banner-detik

skin care

Berbagai Cara Menggunakan Rosehip Oil untuk Bikin Kulit Kenyal dan Sehat

seo-img-article

Rosehip oil adalah salah satu minyak yang sangat versatile di dunia kecantikan. Kamu bisa menggunakannya di wajah sekaligus tubuh!

Ada banyak sekali manfaat rosehip oil bagi kulit, di antaranya mampu memberikan kelembapan mendalam, meningkatkan produksi kolagen, meminimalkan tampilan fine lines, serta membuat kulit tampak lebih cerah dan terlindungi. Itu karena rosehip oil sangat kaya vitamin A dan C yang memiliki banyak antioksidan, serta memiliki beragam fatty acid juga seperti oleic acid, palmitic acid, linoleic acid, dan gamma linolenic acid. Serunya, rosehip oil bisa digunakan oleh berbagai jenis kulit, karena dia nggak mudah menyumbat pori-pori. Minyak natural satu ini juga bisa dipakai dengan cara yang bervariasi, lho! Apa saja? Simak yuk!

Gunakan di wajah pada step terakhir skincare routine

Setelah menggunakan skincare step favoritmu, misalnya cleanser, toner, essence, serum, dan moisturizer, kamu bisa mengaplikasikan rosehip oil di step terakhir untuk mengunci kelembapan. Kalau kamu ingin memakainya di pagi hari, artinya bisa dipakai sebelum sunscreen. Buat kamu yang punya kulit berminyak, nggak perlu khawatir, rosehip oil termasuk nggak greasy dan bisa dipakai oleh semua jenis kulit. Biar nggak terlalu berat di wajah, kamu juga bisa memakai rosehip oil sebagai pengganti moisturizer. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Parfum Eropa yang Wanginya Enak dan Harganya Terjangkau untuk Kamu Coba!

Campurkan dengan toner sebagai skip-care

Sedang terburu-buru atau nggak suka layering skincare terlalu banyak? Kamu bisa coba mencampur rosehip oil dengan hydrating toner favoritmu. Tuangkan cairan hydrating toner ke telapak tangan, tambahkan sedikit rosehip oil, aduk rata dengan jari yang bersih, lalu tepuk-tepuk di wajah dan leher sampai merata. Kamu juga bisa menyemprotkan face mist atau toner ke wajah, lalu saat masih basah, tambahkan rosehip oil kemudian pijat secara merata. Kedua cara ini bisa membuat rosehip oil terasa lebih ringan, mudah meresap. Di sisi lain, toner atau face mist yang digunakan juga jadi lebih menghidrasi. Praktis, kulit langsung terasa lebih lembap, meskipun tanpa menggunakan serum dan moisturizer.

Aplikasikan pada area perut dan paha

Area perut dan paha sering terasa kering dan luput dari perhatian, padahal kulit area tersebut termasuk “luas”. Kamu bisa banget lho pakai rosehip oil pada perut dan paha untuk membantu mengencangkan kulit, membuat kulit lebih lembap, sekaligus membantu mencegah dan mengurangi tampilan stretch marks. Pada sebuah penelitian tahun 2013, moisturizer yang mengandung rosehip oil efektif mencegah munculnya stretch marks baru pada ibu hamil yang sudah punya stretch marks sebelumnya. Jadi, buat ibu hamil dan menyusui, rosehip oil adalah produk kecantikan yang wajib dimiliki.

Baca juga: 5 Skincare Lokal yang Wajib Dicoba oleh Pemilik Kulit Berjerawat!

Padukan dengan body lotion

Cara ini sangat menyenangkan lho, pas untuk level-up your bodycare game. Sebab, body lotion apa saja, bahkan yang harganya murah meriah, bisa jadi terasa lebih maksimal fungsinya bila ditambahkan dengan beberapa tetes rosehip oil. Caranya cukup tuangkan body lotion di telapak tangan, lalu tambahkan dengan rosehip oil, aduk rata, lalu baurkan pada tubuh. Et voila! Body lotion kesayanganmu jadi terasa lebih melembapkan kulit, tanpa bikin kulit jadi greasy. Ini juga cara yang tepat kalau kamu punya kulit tubuh yang kering, tapi nggak suka memakai body oil atau body butter.

Baca juga: Ini 8 Manfaat Rosehip Oil yang Harus Kamu Tahu!

Pakai untuk melembutkan tumit dan siku yang kasar

Karena kaya fatty acid dan antoksidan, rosehip oil sangat baik untuk memulihkan kulit yang kasar dan rusak seperti pada area tumit, siku, dan telapak kaki. Aplikasikan kapan saja pada area tersebut, terutama saat kamu merasa kering dan flaky, karena menggunakan body lotion saja biasanya nggak cukup untuk membuatnya lembut kembali. Kalau pakai di telapak kaki, kamu bisa menggunakan kaus kaki setelahnya, supaya kelembapannya lebih terkunci dan nggak terasa licin saat berjalan.

 

Nah, ada banyak kan cara menggunakan rosehip oil yang sekarang kamu tahu? Apakah kamu punya cara lainnya yang seru dan terbukti bisa memperbaiki tampilan kulit? Kalau iya, share di kolom komentar ya!

 

Foto: Dok. Female Daily, Trilogy, Everpure, Sukin, Freepik.com

 

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment