banner-detik

lifestyle

Ini 3 Negara yang Sudah Kembali Normal Saat Pandemi! Kapan Indonesia Menyusul?

seo-img-article

Bikin iri! Sampai saat ini, ada beberapa negara yang sudah kembali normal saat pandemi. Prokes mulai dilonggarkan, sampai sudah tidak diwajibkan pakai masker lagi. Kira-kira kapan nih Indonesia bisa menyusul?

Tidak terasa pandemi virus Corona ini sudah hampir 2 tahun ya. Pastinya juga sudah mendampak ke diri kita masing-masing dalam banyak hal. Mulai dari munculnya berbagai macam protokol kesehatan, sampai susahnya kerja atau sekolah online, banyak keterbatasan yang muncul di keseharian hidup kita akibat pandemi ini. Capek? Tentu, tapi ini semua kan agar pandemi ini cepat terkontrol.

Nah, 3 negara berikut ini mulai kembali ke kehidupan ‘normal’ lho. Dengan kasusnya yang tengah menurun, prokes di negaranya juga mulai dilonggarkan. Walaupun kita semua tetap harus waspada, apalagi dengan munculnya beberapa varian virus Corona baru, nggak ada salahnya kan kita lihat perkembangan di tempat lain yang berbeda dengan situasi Indonesia saat ini. Kita intip yuk, kira-kira seperti apa sih kehidupan di negara lain yang mulai aktif kembali, agar kita juga makin termotivasi untuk melawan Covid 19 di Indonesia!

Baca juga:Kalau Pandemi Covid-19 Masih Berlangsung Hingga Beberapa Tahun, Apa yang Akan Terjadi?

New Zealand

Menurut The Lowy Institute, sebuah lembaga asal Sydney, Australia, negara New Zealand atau Selandia Baru menduduki peringkat pertama dalam kinerja negara menangani pandemi Covid-19. Sejak satu tahun yang lalu, New Zealand telah mengikuti empat lockdown yang sangat ketat. Alhasil, kasus COVID-19 di sana relatif cepat terkendali dan kasus cepat menurun.

Terlepas dari perbatasannya yang ditutup secara ketat, hidup di New Zealand tergolong sangat normal. Apalagi dibandingkan dengan Indonesia atau negara lainnya dimana kasus semakin melonjak. Masker sudah tidak diwajibkan, kerja dan sekolah offline juga sudah diterapkan kembali. Bahkan acara besar seperti konser musik dan festival juga sudah dilangsungkan!

Baca juga:Mengenal Pentingnya Vaksin COVID-19 di Indonesia

Belanda

Negara Belanda adalah contoh negara selanjutnya yang baru-baru ini telah menghilangkan hampir semua peraturan kesehatannya. Sejak tanggal 26 Juni lalu, mayoritas peraturan mengenai virus Corona telah dikurangi atau hampir dihilangkan total. Contohnya, warga sudah tidak perlu memakai masker baik di tempat indoor ataupun outdoor, hanya di transportasi publik dan bandara saja yang diwajibkan. Pembatasan jam operasional toko dan restoran juga sudah tidak diberlakukan lagi. Sebelumnya, semua toko selain grocery store itu hanya diperbolehkan buka sampai jam 8. Bahkan sebelumnya Belanda juga sempat menerapkan curfew. Nah, sejak 30 Juni, event skala kecil maupun besar juga diperbolehkan.

Teater, museum, sampai klub malam, semua sudah dibuka. Kantor, kampus, dan sekolah juga mulai beroperasional secara normal, bahkan tanpa diwajibkan pakai masker. Intinya, di Belanda hampir semua dijalankan secara ‘normal’ dengan harapan 1.5 meter jarak selalu diterapkan!

Baca juga: CT Corp Memberikan Vaksin Covid Gratis untuk Kamu!

Hong Kong

Hong Kong juga bergabung ke daftar negara yang sudah kembali normal selama pandemi. Mereka telah mengurangi mayoritas peraturan mengenai Covid-19 serta memotong jangka waktu kewajiban karantina bagi para travellers. Ternyata infeksi warga lokal di Hong Kong telah menurun drastis, lho. Restoran sudah diperbolehkan beroperasi dengan 75% kapasitas, jika staff sudah menerima minimal satu dosis vaksin dan pelanggan memakai app pelacak the LeaveHomeSafe. Jika staff restoran sudah divaksin sepenuhnya, restoran itu bahkan diperbolehkan berjalan dengan kapasitas penuh, dengan maksimal 12 orang per meja.

Untuk outdoor group gatherings, peraturannya masih dibatasi, yaitu maksimal 4 orang. Acara kantor, pernikahan, atau acara keagamaan juga diperbolehkan dengan 50% kapasitas. Namun, jika dua per tiga dari peserta sudah menerima vaksin minimal dosis pertama, acara diperbolehkan jalan dengan kapasitas penuh. Hal yang sama berlaku untuk bar, klub malam, dan tempat karaoke. Sekolah pun juga mulai diterapkan secara offline. So as you can see, vaksinasi adalah sesuatu yang sangat penting untuk bantu meringankan beban pandemi ini!

Baca juga: Daftar Lokasi Vaksin Corona untuk Warga DKI Jakarta

Nah, itu dia 3 negara yang sudah kembali normal saat pandemi. Tentunya hal ini bisa tercapai karena memang situasi di negara itu mendukung, bukan sembarang menghilangkan peraturan saja. Kasus-kasus COVID-19 di negara ini juga telah menurun sekali, dan pastinya vaksin berperan besar dalam penurunan kasus itu.

Hayo, siapa yang di sini belum vaksin? Pasti kamu pingin secepatnya kan, bisa pergi ke kantor atau sekolah dengan normal seperti dulu? Yuk, vaksin secepatnya! Patuhi juga protokol kesehatan, dan yang paling penting, jaga kondisi tubuh baik-baik ya. Physically and mentally! Karena agar kasus COVID-19 di Indonesia ini cepat menurun, semua harus berperan serta, dimulai dari awareness kita sendiri. Semakin cepat kita mau bekerjasama, semakin cepat Indonesia dapat menyusul seperti ketiga negara di atas!

 

Image : Freepik.com, Getty Image, Bloomberg, CNN, Reuters, 3BL Media.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment