banner-detik

fitnfab

Cara Olahraga Pas Puasa yang Aman dan Sehat

seo-img-article

YOGA - PERAWATAN KECANTIKAN DI RUMAH

Buat kamu yang tetap ingin melakukan olahraga pas puasa, berikut adalah beberapa hal yang harus kamu perhatikan!

Berhubung beberapa bulan ini kita lagi #dirumahaja, ada nggak sih yang ngerasa badan super pegal dan kaku? Itu sebabnya, penting bagi kita untuk tetap melakukan olahraga supaya badan tetap sehat dan bugar, terutama di masa pandemi seperti ini! Tapi, berhubung saat ini kita sedang menjalani bulan puasa, tentunya olahraga pas puasa juga nggak bisa sembarangan. So, berikut adalah beberapa tips olahraga aman dan sehat walau di bulan puasa:

Lakukan Olahraga yang Ringan

Kalau kamu biasanya tim olahraga sampai banjir keringat, mungkin saat ini bukan momen yang tepat untuk melakukan hal itu. Selama bulan puasa, penting bagi dirimu tetap menjaga hidrasi di dalam tubuh, itu sebabnya lebih baik pilih olahraga yang ringan. Salah satu olahraga ringan yang bisa kamu lakukan adalah jogging. Kamu juga bisa coba olahraga seperti yoga dan pilates yang nggak terlalu mengeluarkan keringat.

Olahraga untuk Maintain, Bukan Menurunkan Berat Badan

Olahraga pas puasa, sebaiknya dilakukan untuk menjaga berat badan dan kebugaran tubuh kamu, bukan untuk menurunkan berat badan. Di bulan puasa kamu akan membutuhkan energi yang lebih. Jadi, melakukan olahraga cardio untuk menurunkan berat badan bukanlah pilihan yang tepat untuk saat ini.

yoga kerja dari rumah

Baca juga: 6 Resep Minuman Manis dan Segar Selama Bulan Puasa

Lakukan Olahraga Setelah Iftar

Waktu terbaik untuk kamu melakukan olahraga adalah minimal satu jam setelah iftar. Isi perutmu terlebih dahulu dengan makanan secukupnya, kemudian tunggu satu jam atau lebih sebelum melakukan olahraga. Selain kamu akan mendapat energi, kamu nggak akan merasa mual akibat semua makanan yang kamu makan. Kamu bisa juga berbuka dengan yang ringan terlebih dahulu saat iftar. Seperti mengonsumsi pisang sebelum berolahraga, kemudian lanjut kembali makan makanan berat setelah melakukan olahraga.

Perhatikan Durasi Berolahraga

Di hari-hari pertama kamu berolahraga di bulan Ramadhan, sebaiknya kamu start-off-slow dengan melakukan olahraga selama 30 menit terlebih dahulu. Durasi kamu berolahraga bisa bertambah seiring berjalannya waktu, sesuai dengan kebutuanmu. Hal ini dilakukan untuk mencegah supaya badan kamu nggak ‘kaget’ berolahraga ketika lagi menjalani ibadah puasa.

3 Tips Memilih Sportswear yang Tepat untuk Olahraga Favoritmu

Konsumsi Nutrisi yang Seimbang

Protein akan menjadi sumber energi utama ketika kamu berolahraga. Akan lebih baik juga kalau kamu mengonsumsi smoothies yang mengandung sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian, atau peanut butter yang akan membantu kamu memperoleh energi. Selain itu, mengonsumsi makanan yang bantu menjaga hidrasi juga penting. Kamu bisa coba mengonsumsi air kelapa dan makanan berkuah sebagai air tambahan untuk tubuhmu.

JERAWAT DI PUNGGUNG KARENA SUKA OLAHRAGA 3 - 550

Baca juga: Bikin Kulit Glowing Selama Puasa dengan 5 Rekomendasi Serum Korea Ini!

 So, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan kalau ingin olahraga pas puasa. Jangan lupa kalau segala sesuatunya harus seimbang. Jangan terlalu berlebihan, tapi jangan juga kurang. Lastly, selamat menunaikan ibadah puasa!

 

Foto: Dok. medium.com, livehealthy.ae, cnn.com, dietian.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment