banner-detik

beauty school

WAJIB TAHU! 5 Ingredients Ampuh yang Bisa Bikin Kulit Awet Muda

seo-img-article

Usaha apa saja sih yang sudah kamu lakukan untuk bikin kulit awet muda? Masih mencari cara yang tepat? Cek 5 ingredients ampuh ini!

Siapa sih yang nggak pingin kulitnya kelihatan awet muda? Jauh dari kerutan, age spots, dan juga kulit kendur. Nah, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, mulai dari rutin menggunakan skincare, jaga gaya hidup, hingga melakukan berbagai treatment kecantikan.

Nah, kali ini saya ingin share beberapa ingredients ampuh yang memang sudah dipercaya dan diakui oleh dermatologis, mampu membantu bikin kulit jadi awet muda.

Baca juga: Cek Gaya Hidup yang Bisa Bikin Kita Awet Muda!

1. Sunscreen

sunscreen kulit awet muda

Sunscreen tentunya ada di peringkat pertama kalau kita membahas soal cara mencegah penuaan pada kulit. Dengan mengaplikasikan sunscreen secara teratur, kulit kita akan lebih terlindungi dari paparan sinar UV yang memang jadi salah satu faktor utama penyebab penuaan.

Apalah artinya rangkaian skincare kita yang berlapis-lapis apabila tidak menggunakan sunscreen di siang hari. Bisa jadi krim anti-aging kalian yang harganya berjuta-juta itu juga kerjanya akan menjadi sia-sia, lho.

Baca juga: PENTING! 5 Rekomendasi Sunscreen untuk Ibu Hamil

Sun spots, kerutan, kulit kusam dan lebih cepat kehilangan kolagen merupakan beberapa hal yang bisa terjadi apabila kulit kita sering terpapar sinar UV. Maka dari itu, penggunaan sunscreen akan membantu mencegah atau meminimalisir hal itu terjadi pada kulit kita.

 

2. Salmon DNA

Salah satu ingredient yang memang baru-baru ini kembali ramai jadi perbincangan adalah Salmon DNA. Apalagi setelah mendengar Krisdayanti melakukan treatment injeksi Salmon DNA hingga menghabiskan biaya sampai 1M, jadi semakin banyak orang yang penasaran sama khasiatnya.

DNA Salmon yang digunakan sebagai ingredients dari skincare ataupun untuk sebuah treatment kecantikan, biasanya merupakan ekstrak dari sperma salmon yang telah diteliti sebagai sel yang paling cocok buat memperoleh DNA murni tanpa efek samping.

Baca juga: Benar Nggak Sih DNA Salmon Bisa Bikin Kulit Glowing?

Fungsi utama dari DNA salmon ini adalah bisa untuk membantu memperbaiki jaringan kulit, anti-inflamasi, meningkatkan elastisitas, menyembuhkan luka, hingga bisa bantu permasalahan jerawat di kulit.

salmon dna treatment

Selain skincare yang mengandung DNA salmon di dalamnya, kamu juga bisa memilih treatment injeksi, seperti Dual Cell Complex (DCC) di Maharis Clinic. Treatment ini tuh merupakan kombinasi treatment terbaru di Maharis Clinic yang memiliki banyak manfaat.

DCC merupakan kombinasi 3 steps PicoGenesis Laser, Rejuran Salmon DNA serta Skin Booster, yang pastinya bisa membantu memperbaiki kerusakan sel hingga tingkat DNA, merangsang produksi kolagen, serta memperlambat proses penuaan.

maharis clinic

Ada tiga manfaat utama yang akan diberikan oleh DCC treatment ini, yaitu anti-aging, pore minimizer dan juga revitalisasi kulit. Dua minggu setelah treatment dilakukan, kita bakal merasa garis-garis jadi lebih samar, kulit jadi lebih plump, lembap, kencang, cerah, dan noda hitam tersamarkan. Pori-pori wajah juga jadi lebih halus, sehingga treatment ini juga cocok banget buat kamu yang punya masalah sama bekas jerawat apalagi yang sampai meninggalkan scar.

Ada dua teknik yang biasanya dilakukan oleh dokter-dokter di Maharis Clinic. Pertama cairan akan disuntikkan pada titik-titik tertentu di seluruh wajah sehingga biasanya menimbulkan bintik-bintik pada kulit (hal yang normal dan akan hilang seiring waktu), serta cara kedua adalah dengan menggunakan cannula needle yang tidak akan meninggalkan bekas bintik pada wajah.

Buat kamu yang punya pain resistance rendah, saya sih menyarankan untuk meminta teknik cannula needle, karena rasa sakitnya adalah 3/10 dibanding dengan teknik yang satunya.

 

3. Retinol

Pastinya udah nggak asing lagi lah ya sama ingredients yang satu ini. Retinol atau turunan vitamin A ini memang bisa dibilang the gold standard in anti-aging. Kemampuannya untuk membantu mempercepat pergantian sel kulit ini memang menjadi salah satu hal yang bisa bantu mengatasi isu-isu penuaan kulit, seperti garis halus, kerutan, dark spots, hingga jerawat.

Retinol juga dipercaya bisa membantu meningkatkan produksi kolagen, sehingga kulit akan menjadi lebih kenyal, kencang dan tekstur akan jadi lebih baik seiring penggunaannya. 

Karena sifatnya yang cukup agresif, pastikan kamu mengetahui kekuatan kulit sendiri ya. Kalau memang tidak bisa menggunakan retinol setiap hari, jangan dipaksakan karena ingin mendapatkan hasil yang cepat. Hasil yang baik juga bisa tetap diperoleh dengan menggunakan retinol 2-3 kali seminggu kok. 

 

4. Vitamin C

Ingredients yang paling banyak memiliki studi ilmiahnya ini memang mengandung antioksidan yang baik untuk membantu kita untuk mendapatkan kulit awet muda. 

Selain bisa membantu melindungi kulit dari paparan radikal bebas, vitamin C juga bisa digunakan secara efektif untuk bantu atasi bintik hitam dan juga mencerahkan wajah. 

Perlu diingat, persentase vitamin C yang semakin tinggi pada produk belum tentu bisa membuat kulit kita semakin sehat, lho. Karena kembali lagi, kulit setiap orang berbeda-beda dan bisa jadi kulit kamu malah akan jadi iritasi kalau menggunakan produk dengan kadar vitamin C yang terlalu tinggi. So, be mindful!

 

5. Ceramides

Sebenarnya saya ingin memasukkan glycolic acid ke dalam top 5 ingredients ini. Tapi, kadang kita suka lupa bukan hanya active ingredients yang agresif saja yang bisa bantu mengatasi penuaan wajah. Kalau skin barrier yang tidak terjaga dengan baik, otomatis kulit akan kehilangan kadar air, mudah rusak, sehingga wajah jadi kusam, kering dan pastinya akan terjadi lah penuaan dini.

Untuk mengatasi permasalah ini, produk dengan kandungan ceramide bisa jadi salah satu kunci terbaik. Ceramide yang sebenarnya secara alami sudah terdapat pada tubuh kita ini, ternyata bisa digunakan untuk mengikat kelembapan pada kulit sehingga tanda-tanda penuaan seperti kulit kering, kusam dan tidak lagi kenyal bisa teratasi dengan baik.

 

Nah itu dia 5 ingredients ampuh yang bisa membantu bikin kulit kita jadi lebih awet muda. Mana nih yang jadi andalan kalian buat mengatasi aging pada kulit?

 

Images: Freepik.com, Dok. Maharis, Dok. Votre Peau.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment