit sensitif. Bebas fragrance, paraben, phthalate, pewarna, dan kandungan lain yang dapat menyebabkan iritasi kulit. Hypoallergenic, sweat-resistant, water-resistant, oil-free, dermatologist tested dan bahkan bisa dipakai oleh penderita eczema. Ideal kan, sebagai sunscreen untuk ibu hamil?

Baca juga: 5 Mineral Sunscreen Terbaik Versi FD Insight

5. Votre Peau Daily Facial Sun Shield SPF 50 PA++

REKOMENDASI SUNSCREEN UNTUK IBU HAMIL - LA ROCHE-POSAY BROAD SPECTRUM ULTRA LIGHT SUNSCREEN FLUID SPF 30

Kalau kamu cari sunscreen untuk ibu hamil dari brand lokal, ini bisa dijadikan pilihan. Mineral sunscreen ini mengandung Zinc Oxide, Salicylic Acid, dan Tranexamic Acid yang nggak cuma melindungi dari sinar UVA dan UVB tapi juga bikin kulit lembap dan dewy. Ini juga merupakan salah satu skincare lokal kesukaan saya, karena teksturnya mudah dibaurkan, ga pilling, nyaman di kulit, nggak berminyak, dan ada hint aroma vanilla yang menyenangkan – sementara banyak sunscreen lain punya aroma kimia yang kurang enak. Recommended!

 

Nah, ada banyak kan pilihan sunscreen untuk ibu hamil dan menyusui? Semoga kamu nggak bingung lagi, bisa tetap punya kulit yang sehat dan terawat sambil menanti kelahiran si buah hati. Selamat mencoba!

 

Foto: Freepik.com, Drunk Elephant, Supergoop, Neutrogena, La Roche-Posay, Votre Peau

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment