skin care

Wajib Tahu! Ini Dia Penyebab Noda Gelap di Wajah!

seo-img-article

Memiliki wajah mulus tanpa noda memang impian semua manusia. Namun sayangnya, itu bukan hal yang mudah didapat.

Nothing is perfect. Begitu juga dengan wajah. Ada yang jarang jerawatan, tapi kulitnya sangat sensitif. Ada juga yang tampak normal dan jarang bermasalah, tapi kulitnya mudah terlihat kusam. Ada juga yang mulus dan nggak berjerawat, tapi tetap saja memiliki dark spots atau noda-noda gelap. Nah, masalah terakhir ini ternyata banyak yang mengalami, lho! Noda gelap adalah salah satu masalah kulit yang cukup sering dijumpai dan banyak orang ingin bisa mengatasinya dengan baik. Kira-kira apa saja ya penyebab noda gelap di kulit wajah?

­Paparan sinar matahari

Banyak terpapar sinar matahari di luar rumah adalah salah satu penyebab utama munculnya noda gelap di wajah. Nggak heran kalau orang yang sering beraktivitas di outdoor lebih mudah mendapatkan noda gelap di kulit mereka. Bahkan nggak hanya bisa menciptakan noda gelap dan kulit yang terbakar, sinar matahari juga dapat menyebabkan kanker kulit!

Untuk itu, penting banget menggunakan sunscreen setiap hari, terutama ketika melakukan aktivitas di luar rumah yang banyak bertemu dengan sinar matahari. Pastikan sunscreen yang kamu gunakan minimal memiliki SPF 30 atau di atasnya. Selain menghindari kulit wajah yang gosong, juga bisa mengantisipasi supaya nggak menghasilkan noda gelap.

Baca juga: 3 Rekomendasi Serum Jerawat dengan Kandungan Niacinamide

Kurang asupan vitamin

Kalau kamu jarang minum vitamin, atau justru nggak pernah, maka mulai saat ini kamu bisa membiasakan diri untuk minum vitamin. Faktanya, vitamin nggak cuma bikin sehat tubuh saja, tapi juga bisa menyehatkan kulit dari dalam tubuh. Penting banget untuk mengonsumsi vitamin secara rutin. Pastikan kamu mengonsumsi vitamin B12, K, dan vitamin E untuk mencegah noda-noda gelap datang lebih mudah.

Baca juga: 3 Moisturizer Lokal untuk Bikin Kulit Glowing dan Lembut

Bekas jerawat yang susah hilang

Penyebab yang paling sering muncul adalah karena bekas jerawat yang nggak bisa hilang. Biasanya setelah timbul jerawat, beberapa yang sulit dihilangkan bekasnya akan menimbulkan bekas kecokelatan atau bahkan hitam, yang dapat mengganggu penampilan dan bikin kamu nggak percaya diri. Tapi nggak perlu khawatir, kamu bisa mengatasinya dengan secara rutin mengaplikasikan produk skincare yang mengandung vitamin C, Alpha Arbutin, Niacinamide, licorice extract, atau kojic acid yang dapat menghilangkan noda-noda gelap akibat bekas jerawat, sekaligus membantu meratakan warna kulit dan menjaga kulit tetap cerah.

Baca juga: 5 Brightening Serum Lokal Ini Ampuh untuk Bikin Kulit Glowing!

Itulah beberapa penyebab timbulnya noda-noda gelap di kulit, yang perlu kamu tahu! Meskipun noda-noda gelap tersebut sudah hilang, kamu tetap wajib menggunakan sunscreen, minum vitamin, serta makan makanan bernutrisi ya, supaya kondisi kulit tetap sehat dan noda gelapnya bisa dicegah agar nggak muncul lagi. Pastikan juga kamu nggak sering memencet-mencet jerawat ya, karena itu bisa bikin bekasnya lebih susah hilang!

 

Image: Dok. Female Daily Network, Freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment