10 Rekomendasi Skincare Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui

SKINCARE AMAN UNTUK IBU HAMIL DAN MENYUSUI

Sebagai beauty editor, salah satu pertanyaan paling sering yang saya dapat di Twitter atau Instagram terkait skincare adalah “skincare apa yang aman atau direkomendasikan untuk ibu hamil dan menyusui?”

Nggak mengherankan, karena tentunya ibu hamil dan menyusui ingin tetap tampil prima meskipun telah mengalami banyak perubahan akibat kehamilan. Tapi, skincare untuk ibu hamil dan menyusui sebenarnya tetap harus mengikuti skin concern dan jenis kulit masing-masing. Karena seperti yang kita tahu, skincare sangat personal, dan kondisi kulit tiap ibu hamil nggak bisa dipukul rata. Saya pernah merekomendasikan moisturizer untuk kulit kering, karena saat hamil kulit saya sangat kering, tapi orang yang bertanya ternyata malah kulitnya jadi acne-prone setelah hamil. Jadi, memang berbeda-beda masalahnya.

Yang terpenting, sebaiknya bumil dan busui sebaiknya menghindari kandungan-kandungan seperti paraben, retinol, hydroquinone, phthalate, formaldehyde (biasanya ada di pelurus rambut, nail polish, dan lem bulu mata), toluene (ada di nail polish), ammonia (ada di pewarna rambut), thioglycolic acid (ada di krim hair removal), dan juga tidak melakukan prosedur botox.

Jadi, apapun merk produk kecantikannya, pastikan tidak mengandung bahan-bahan yang saya sebutkan tersebut biar lebih aman. Artinya, kamu harus rajin baca ingredients pada label produk atau pada website resmi brand yang kamu pilih. Kamu juga membuat list produk incaranmu kemudian tanyakan dulu kepada dokter kulit atau dokter kandunganmu sebelum membelinya.

Berikut ini beberapa rekomendasi produk skincare aman untuk ibu hamil dan ibu menyusui yang bisa kamu coba kalau sesuai dengan kebutuhan kulitmu!

1. Multipurpose oil – Bio Oil

BIO OIL

Minyak serbaguna ini wajib deh dimiliki oleh ibu hamil dan menyusui. Aman dipakai di wajah dan tubuh, bisa membantu mengeliminasi kulit kering dan bersisik, bikin kulit lebih supple, membantu mencegah stretch marks, dan bisa menipiskan bekas luka ringan. Kamu bisa pakai 2 kali sehari sehabis mandi, terutama di bagian perut, paha, dan bokong.

Baca juga: 7 Pilihan Skincare untu Kulit Normal Cenderung Kering

2. Body lotion – Palmer’s Cocoa Butter Stretch Marks

PALMER'S COCOA BUTTER FORMULA MASSAGE LOTION STRETCH MARKS - SKINCARE AMAN UNTUK IBU HAMIL

Body lotion yang sangat rich tapi nggak lengket ini bagus untuk bikin kulit lebih lembap, halus, dan elastis karena mengandung bahan-bahan berupa pure cocoa butter, shea butter, natural oils, kolagen, elastin, dan lutein. Pemakaian teratur bisa mencegah munculnya stretch marks dan membantu menyamarkan stretch marks yang sudah ada.

Baca juga: 8 Rekomendasi Produk untuk Merawat Kekencangan Kulit Payudara

3. Stretch marks cream – Mama’s Choice Stretch Mark Cream

MAMA'S CHOICE STRETCH MARK CREAM - SKINCARE AMAN UNTUK IBU HAMIL

Stretch marks cream ini bisa membantu mengencangkan kulit dan bikin kulit lebih lembap sehingga nggak mudah meregang, terutapa pada bagian perut dan paha. Dilengkapi juga dengan kandungan aloe vera sebagai anti-inflamasi, cocok buat penenang kulit saat terjadi gatal, yang sering sekali muncul pada ibu hamil sebagai tanda-tanda akan munculnya strech marks. Bebas paraben dan alkohol, hypoallergenic, dan dermatologist-tested.

4. Eye cream – Kiehl’s Midnight Recovery Eye

KIEHL'S MIDNIGHT RECOVERY EYE - SKINCARE AMAN UNTUK IBU HAMIL

Masalah klasik ibu hamil dan menyusui adalah kurang tidur, makanya pemakaian eye cream itu nggak boleh dilewatkan, biar membantu area mata nggak terlalu bengkak dan tetap terhidrasi. Produk ini mengandung squalane, Butcher’s Broon Extract, Lavender Essential Oil, dan Evening Primrose Oil yang akan menghaluskan dan merevitalisasi kulit sekitar mata.

5. Face Essence – Sensatia Botanicals Seastem Marine Essence

SENSATIA BOTANICALS SEASTEM MARINE ESSENCE - SKINCARE AMAN UNTUK IBU HAMIL

Sangat ringan seperti air, mudah meresap, dan mampu menghidrasi kulit. Cocok dipakai paling pertama sebelum skincare lainnya. Mengandung ekstrak giant sea kelp yang membantu melembapkan, meratakan warna kulit, dan melindungi kulit dari faktor lingkungan. Plus, Sensatia Botanicals adalah brand lokal yang selalu bisa diandalkan selama kamu jadi preggo momma karena punya sederet skincare aman untuk ibu hamil dan menyusui. Baca review lengkapnya di sini.

6. Sunscreen – Neutrogena Sheer Zinc Dry Touch Sunscreen Broad Spectrum SPF 50

Neutrogena Sheer Zinc Dry Touch Sunscreen Broad Spectrum SPF 50 - SKINCARE AMAN UNTUK IBU HAMIL

 

Sebaiknya ibu hamil pakai mineral sunscreen ya! Produk dari Neutrogena ini adalah mineral sunscreen yang nggak berat dan lengket di kulit karena oil-free. Mengandung Broad Spectrum SPF 50, sehingga perlindungannya maksimal dari UVA dab UVB. Bebas parfum, paraben, phthalate, dan bahan-bahan kimia yang bisa mengiritasi kulit. Non-comedogenic dan hypoallergenic juga lho!

 7. Face toner – Thayers Witch Hazel Rose Petal Alchohol Free Toner

THAYERS WITCH HAZEL ROSE PETAL ALCOHOL FREE TONER

Toner klasik tanpa alkohol ini adalah salah satu skincare aman untuk ibu hamil maupun menyusui. Menyegarkan kulit, membantu menghidrasi kulit yang kering setelah kena cleanser, meringkas pori-pori, dan bikin kulit lebih glowing. Diformulasikan tanpa paraben, phthalate, dan gluten.

8. Face mist – Mario Badescu Facial Spray with Aloe Herbs and Rosewater

MARIO BADESCU FACIAL SPRAY WITH ALOE HERBS AND ROSEWATER - SKINCARE AMAN UNTUK IBU HAMIL

Bisa untuk melembapkan kulit wajah, membuat makeup lebih dewy, dan bahkan bikin rambut lebih segar. Mengandung aloe vera, gardenia, bladderwrack, rose, dan thyme, face mist yang serbaguna ini wajib kamu miliki. Buat efek dingin yang lebih menyegarkan, kamu bisa simpan produk ini di dalam kulkas sebelum memakainya.

9. Cleanser – Cetaphil Gentle Skin Cleanser

CETAPHIL GENTLE SKIN CLEANSER - SKINCARE AMAN UNTUK IBU HAMIL

 

Nggak heran kalau cleanser ini jadi favorit banyak orang. Formulanya ringan, cocok buat ibu hamil dan menyusui, kulit sensitif, maupun kulit yang acne-prone. Bisa digunakan dengan air maupun tanpa air lho! Nggak akan bikin kulit kering atau terasa “ketarik”, dermatologist-tested, dan pH-nya seimbang.

10. Moisturizer – L’Occitane Aqua Reotier Ultra Thirst-Quencing Gel

L'OCCITANE ULTRA THIRST-QUENCHING GEL - SKINCARE AMAN UNTUK IBU HAMIL

Moisturizer yang sangat lightweight karena teksturnya gel, tapi sangat menghidrasi, bisa bikin kulit kenyal, terasa lebih segar dan tampil bercahaya. Kaya kalsium dan Hyaluronic acid yang bisa jadi magnet untuk membantu mengembalikan kelembapan alami kulit. Non-greasy! Cocok buat kulit normal, kering, dan kombinasi.

 

Itulah 10 pilihan skincare aman untuk ibu hamil dan menyusui. Sebenarnya masih banyak yang lainnya lho! Kamu juga bisa mengandalkan produk-produk natural seperti pure coconut oil untuk membantu kulit tubuhmu lebih kenyal dan lembap. Kulit yang lembap akan lebih stretchy, sehingga nggak gampang “retak” dan muncul kerutan. Selamat mencoba, moms!

Foto: Courtesy of brands, freepik.com.