Lifestyle

Mengenal Mercury Retrogade, Apa Sih Maksud dan Efeknya untuk Kita?

seo-img-article

Merasa gelisah dan resah akhir-akhir ini? Banyak hal-hal yang tidak diinginkan menumpuk secara bersamaan? Ini bisa jadi efek dari Mercury Retrogade yang sedang terjadi sekarang!

Mungkin kamu sadar akhir-akhir ini banyak yang heboh soal Mercury Retrogade. Seakan-akan banyak hal buruk dan tidak diinginkan terjadi di saat yang bersamaan. Atau mungkin kamu sendiri sering merasa frustasi dan gelisah belakangan ini? Jangan menyalahkan diri sendiri karena karena ini bukan hanya kebetulan belaka, melainkan karena adanya Mercury Retrogade ini. Baca terus yuk, untuk mengetahui lebih lanjut tentang peristiwa ini!

Jadi sebenarnya apa sih Mercury Retrogade itu?

Secara literal Mercury Retrogade ini artinya “Mercury berjalan mundur”, alias planet Merkurius sedang “jalan mundur”. Nah kok bisa sebuah planet bergerak secara mundur? Sebuah planet kan selalu berotasi sesuai putaran orbit yang konsisten? Tenang, jangan panik, karena kalau itu benar terjadi itu adalah hal yang sangat menyeramkan! Planet Merkurius tidak betulan berjalan mundur kok, namun ini semua hanyalah sebuah ilusi optik yang membuat Merkurius “terlihat mundur” karena efek relativitas waktu. Gerakan inilah yang disebut dengan Retrogade, dimana sebuah planet terlihat seperti bergerak ke arah yang berlawanan, walaupun sebenernya pergerakan planet tetap normal.

Baca juga:Apa Sih Bedanya Sun, Moon, dan Rising Sign di Dunia Zodiak?

Kapan Mercury Retrogade ini dapat terjadi?

Gerak Retrogade ini dapat terjadi 3 sampai 4 kali dalam setahun. Mengapa begitu? Karena Merkurius hanya membutuhkan 88 hari untuk mengelilingi matahari, tak seperti Bumi yang butuh 365 hari. Jadi pada titik tertentu, perputaran orbit Merkurius akan berjalan terlalu cepat hingga menyalip Bumi.

Di tahun 2021 ini, peristiwa ini akan terjadi pada tanggal 30 Januari-20 Februari, 29 Mei-22 Juni, dan 27 September-17 October. So yes, sekarang ini kita sedang mengalami Mercury Retrogade! Nah, jadi apa sebenarnya efek dari peristiwa ini sih? Kenapa banyak yang seakan-akan takut dan resah pada periode Mercury Retrogade?

Apa efek dari Mercury Retrogade untuk manusia?

Sama dengan bagaimana bulan purnama atau gerhana bulan sering dipercaya untuk mempengaruhi aktivitas manusia, Mercury Retrogade ini juga dipercaya memiliki dampak dan efeknya tersendiri. Di dunia astrologi sendiri, Merkurius dipercaya sebagai simbol komunikasi, intelijen/teknologi, dan waktu. Oleh karena itu saat Mercury Retrogade terjadi, ada kemungkinan besar bahwa hal-hal tersebut akan tergoyah. Yang umumnya dikenali banyak orang adalah efeknya terhadap hambatan komunikasi, gangguan teknologi, dan pengaturan atau penundaan waktu. Hal-hal ini pun pastinya akan berdampak pada keseharian kamu, seperti pertemanan, hubungan asmara, pekerjaan, dan lain-lain. Walaupun peristiwa ini berdampak pada semua, menurut ahli astrologi, kalian yang memiliki zodiak Gemini, Virgo, Sagittarius, atau Pisces akan mengalami dampak yang paling chaos dibandingkan dengan zodiak lainnya. Tapi tetap jangan panik! Kalian bisa ikuti tips-tips berikut agar menghindari kemungkinan dampak buruk dari Mercury Retrogade.

Tonton juga:Interogasi Duo FD Babes yang Zodiaknya Gemini!

Apa yang harus kita lakukan saat Mercury Retrogade terjadi?

Sekarang kita sudah mengerti apa sebenarnya Mercury Retrogade ini beserta efeknya, mau secara ilmiah ataupun astrologi. Pertanyaan selanjutnya yang mungkin paling diantisipasi adalah, apa yang kita harus (dan jangan) lakukan saat periode ini terjadi? Simak hal berikut!

Hindari membuat keputusan penting

Salah satu hal yang harus dihindari pada waktu ini adalah membuat keputusan yang besar atau penting secara lalai. Jangan terburu-buru dalam keputusan berbicara atau melakukan sesuatu agar tidak ada penyesalan nantinya, apalagi kalau keputusan yang berjangka panjang. Hindari sebisa mungkin keputusan impulsif dan besar seperti mentandatangani kontrak atau membeli barang mahal seperti gadget, mobil, dan lain-lain.

A time to reflect

Dengan berbagai prasangka buruk yang ada seputar Mercury Retrogade, kita tetap bisa mengambil sisi positif yang ditawarkannya. Kita dapat meluangkan waktu untuk rehat sejenak dan renungkan hal-hal yang sedang atau telah terjadi dalam hidup kita. Dengan segala kesibukan kamu pasti kamu sering lupa kan, untuk sit back and relax dan benar-benar mencerminkan diri kamu, mau itu secara personal atau profesional. Waktu ini bisa menjadi kesempatan yang pas buat kamu untuk ‘remember and reconnect’. Tidak hanya dengan diri sendiri, bisa dengan kerabat atau orang lain pula. Masa-masa Mercury Retrogade juga dipercaya untuk mengingatkan kamu akan masa lalu. Teman-teman lama, mantan kekasih, atau mimpi dan ide lama mungkin akan kembali ke ingatan kamu. Jadi ini adalah waktu yang tepat untuk meninjau ulang hal-hal tersebut. Reflect, reconnect, dan kalau kamu mau, reunite!

Selalu teliti dan triple-check!

Mercury Retrogade ini dapat mempengaruhi banyak hal tanpa sepengetahuan kamu. Oleh karena itu, penting untuk kamu menjadi ekstra teliti dalam masa-masa ini. Mau itu dari aktifitas sehari-hari, tugas sekolah, ataupun kerjaan di kantor, disarankan semua kamu triple-check dan yakinkan bahwa semua sudah tertata rapih. Cek lagi semua email, laporan, tugas, dan detil-detil lainnya yang penting. Organisasikan dengan baik semua jadwal dan keperluan kamu, agar tidak terjadi kesalahan apapun.

Meski terkenal dengan reputasi buruknya, dampak Mercury Retrogade ini tidak selalu fatal kok. Ini hanya siklus tahunan yang memberi kesempatan bagi kita untuk tekan “pause” dan mencerminkan hidup kita masing-masing. Jadi jangan khawatir dan jangan takut, selama kamu berhati-hati dalam berkata dan bertindak, kamu pasti bisa melalui masa periode ini!

 

 

Image : Freepik.com, Adobe, Stocksnap

raiagumay

raiagumay

-

Slow Down

Please wait a moment to post another comment