lifestyle

Ikuti 5 Cara Mudah Ini untuk Menjaga Kulit dari Bahaya Sinar Blue Light!

seo-img-article

Paparan sinar blue light dari gadget itu sama bahayanya dengan paparan sinar matahari langsung lho. Pasti kamu nggak mau kan, kulit jadi rusak padahal sedang di rumah saja? 

Dengan kita semua work from home, hal ini berarti satu, lebih banyak waktu di depan screen dan gadget kita! Well, walaupun para perangkat elektronik ini memang sangat membantu kehidupan kita sekarang, apalagi di masa pandemi seperti ini, jangan sampai terlupakan bahwa paparan sinar blue light itu bahaya bagi kulit wajah. Karena tanpa kita sadari, paparan sinar blue light bisa berdampak buruk lho. Cahaya ini dapat menembus ke lapisan kulit yang lebih dalam, sama seperti sinar UVA dari matahari. Paparan ini juga dapat menghancurkan kolagen dan elastin, yang akan mempercepat penuaan pada kulit serta membuat peradangan sel kulit. Kalau kamu butuh penjelasan lebih detil mengenai bahaya dari paparan sinar ini, kamu bisa baca di artikel ini dulu ya!

Nah, pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimana caranya kita bisa menjaga wajah kita dari paparan blue light? Tenang, kamu bisa ikuti 5 cara mudah ini. Yuk, simak langsung!

1. Pakai sunscreen, meski di rumah saja!

Satu hal yang paling mudah, simpel, tapi sangat penting perannya adalah pemakaian sunscreen. Mungkin kamu udah capek ya, selalu diingatkan pakai sunscreen terus. Tapi karena memang sunscreen sepenting itu! Walau kita sedang banyak di rumah, tetap step ini jangan sampai dilupakan terutama karena sunscreen akan melindungi wajah dari blue light. Jadi bagi kamu yang stop pakai sunscreen karena merasa selalu berada di tempat indoor, this is a big no! Nah untungnya, sekarang sunscreen sudah banyak lho yang nggak hanya melindungi kulit dari sinar UV matahari, tapi juga terhadap sinar blue light. Kamu juga bisa cari sunscreen yang mengandung zinc oxide. Bahan ini dapat menjadi penghalang di kulit bagian atas, untuk lindungi kulit serta meresap sinar yang merusak.

Baca juga: Yuk, Lindungi Kulit Kamu dari Paparan Sinar Blue Light dengan Menggunakan Sunscreen!

2. Antioxidants are your new BFF

Blue light ini telah terbukti dapat menyebabkan stres oksidatif pada kulit. Untuk mengatasi ini, penting bagi kulit untuk dirawat dengan bantuan antioksidan, karena sunscreen aja tidak cukup. Kamu bisa merawat kulit kamu dengan produk-produk skincare yang mengandung antioksidan seperti Vitamin C, Vitamin E, Vitamin B3 (Niacinamide), Ferulic Acid, dan sebagainya. Kandungan antioksidan ini akan melawan radikal bebas pada kulit, dan di saat yang bersamaan merawat permasalahan kulit!

Baca juga:10 Skincare dengan Kandungan Buah Berry yang Kaya Antioksidan!

3. Kuatkan skin barrier kamu

Nah, pakai sunscreen sudah, pakai antioksidan juga sudah, terus apa? Jangan lupa sama kesehatan skin barrier kamu! Di saat skin barrier kamu rusak, paparan sinar blue light tentu akan lebih mudah masuk ke dalam lapisan kulit. Pastinya nggak mau dong, kulit jadi cepat rusak dan terlihat tua? Salah satu kesalahan umum dalam skincare adalah, kita sering terlalu fokus pakai terlalu banyak produk untuk membasmi segala macam masalah. Seringkali hal ini malah menuju pada iritasi kulit, padahal pemakaian skincare yang minim namun tepat akan menjaga kesehatan skin barrier. Kamu bisa fokus ke bahan-bahan seperti Niacinamide, Ceramide, Hyaluronic Acid, dan Fatty Acids ya untuk meningkatkan kesehatan skin barrier kulit kamu!

Baca juga:5 Rekomendasi Skincare Lokal Terjangkau yang Ampuh Merawat Skin Barrier!

4. Investasi dalam anti blue light protector

Tidak cuman dari pemakaian skincare, tapi tentu kita bisa meminimalisir bahaya paparan dengan menangkalnya dari gadget itu sendiri. Semakin dekat kamu dengan layar gadget, semakin banyak bahaya yang akan kamu dapat dari paparan blue light. Di era digital ini, pastinya penggunaan berbagai macam gadget tidak akan kemana-mana. Apalagi di masa pandemi seperti ini, dimana hampir semua dikerjakan secara online. Oleh karena itu, investasi ke anti blue light protectors bisa jadi investasi yang menarik dan berguna kedepannya. Kamu bisa cari mulai dari anti blue light screen protectors yang pas untuk gadget kamu, atau kalau kamu pengguna kacamata, bisa cari kacamata yang ada proteksi anti blue light!

5. Batasi screen time!

Hayo, siapa yang di sini sejak pandemi waktu screen time-nya naik drastis? Walaupun memang susah ya, menahan diri sendiri agar tak terlalu sering pakai gadget sehari-hari. Apalagi kalau sedang bosan WFH, bawaannya hanya ingin nonton Netflix atau belanja online! Nah, kamu bisa coba deh, set waktu untuk membatasi screen time kamu. Pelan-pelan dikurangi, pasti nantinya akan mulai terbiasa. Nggak cuman menjaga wajah dari bahaya blue light, namun mengurangi screen time bisa kamu lihat sebagai alternatif self care, untuk rehat sejenak dari dunia online. Satu tips lagi, kamu bisa juga gunakan dark / night mode di gadget kamu pada malam hari, agar memberi proteksi lebih bagi kesehatan kulit dan mata.

 

Image : Freepik.com

raiagumay

raiagumay

-

Slow Down

Please wait a moment to post another comment