banner-detik

beauty school

Bahan Aktif Skincare Apa Sih yang Cocok untuk Remaja? Yuk, Simak Di Sini!

seo-img-article

Pasukan Gen Z yuk merapat! Untuk kamu yang tertarik skincare-an dengan bahan aktif, simak beberapa kandungan ini yang cocok untuk remaja!

Mengingat tanggal 12 Agustus kemarin adalah Hari Remaja Nasional, artinya ini saat yang pas banget untuk bahas tentang skincare remaja! Di umur-umur remaja ini, pasti kamu mulai penasaran kan dengan hal-hal yang berbau beauty? Mau itu makeup, skincare, bodycare, wajar banget kalau ingin coba-coba berbagai hal. Nah, kalau kamu mulai tertarik untuk memasukkan skincare berbahan aktif ke dalam skincare routine kamu, jangan khawatir, karena artikel ini siap membantu kamu. So, bahan aktif skincare apa sih yang relatif aman dipakai remaja? Yuk, simak di sini!

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Bahan Aktif Skincare? 

Hyaluronic Acid

Kandungan pertama yang akan cocok dipakai remaja adalah Hyaluronic Acid. Nah, Hyaluronic Acid ini adalah kandungan yang kuat akan moisturizing properties, alias dapat menawarkan hidrasi yang kuat untuk kulit. Kandungan hits ini punya banyak manfaat untuk kulit. Mulai dari melembapkan kulit, mencegah kerutan, sampai membantu regenerasi kulit. Plus, Hyaluronic Acid ini bagus untuk menjaga kesehatan skin barrier kamu.

Niacinamide

Selanjutnya adalah Niacinamide, bahan aktif skincare lainnya yang sangat populer. Niacinamide merupakan turunan dari vitamin B3, dan sangat ampuh untuk menyembuhkan kulit iritasi. Berkat sifatnya yang menenangkan dan kaya akan antioksidan, Niacinamide dapat meminimalisir kemerahan atau iritasi pada kulit kamu. Jadi buat kamu yang ada bekas jerawat atau dark spot, bisa nih coba pakai Niacinamide. Kandungannya juga akan nge-boost kemampuan kulit kamu untuk mendapatkan kelembabannya, serta ampuh untuk membangun skin barrier kulit yang baik sehat!

Baca juga: 5 Rekomendasi Skincare Lokal Terjangkau yang Ampuh Merawat Skin Barrier!

Ceramide

Masih seputar skin barrier, ada satu bahan aktif lagi yang pas buat para remaja, yaitu Ceramide. Ceramide ini adalah salah satu jenis asam lemak bernama Lipid yang terdapat pada sel kulit manusia secara alami. Bahkan juga membentuk 50% lapisan kulit terluar (epidermis). Identik dengan Hyaluronic Acid dan Niacinamide, kandungan Ceramide dapat membantu menjaga kelembapan kulit yang ada dalam kulit. Tapi selain itu, Ceramide ini bertindak seperti ‘semen’ pada kulit, yang berfungsi untuk melindungi dan menghalangi kulit dari paparan luar yang bisa merusak lapisan kulit. Kalau skin barrier kamu sehat, pastinya jerawat dan teman-temannya tidak akan menganggu kamu!

Salicylic Acid

Bahan aktif selanjutnya yang cocok untuk remaja adalah Salicylic Acid. Salicylic Acid ini merupakan Beta-Hydroxy Acid atau yang sering disebut sebagai BHA. Apa sih gunanya? Kandungan ini dapat membantu kulit melepaskan sel-sel mati dari lapisan atas kulit. Ia akan membersihkan pori-pori sehingga menghindari timbulnya jerawat, blackhead, atau whitehead. Kalau kamu punya kulit yang cenderung berminyak atau mulai bermasalah dengan jerawat, bruntusan, ataupun komedo, kamu bisa banget coba pakai skincare dengan kandungan Salicylic Acid. Bahkan kalau kamu perhatikan, banyak produk skincare untuk remaja yang memang punya kandungan ini!

Baca juga: Bolehkah Remaja Pakai Exfoliating Acid?

Vitamin E

Ada secara natural dalam kulit manusia, vitamin E yang kandungannya penuh akan antioksidan bisa jadi pilihan bahan aktif yang pas buat pemula. Sifat antioksidannya dapat melindungi serta membatasi potensi kerusakan kulit akibat radikal bebas. Tak hanya itu, vitamin E dapat membantu mengurangi kerusakan kulit akibat sinar matahari. Meskipun begitu, tetap jangan lupa pakai sunscreen ya! Karena vitamin E ini hanya akan bekerja dari dalam, dan kulit juga perlu proteksi dari luar. Walaupun relatif aman untuk semua jenis kulit, vitamin E ini akan cocok banget untuk kamu yang kulitnya normal dan cenderung kering.

Baca juga: 7 Rekomendasi Skincare Vitamin E untuk Kulit Normal Cenderung Kering

So, itu dia 5 bahan aktif skincare yang bisa jadi pilihan untuk kamu para remaja ataupun pemula skincare. Walaupun skincare memang tidak ada ‘aturan’nya, tapi tetap perhatikan dan pelajari kandungan yang cocok untuk tipe kulit kamu masing-masing ya. Selamat mencoba!

Image : Freepik & Dok. Brand

Slow Down

Please wait a moment to post another comment