skin care

7 Kandungan Skincare yang Bikin Kulit Glowing Ini Banyak Tumbuh di Indonesia!

seo-img-article

Indonesia sangat kaya dengan tumbuh-tumbuhan yang bermanfaat bagi perawatan kulit. Kandungan skincare yang bikin kulit glowing ini juga tumbuh subur di Indonesia!

 

Sebagai negara tropis yang areanya sangat luas, Indonesia ditumbuhi banyak tanaman yang bisa digunakan dalam produk-produk kecantikan, terutama skincare. Kamu mungkin juga sudah terbiasa menggunakan ingredients skincare di bawah ini dalam ritualmu sehari-hari. Kenalan yuk, dengan berbagai kandungan skincare khas Indonesia ini dan apa saja manfaatnya!

Bengkuang

Bengkuang sangat tinggi serat, kaya vitamin, punya banyak air, dan bisa mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Selain sehat untuk dikonsumsi, bengkuang juga banyak hadir dalam produk perawatan kulit karena mampu mencerahkan kulit, kaya antioksidan, bisa mencegah infeksi, dan mampu melembapkan kulit. Produk dengan kandungan bengkuang ada banyak, terutama masker dan lulur, misalnya Mustika Ratu Krem Masker Bengkoang dan Purbasari Lulur Mandi Bengkuang. Ini adalah salah satu kandungan skincare khas Indonesia yang harus kamu banggakan!

Baca juga:  5 Kandungan Skincare untuk Merawat Pori-pori Agar Bersih dan Kencang

Kunyit

Masakan khas Indonesia banyak yang menggunakan kunyit sebagai rempah-rempah, misalnya opor, soto ayam, dan gulai. Tumbuhan herbal ini nggak hanya bagus sebagai bumbu dan jamu, tapi juga bermanfaat bagi kulit. Kunyit terkenal sebagai kandungan skincare yang baik sebagai anti-inflamasi, antibakteri, dan juga antioksidan. Menggunakan skincare kunyit bisa membuat kulit glowing dan membantu mengurangi jerawat. Contohnya adalah Kiehl’s Turmeric & Cranberry Seed Energizing Radiance Mask, Juara Skincare Clove Flower & Turmeric Anti-Aging Serum, dan KORA Organics Turmeric BHA Brightening Treatment.

Baca juga: 5 Skincare dengan Kandungan Kunyit yang Mencerahkan dan Anti-Inflamasi

Pegagan

Pegagan, atau Gotu Kola, atau lebih terkenal dengan nama Centella asiatica atau cica, atau tiger grass, adalah kandungan yang sangat hits beberapa tahun belakangan ini. Meskipun dipopulerkan oleh Korea Selatan, namun tanaman yang bermanfaat untuk menenangkan kulit dan merawat kulit berjerawat ini tumbuh subur juga di Indonesia. Bahkan kamu bisa memilikinya di rumah, di tanam di dalam pot atau di jar berisi air (water propagation)! Skincare dengan kandungan pegagan yang terkenal bagus di antaranya adalah Skin1004 Madagasca Centella Ampoule, dr.Jart+ Cicapair, dan Sariayu Acne Care Facial Foam.

Baca juga:  7 Rekomendasi Serum Lokal dengan Kandungan Centella Asiatica

Mawar

Mawar adalah bunga yang sangat mudah tumbuh di mana-mana, mulai dari Inggris, Bulgaria, Prancis, Turki, hingga Indonesia. Nggak heran kalau ada banyak produk skincare dengan kandungan mawar, karena bunga satu ini mampu membuat kulit lebih lembap dan lebih tenang. Cocok untuk kamu yang kulitnya kering dan sensitif. Contoh produk skincare mawar yang bisa kamu coba adalah Sariayu Mawar Refreshing Toner, Wardah Hydra Rose Gel To Foam Cleanser, dan Fresh Rose Face Mask. Di Indonesia, bunga mawar juga kerap dipakai dalam ritual kecantikan lainnya misalnya hiasan makeup pengantin, mandi kembang, dan perawatan di spa.

Baca juga: 7 Pilihan Serum dengan Kandungan Lactic Acid

Delima

Buah delima atau pomegranate sangat baik untuk kesehatan tubuh dan kulit. Bagi kulit, dia berperan sebagai antioksidan, mencegah tanda-tanda penuaan, mengurangi inflamasi, mencerahkan kulit, meregenerasi kulit, dan menstimulasi pertumbuhan kolagen di kulit. Kandungan skincare satu ini juga tumbuh subur di Indonesia! Beberapa produk skincare dengan kandungan delima yang bisa kamu pakai adalah Sensatia Botanicals Hydrating Pomegranate Cleansing Water, Mamonde Red Energy Recovery Serum, dan Innisfree Jeju Pomegranate Revitalizing Serum.

Baca juga: 15 Pilihan Toner Mawar yang Pintar Menghidrasi dan Menenangkan Kulit

Lidah buaya

Lidah buaya juga merupakan kandungan skincare yang berlimpah di Indonesia! Tumbuhan dengan nama lain aloe vera ini pun sangat versatile, bisa dipakai untuk rambut, kulit wajah, maupun kulit tubuh. Manfaat lidah buaya bagi kulir adalah untuk melembapkan tanpa rasa lengket, menenangkan kulit yang iritasi, sensitif , atau sunburn, memberikan rasa sejuk pada kulit, dan bikin kulit bercahaya sehat. Contoh skincare yang mengandung lidah buaya adalah Citra Fresh Glow Multifuntion Gel Aloe Vera UV, Emina Masquerade Face Mask, dan Nature Republic Aloe Vera Soothing Gel Mist.

Baca juga: 5 Pembersih Wajah dengan Kandungan Lidah Buaya

Jeruk nipis

Tahukah kamu kalau jeruk nipis sangat baik untuk mencerahkan kulit, bekerja sebagai anti0ksidan, antibkteri, dan juga bisa merawat pori-pori? Sama seperti kandungan skincare lainnya di atas, tumbuhan satu ini juga ada sangat banyak di Indonesia! Namun, jangan pakai jeruk nipis segar langsung di kulit kamu ya, karena sifatnya acidic sehingga bisa merusak keseimbangan skin barrier kamu. Jadi, pilih saja skincare dengan kandungan jeruk nipis seperti Dear Me 10% Lactobionic Acid (PHA) + Lime Extract Face Serum, IUNIK Lime Moisture Mild Peeling Gel, dan Oriflame Love Nature Mattifying Face Lotion with Organic Tea Tree and Lime.

 

Nah, itulah 7 kandungan skincare yang mampu membuat kulit glowing dan banyak tersedia di Indonesia! Manakah yang jadi favoritmu atau cocok untuk kondisi kulitmu? Share di kolom komentar ya!

 

Image: Freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment