banner-detik

skin care

Yuk, Lindungi Kulit Kamu dari Paparan Sinar Blue Light dengan Menggunakan Sunscreen!

seo-img-article

Beberapa hari yang lalu saya menemukan sebuah obrolan di Twitter mengenai sunscreen. Ternyata banyak yang bilang, kalau selama pandemi mereka jarang banget menggunakan sunscreen. Tapi, sebetulnya betul nggak sih boleh kayak gini?

Use Sunscreen Even Indoors!

Well, walau FD udah sering banget sebut betapa pentingnya menggunakan sunscreen, tapi masih banyak banget yang mengira bahwa sunscreen hanya digunakan di luar rumah, untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Padahal salah banget lho! Soalnya walaupun kita nggak terkena sinar matahari, sinar radiasi blue light juga bisa mempengaruhi kulit lho! Untungnya,  sekarang udah ada sunscreen yang nggak hanya melindungi terhadap sinar UV matahari, tapi juga terhadap sinar radiasi blue light.

Blue Light Vs. UV Ray

Baca juga: Pelajaran yang Bisa Diambil dari Kontroversi Sunscreen Purito!

Nah, sebetulnya apa sih efek dari sinar radiasi blue light? Apakah sama efeknya dengan radiasi sinar matahari UV? Well, sebetulnya blue light memiliki gelombang lebih panjang daripada sinar UV, dengan frekuensi tinggi. Itu sebabnya, blue light bisa melakukan penetrasi kulit lebih dalam. Sehingga, paparan blue light secara jangka panjang bisa menyebabkan penuaan dini, perubahan warna kulit, menyebabkan inflamasi, dan melemahkan lapisan kulit. Apalagi sejak pandemi, rata-rata penggunaan perangkat elektronik meningkat drastis, hingga lebih dari 50 jam perminggu!

Selain itu, walaupun kaca bisa mencegah sinar UV masuk, tapi nggak semua gelombang sinar UV bisa dicegah. Kaca yang biasa digunakan di rumah sebagai jendela, atau mobil kendaraan, bisa melindungi wajah dari sebagian besar sinar UVB, tapi nggak bisa melindungi dari sinar UVA. Sedangkan, sinar UVA adalah salah satu penyebab aging pada kulit. Jadi, walaupun kamu berada di dalam ruangan dan dekat dengan jendela, kamu masih berisiko terpapar sinar UVA dan kemungkinan kerusakan kulit.

Baca juga: 3 Pilihan Sunscreen yang Nggak Ashy

Use Sunscreen

Ini adalah salah satu alasan kenapa sunscreen penting digunakanm walau kamu seharian berada di dalam ruangan.Untuk melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB, serta melindungi dari radiasi sinar matahari. Sekarang, udah ada banyak banget pilihan sunscreen yang nyaman dipakai, jadi nggak ada alasan lagi buat kamu nggak menggunakan sunscreen walaupun indoor. Nah, buat rekomendasi sunscreen yang nyaman digunakan, bisa kamu baca di halaman berikut ini!

 

Image: Dok. @itsmybase, freepik.com.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment