banner-detik

beauty school

Yuk, Intip 8 Kosmetik Jadul Era 80 dan 90an yang Hits di Indonesia!

seo-img-article

Nostalgia sedikit yuk ke era 80 dan 90an. Mari intip beberapa kosmetik jadul yang hits di Indonesia pada masanya!

Kita para beauty enthusiast pastinya sadar dong betapa berkembangnya produk kecantikan di Indonesia beberapa tahun belakangan ini. Mulai dari skincare, makeup, sampai bodycare, kualitas kosmetik seperti makin meningkat tiap tahunnya. Nah, meskipun sekarang makeup lokal Indonesia sudah maju dan canggih, kita jangan sampai lupa dengan produk kosmetik legendaris dulu! Produk-produk ikonik ini tentunya tak kalah setia menemani perempuan Indonesia sejak tahun 80an. Bahkan sampai sekarang masih jadi favorit beberapa wanita Indonesia.

Penasaran kan pasti, apa saja produk kosmetik jadul legendaris ini? Mari, simak di sini!

Bedak tabur Marcks

Kita mulai dengan produk yang sepertinya paling akrab di dengar, yaitu the one and only, bedak tabur Marcks. Bedak ini sudah tersedia selama puluhan tahun! Dengan kemasannya yang sangat khas, berwarna kuning dengan ilustrasi wanita di atasnya, bedak tabur Marcks ini tetap eksis sampai sekarang, lho. Produk ini akan membuat wajahmu bebas kilap, dengan hasil yang natural. Cocok untuk segala jenis kulit, bahkan direkomendasikan untuk yang kulitnya berjerawat! Sekarang bedak ini tersedia dengan 5 warna yang bisa kamu sesuaikan dengan warna kulit dan kebutuhan kamu. Produknya juga tersedia di mana-mana, dengan kisaran harga Rp 10,000-Rp 20,000 saja!

Bedak Fanbo

Masih di kategori bedak, ada produk bedak lokal legendaris lainnya, yaitu Bedak Fanbo. Pada zamannya, bedak Fanbo ini hits banget lho. Dulu, bedak ini dikemas dalam kemasan berbentuk kotak dengan gambar yang estetik. Bedak ini juga tersedia sampai saat ini, walaupun dikemas dengan kemasan yang lebih modern. Bedak ini diklaim dapat membuat wajah tampak lebih cerah dan segar. Kamu bisa beli bedak ini dengan kisaran harga Rp 15,000- sampai Rp 20,000!

Baca Juga : Makeup Lokal Indonesia Paling Laris di Pasar!

Kelly Pearl Cream

Generasi 90-an harusnya familiar dengan produk berikut ini nih. Sebelum adanya concealer, bb cream, ataupun cushion, dulu Kelly Pearl Cream ini menjadi andalan banyak perempuan di masanya. Produk ini dapat digunakan sebagai pelembab, alas bedak, ataupun foundation untuk meratakan warna kulit secara instan. Kemasannya juga sangat khas, berwarna merah dengan gambar perempuan di depannya. Kalau kamu perhatikan, kosmetik zaman dulu deman pakai gambar perempuan ya di kemasannya! Harganya? Terjangkau banget, hanya Rp 4,000 sampai Rp 10,000!

Hazeline Snow Moisturizing Cream

Seperti namanya, produk ini merupakan pelembap kulit wajah. Di kemas dalam packaging kuning, Hazeline Snow Moisturizing Cream akan meresap secara cepat dan memberikan efek dingin pada wajah. Wanginya yang beraroma floral juga menjadi ciri khas produk ini. Harganya berkisar antara Rp 60,000 sampai Rp 85,000. Siapa yang pernah coba pelembab ini?

Baca Juga : Produk Lulur Lokal Andalan

Viva Cosmetic Eyebrow Pencil

Sepertinya produk selanjutnya sudah tidak perlu diragukan lagi kepopulerannya, karena sampai sekarang masih hits banget! Dengan kualitas dan harganya, produk ini berhasil menjadi pilihan setia banyak perempuan Indonesia. Selain itu, teksturnya yang lembut dan creamy, serta pigmentasinya yang pekat, membuat pensil alis ini semakin digemari. Harganya sangat terjangkau pula, yaitu sekitar Rp 27,000 sampai Rp 37,000!

Viva Face Powder

Ada satu lagi produk legendaris dari Viva Cosmetic, yaitu Viva Face Powder Satin Smooth. Bedak yang dijual sachet-an ini dulu juga tak kalah hits. Bedak ini memiliki tekstur yang super halus dan dikenal ampuh untuk menahan minyak pada wajah. Harganya super terjangkau, hanya sekitar Rp 1,000 sampai Rp 2,000! Nah, selain bedak dan pensil alisnya, pastinya kalian juga tahu betapa eksisnya skincare Viva sampai sekarang, seperti face tonic ataupun milk cleanser-nya.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Produk Viva Cosmetics yang Harus Kamu Coba

Bedak Saripohatji

Fun fact, kabarnya bedak ini sudah ada sejak tahun 1927 lho, dan dibuat oleh S. Marijah. Bedak Saripohatji ini merupakan bedak dingin yang terbuat dari rempah-rempah yang diklaim dapat mengatasi jerawat dan bintik-bintik hitam atau merah. Kamu tinggal campurkan 2-3 butir bedak dengan air biasa ataupun air mawar, lalu dibaurkan pada wajah seperti masker. Setelah kering, tinggal dibilas deh! Satu sachet-nya dijual dengan harga sekitar Rp 2,000 saja!

Skiva Beauty Powder

Bedak padat dari Skiva ini hits banget pada era 90an. Dengan kemasannya yang berwarna pink, bedak padat ini memiliki empat shades yang cocok untuk warna kulit Indonesia. Produk ini ternyata diproduksi di Purwokerto, lho! Harganya tentu terjangkau, yaitu sekitar Rp 13,000 sampai Rp 18,000.

Baca Juga : Kelebihan Masker Bubuk Lokal yang Murah-Meriah

Nah, itu dia beberapa kosmetik jadul yang hits banget di era 80 dan 90an. Bahkan kebanyakan masih populer dan banyak peminatnya sampai sekarang! Kamu sudah ada yang pernah coba belum produk-produk ini? Atau mungkin ada yang masih pakai produknya sampai sekarang?

Image : Instagram @/marckscosmeticind, Dok. Viva Cosmetics, Dok. Female Daily, Shopee Indonesia, Tokopedia.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment