banner-detik

fitnfab

5 Tips Puasa Lancar Tanpa Bau Mulut, Sariawan, dan Radang Tenggorokan

seo-img-article

Kalau tahun lalu, mungkin kita nggak terlalu memusingkan bau mulut saat sedang berpuasa ya? Soalnya tahun lalu kan masih full WFH atau #DiRumahAja. Tapi tahun ini, pelan-pelan aktivitas kita kembali seperti biasanya dengan rotasi masuk kantor selang-seling.

Salah satu hal yang bikin kita enggan berbicara saat bulan puasa adalah bau mulut. Hal ini wajar saja terjadi, mengingat kita akan mengalami dehidrasi, sebab kurang minum. Nggak hanya permasalahan bau mulut, kadang ketika berpuasa kita juga bisa mengalami radang tenggorokan, karena leher yang terlalu kering. Belum lagi, ketika buka puasa makanan yang dikonsumsi terlalu banyak minyak dan panas.

Baca juga: 6 Manfaat Minum Air Putih untuk Kecantikan

Untuk menghindari bau mulut, radang tenggorokan ataupun sariawan saat berpuasa, ini 5 hal yang bisa kamu lakukan.

Saat sahur, hindari mengkonsumsi makanan yang memiliki bau menyengat, pedas, berminyak ataupun mengandung santan. Jadi usahakan saat sahur, konsumsilah makanan yang segar, seperti buah dan sayur-sayuran. Rekomendasi makanan yang baik dikonsumsi saat sahur dan buka puasa, bisa kalian baca di sini ya.

Baca juga: Rekomendasi Sleeping Mask Agar Kulit Terhidrasi dan Cerah Selama Bulan Puasa

Kemudian, kalau bisa usahakan untuk banyak mengkonsumsi air putih di pagi hari. Kemudian ketika berbuka, ada baiknya konsumsi air putih terlebih dahulu, sebelum minum teh manis panas atau hangat. Supaya bisa meredakan rasa kering dileher dan nggak bikin radang tenggorokan. Saat tengah hari, nggak ada salahnya untuk rajin berkumur atau gosok gigi dan juga sikat lidah. Hal ini bertujuan untuk menyegarkan mulut dan membunuh bakteri yang ada di mulut.

Baca juga: Cara Olahraga Pas Puasa yang Aman dan Sehat

Selain tiga hal di atas, masih ada yang bisa kamu lakukan untuk menghindari terjadinya bau mulut, radang tenggorokan dan sariwan saat sedang berpuasa. Tips lainnya bisa kamu baca di artikel ini ya.

Semoga tips ini membantu kalian untuk tetap lancar berpuasa dan menjaga kesehatan badan.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment