haircare

Harus Tahu! Ini 5 Efek Samping Catokan Bagi Rambut!

seo-img-article

Alih-alih mempertahankan rambut aslinya, banyak orang yang memilih catokan untuk menghasilkan rambut yang menawan dilihat.

Sangat wajar bila seseorang ingin tampil maksimal dalam segala sisi, baik riasan wajah, kulit, maupun rambut. Nggak sedikit pemilik rambut keriting atau mudah mengembang yang rutin menggunakan catokan sebagai kunci tampilan mereka sehari-hari.

Padahal, sering pakai catokan bisa jadi masalah baru bagi rambut. Suhu panas yang terus menerus menyentuh rambut bisa membuat rambut rusak. Separah apa sih kerusakannya? Berikut adalah 5 efek samping bagi kamu yang sering catokan setiap harinya.

Rambut kering

Sadar nggak kalau lagi styling rambut terus tiba-tiba ada asap? Pernahkah kamu kagum, “Whoa, panas banget nih sampe ada asapnya!” Eits, padahal itu bukan asap yang berasal dari catokan, melainkan proses hilangnya kelembapan dari rambut. Nggak heran kalau setelah catokan terkadang rambut terasa lebih kering dan rapuh.

Melansir dari stylecraze, memakai catokan dan perawatan secara teratur dalam waktu lama bisa menghilangkan minyak alami rambut dan membuat rambut semakin kering. Jadi bagi kamu yang ingin rambut sehat, sebaiknya kurangi penggunaan styling rambut yang panas-panas, dan biarkan rambut tampil seperti apa adanya.

Baca juga: 5 Hair Mask untuk Bikin Rambut Halus dan Tampak Lurus

Kerontokan rambut

Terlalu sering pakai catokan juga bisa merusak folikel rambut, pasalnya panas dari catokan bisa melemahkan folikel rambut yang bisa menyebabkan rambut mulai mengalami kerontokan. Bahayanya lagi adalah ketika folikel rambut sudah mati, tidak akan ada rambut baru, karena folikel rambut sudah nggak bisa menahan akar rambut lagi. Jika kamu tetap bersikeras menggunakan catokan setiap hari, maka rambut kamu bisa mengalami kebotakan.

Baca juga: 5 Shampoo untuk Melembutkan dan Menaklukkan “Rambut Ringa”!

Rambut kusam

Kata siapa yang kusam hanya wajah? Rambut pun juga bisa lho! Faktanya minyak alami di kulit kepala dan kelembapan di rambut sangat penting dipertahankan supaya rambut nggak kelihatan kusam. Kalau rambut sudah mulai terlihat kusam, artinya kamu sudah cukup sering menggunakan catokan atau hot styling tools lainnya.

Baca juga: 5 Shampoo Korea untuk Membantu Mengurangi Rambut Rontok!

Tekstur rambut berubah

Rambut yang tadinya sehalus sutra, bisa berubah ketika kamu terlalu sering pakai catokan. Hal ini karena terlalu rambut sering terpapar panas dan sering “ditarik” ketika kamu memakai alat tersebut. Yang tadinya helaiannya ringan dan lembut, bisa jadi kasar dan lebih kaku. Bahayanya lagi, tekstur tersebut bisa berubah secara permanen! Kamu harus sering-sering melakukan treatment di salon untuk membuat tekstur rambut kembali sehat seperti semula.

Itulah beberapa efek samping catokan bagi rambut. Jadi, bisakah kamu menguranginya? Kalau sudah terlanjur “bergantung” pada catokan, kamu harus rajin mengaplikasikan hair serum atau heat styling spray sebelum memakai catokan, untuk melapisi rambut dari panas dan mengurangi kerusakan. Jangan lupa rutin pakai conditioner setiap setelah keramas, dan pakai hair mask seminggu sekali.

 

Image: Freepik.com & dok. Female Daily

Slow Down

Please wait a moment to post another comment