banner-detik

skin care

5 Skincare Lokal untuk Mengatasi Jerawat Membandel

seo-img-article

Kulit jadi berjerawat setelah Lebaran? Coba produk-produk lokal di bawah ini untuk mengatasinya!

Lumayan banyak orang yang mengalami permasalahan kulit setelah Lebaran. Karena memang saat Lebaran, kita cenderung makan makanan yang berminyak dan bersantan, dengan tidak terkontrol. Lalu juga karena pandemi, mungkin banyak yang masih harus bersilaturahmi offline selama Lebaran, sehingga harus pakai make up dan masker seharian. Belum lagi, sepanjang bulan puasa banyak dari kita yang skip olahraga.

Sekarang karena Lebaran sudah lewat, saatnya kita merawat diri lagi. Perbaiki pola makan, dan tentu saja pakai skincare yang tepat untuk mengatasi permasalahan jerawat di kulit kita. Untuk skincare, produk lokal di bawah ini bisa dijadikan referensi untuk kamu yang sedang berjuang menghalau jerawat.

Indoganic Camellia Cleansing Oil

Kalau untuk mengatasi jerawat, cleanser yang baik adalah salah satu hal yang sangat penting. Kotoran dan makeup yang menyumbat pori, seringkali adalah penyebap utama kulit kita berjerawat. Makanya membersihkan muka dengan benar dan dengan produk yang tepat, bisa menjadi salah satu solusi untuk kulit berjerawat. Selain mengandung Camellia Oil, Avocado Oil, dan Squallane Oil, Indoganic Camellia Cleansing Oil ini juga dilengkapi dengan Tamanu Oil yang memang terkenal dengan khasiatnya sebagai oil untuk mengatasi masalah jerawat.

Lalu tekstur Indoganic Camellia Cleansing Oil ini juga pas, enak untuk dipijit-pijit ke wajah, dan meminimalisir gesekan kasar antara jari tangan dengan kulit wajah sehingga tidak memperparah jerawat. Dan jangan khawatir, proses emulsify-nya mudah kok! Indoganic Camellia Cleansing Oil ini akan dengan mudah luruh dari kulit beserta dengan kotoran-kotoran yang melekat dikulit, nggak ada residu minyak yang tersisa di kulit.

Avoskin Your Skin Bae Salicylic Acid 1% + Zinc + Tea Tree Toner

Exfoliating toner dengan kandungan BHA atau Salicylic acid, bisa membantu mengeksfoliasi sel kulit mati sampai ke pori-pori. Jadi kulit lebih bersih dan pori-pori pun nggak tersumbat. Otomatis jerawat dan komedo juga enggan mampir. Selain toner, Avoskin juga punya Avoskin Your Skin Bae Salicylic Acid 2% + Zinc Serum, yang bisa kita gunakan juga, kalau kita merasa butuh tambahan kandungan Salicylic acid lagi untuk eksfoliasi. Pastikan jangan lupa pakai hydrating toner atau hydrating serum setelahnya, agar kulit kita nggak kering.

Somethinc Bakuchiol Skinpair Oil Serum

Saya suka banget dengan face oil yang mengandung bakuchiol! Karena di kulit saya efektif melawan jerawat, tanpa bikin kulit jadi semakin kering. bakuchiol ini digadang-gadang sebagai pengganti retinol. Namun di saya pribadi, efek yang saya rasakan berbeda dengan retinol. Somethinc Bakuchiol Skinpair Oil Serum ini untuk saya lebih terasa efek anti-acne dan moisturizing-nya, dan juga menyamarkan kemerahan pada kulit yang meradang karena jerawat. Tekstur Somethinc Bakuchiol Skinpair Oil Serum ini adalah dry oil yang sangat ringan, melembapkan namun nggak lengket dan mudah meresap ke kulit.

Baca juga: Alasan Kamu Wajib Coba Somethinc Bakuchiol Skinpair Oil Serum

Kleveru Centella & Spirulina Green Mask

Clay mask adalah salah satu masker yang efektif membersihkan pori-pori dan menghaluskan tekstur kulit. Paling enak pakai clay mask sesudah seharian beraktifitas dan kulit rasanya kotor. Pemakaian clay mask ini bikin sensasi kulit terasa segar dan sangat bersih. Namun efek sampingnya, clay mask juga bikin kulit kering dan terasa ketarik.

Tapi berbeda dengan Kleveru Clay Mask ini. Clay mask dari Kleveru ini punya tekstur yang cenderung lebih creamy daripada clay mask pada umumnya. Rasanya pun nyaman di kulit dan nggak terlalu “mencengkram”, setelah dibilas nggak bikin kulit terasa kering, namun feel segar dan bersihnya tetap nyata dirasakan.

Untuk varian Kleveru Centella & Spirulina Green Mask, clay-nya menggunakan French green clay yang memang ditujukan untuk kulit berminyak, juga kaolin, dan bentonite. Ada tambahan chemical exfoliator, yaitu AHA dan BHA untuk membantu mengangkat sel kulit mati dan melawan jerawat. Lalu ditambahkan juga beberapa ingredient untuk melawan jerawat dan menenangkan kulit, seperti Spirullina, Niacinamide, Centella asiatica, dan Allantoin.

Teratu Beauty Intensive Acne Solution

Dan terakhir adalah produk yang banyak dijadikan andalan untuk membasmi jerawat membandel, Teratu Beauty Intensive Acne Solution! Obat totol jerawat yang satu ini banyak banget dapet review positif dari penggunanya. Mengandung sulfur dan BHA (Salicylic acid) yang memang ampuh untuk mengeringkan dan mengatasi jerawat. Bukan favorit saya karena side effect-nya bikin kulit di sekitaran jerawat ikut mengering, tapi jadi senjata pamungkas kalau treatment dengan skincare lain sudah nggak mampu mengatasi jerawat saya.

 

Mengatasi jerawat memang nggak instan. Tapi kalau kulit rajin dirawat dengan produk yang tepat, jaga asupan makanan, dan rajin berolahraga, pelan tapi pasti kulit kita akan membaik dan jerawat pun hilang.

 

Image: Dok. Female Daily/Arum

Slow Down

Please wait a moment to post another comment