beauty school

Gimana Ya Cara Declutter Makeup dan Skincare Supaya Nggak Numpuk?

seo-img-article

Siapa yang di sini produk kecantikannya sudah terlalu banyak dan alhasil jadi makan banyak tempat? Yuk, supaya nggak makin numpuk, declutter makeup atau skincare kamu!

Kalau kamu gemar dengan makeup ataupun skincare, pastinya kamu juga senang kan belanja produk-produk kecantikan? Mungkin kamu terlalu kalap saat ada diskon, atau mungkin keracunan produk oleh para beauty influencers? Nah, kebiasaan-kebiasaan seperti ini kadang membuat kita buta kalau sebenernya koleksi kecantikan kita sudah banyak. Walaupun mencoba produk baru memanglah seru, namun akan sayang, lho, kalau tidak sering dipakai.

Mumpung sedang masa PPKM gini, dan walaupun pastinya kamu lebih tergiur untuk online shopping, waktu ini bisa jadi kesempatan untuk declutter makeup ataupun skincare kamu di rumah! Produk jadi tidak dibuang-buang dan tempat penyimpanan lebih rapi dan bersih. uk, simak terus untuk cara dan tips mudah declutter makeup dan skincare kamu!

Baca juga: Tips Atasi Panic Buying Ketika Pandemi!

Kumpulkan semua produk kecantikan kamu

Kalau kamu familiar dengan Marie Kondo, pasti kamu tahu kalau ini adalah metode khasnya. Agar setiap produk yang kamu punya dapat disortir dengan baik, ada baiknya kamu mengumpulkan semua produk itu di satu tempat, agar tidak ada yang terlewatkan. Ambil semua produk yang kamu simpan mau di lemari, kamar mandi, meja rias, tas makeup, dan gabungkan jadi satu. Siapa tahu, kamu malah bertemu kembali dengan produk favorit lama kamu yang sudah terlupakan!

Sortir berdasarkan kategori

Kalau kamu ingin mempermudah lagi proses decluttering-nya, kamu dapat menyortir produk-produk kamu berdasarkan kategori. Contohnya produk makeup dibagi menjadi makeup wajah, mata, dan bibir. Lalu produk skincare dibagi menjadi facial wash, toner, essence, serum, moisturizer, dan sebagainya.

Baca juga:Libur Idul Adha di Rumah Saja? Ada 5 Ide untuk Menghabiskan Waktu!

Buang produk yang expired!

declutter makeup dan skincare expired

Satu hal yang sering terlupakan untuk kita para beauty enthusiast, setiap produk kecantikan itu ada masa kadaluarsanya! Terkadang kita terus menyimpan suatu produk sampai tanpa kita sadari produk itu udah terlanjur expired deh. Jadi salah satu hal yang paling penting dalam proses decluttering makeup atau skincare adalah cek tanggal kadaluarsa produk. Lihat satu-satu secara teliti, dan kalau temukan produk yang expired, langsung kamu masukkan ke satu boks khusus produk expired!

Cek produk-produk yang belum dipakai

Hayo, siapa yang suka kalap beli makeup atau skincare baru terus akhirnya malah nggak dipakai? Setelah produk yang expired sudah disisihkan, selanjutnya kamu bisa sortir produk yang belum dipakai atau bahkan belum disentuh sama sekali. Seperti sebelumnya, kamu bisa organisir per kategori agar lebih mudah. Satu tips buat kamu, ingatlah sama “6 months deadline“, kalau kamu dapat produk tersebut 6 bulan yang lalu dan belum juga dipakai, kemungkinan besar kamu tetap tidak akan pakai di masa depan. Saat selesai dipisahkan, kamu tinggal masukan ke boks khusus lagi yang terpisah. Lalu, produknya bisa kamu donasikan, dijadikan hadiah ke teman atau keluarga, ataupun dijual kembali!

Lalu, sisanya gimana?

Produk expired sudah, produk yang belum dipakai juga sudah. Lalu, apa? Kamu dapat sortir satu-satu lagi per kategori. Mungkin membuang produk expired itu gampang, tapi bagaimana dengan yang belum dan masih bagus? Ini nih, yang kerap menjadi masalah rumit. Kamu bisa coba tanya ke diri sendiri, “Apa saya memang cinta dengan produk ini? Bisa nggak ya dihabiskan sebelum expire? Apa saya simpan karena mahal? Apa ada gunanya di koleksi saya?”. Kamu juga bisa menyeleksi produk-produk essentials kamu. Setelah kamu berhasil menyeleksi, lagi-lagi tinggal kamu pisahkan deh ke boks yang berbeda.

Beauty tools jangan sampai terlupakan!

Nah, makeup dan skincare tools juga butuh decluttering ya. Mungkin ada makeup brush yang kamu simpan bertahun-tahun sampai sudah tidak jelas lagi bentuknya, atau beauty blender yang sudah tidak layak pakai. Nggak hanya ‘membersihkan’ koleksi kecantikan kamu, namun kamu juga tidak akan mengundang bakteri dan kuman untuk tinggal di beauty tools kamu!

Baca juga:Ini Dia Cara Tepat Membersihkan Makeup Tools agar Bebas Bakteri!

Organisir ulang penyimpanan produk kecantikan

Akhirnya, setelah semua berhasil disortir, kamu bisa pelan-pelan organisir ulang penyimpanan produk kecantikan kamu. Kalau sudah susah-susah declutter, lalu ujung-ujungnya malah kamu simpan lagi ke belakang lemari, ya sama saja! Agar menghindari produk makeup atau skincare jadi terlupakan, ada baiknya kamu simpan produk-produk ini di tempat-tempat yang bisa telihat jelas oleh kamu. Some tips : taruh daily essentials kamu di meja rias, pakai kotak penyimpanan atau organizers, dan jangan kumpulkan semua di satu tumpukan!

Baca juga:6 Produk Skincare Terbaru di Bulan Juli yang Layak Jadi Incaran!

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa kamu ikuti kalau kamu ingin declutter makeup atau skincare kamu. Banyak lho, manfaat yang bisa kamu dapat dari proses decluterring ini, dan pastinya dapat menjadi pilihan aktivitas buat di rumah saja!

Image : Freepik.com

raiagumay

raiagumay

-

Slow Down

Please wait a moment to post another comment