banner-detik

fitnfab

Kalau Pandemi Covid-19 Masih Berlangsung Hingga Beberapa Tahun, Apa yang Akan Terjadi?

seo-img-article

Perubahan drastis apa saja yang bisa terjadi jika Pandemi Covid-19 terus berlangsung? 

Pandemi Covid-19 tak juga kunjung berhenti. Sadar nggak sadar, akan ada banyak hal yang berubah semenjak pandemi ini dimulai. Bagaimana jadinya kalau Covid-19 tetap berlangsung hingga bertahun-tahun? Sebetulnya, ada dua sisi, baik yang positif maupun yang negatif dari terjadinya hal ini. So, berikut adalah beberapa perubahan yang akan terjadi apabila pandemi ini terus berlangsung selama beberapa tahun!

1. Banyak Kantor yang Tutup Sejak Pandemi

Stress di kantor

Selama pandemi Covid-19, banyak kantor yang nggak boleh beroperasi alias tutup. Itu sebabnya, semenjak pandemi istilah WFH atau work from home sering digunakan. Memang sih, masih ada beberapa kantor yang terpaksa harus buka akibat beberapa bisnis nggak memungkinkan untuk dikerjakan dari rumah. Tapi bagi mereka yang bisa beroperasi secara digital atau mobile, sadar bahwa perusahaan sebetulnya nggak lagi memerlukan kantor tetap, sehingga perusahaan bisa mengirit banyak biaya, seperti sewa gedung, listrik, dan maintenance lainnya. Hal ini mungkin terjadi, karena bahkan Google dan Facebook sendiri mengumumkan bahwa seluruh karyawan mereka nggak perlu datang ke kantor hingga tahun 2021.

2. Gaya Pekerjaan akan Berubah

Young woman working office.

Semenjak Covid-19, model pekerjaan akan banyak yang berubah. Segala jenis pekerjaan yang bisa dilakukan secara mobile melalui jaringan internet akan diterapkan supaya bisa diakses di manapun dan kapanpun. Itu sebabnya perusahaan harus beradaptasi menghadapi perubahan ini. Peningkatan jumlah e-commerce juga akan meningkat semenjak pandemi, sebab banyak yang mulai beralih ke dunia online untuk melakukan transaksi!

Baca juga: Hal yang Boleh dan Nggak Boleh Kamu Lakukan Saat Social Distancing

3. Ibukota jadi Sepi

Jakarta_city_S

Salah satu alasan ibukota Jakarta selalu ramai, karena banyak mereka dari kota lainnya yang ingin berada dekat dengan lapangan pekerjaan. Hal ini akan berbeda ketika pekerjaan bisa dilakukan di mana saja melalui jaringan internet. Orang-orang akan lebih memilih menempati daerah yang lebih sepi dan tenang, dibandingkan tinggal di daerah perkotaan yang ramai dan macet.  Lebih baik membeli rumah besar tapi di daerah yang sepi, dibandingkan membeli apartemen kecil di daerah perkotaan yang ramai, sebab jarak antara rumah ke tempat kerja bukanlah lagi sebuah masalah setelah pandemi Covid-19 selesai. Itu berarti, kemacetan kota akan berkurang, dan kamu bisa bekerja di manapun kamu mau, bahkan di pinggir pantai sekalipun!

4. Kesempatan Kerja Lebih Baik

Thoughtful woman making notes and sitting on bench outdoors

Baca juga: Masker Mana yang Sebetulnya Ampuh untuk Menangkal Virus?

Kalau kamu nggak perlu berada di kantor, itu berarti kesempatan kamu untuk apply ke perusahaan-perusahaan impianmu bisa menjadi kenyataan. Name which company that you want: baik Google, Facebook, maupun perusahaan besar lainnya di belahan manapun di dunia bisa menerima kamu jikalau kamu memang qualified. Kamu nggak perlu lagi repot-repot mengurus visa, nggak perlu lagi meninggalkan orang terdekat dan tersayang untuk bisa bekerja di suatu tempat. Semuanya bisa dilakukan secara online!

Berikut adalah beberapa perubahan besar yang bisa terjadi, jika Covid-19 terus berlangsung. Harapannya, virus Covid-19 bisa segera berlalu, tapi orang mulai sadar melakukan beberapa perubahan yang ada di atas.

Gimana menurut kamu? Apakah beberapa perubahan tersebut bisa berhasil dilakukan di masa depan? Share di komen ya!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment