banner-detik

lifestyle

3 Tips Mudah Jadikan Indoor Plants Sebagai Dekorasi

seo-img-article

Menghias rumah bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan indoor plants! Selain terlihat bagus dipandang mata, menanam juga bisa jadi cara terbaik untuk self healing. 

Selain bisa memberikan kesegaran mata, tanaman juga bisa jadi aspek dekorasi dalam rumah yang unik. Berbagai jenis warna dan bentuk daun bisa kamu sesuikan dengan dekorasi rumah kamu! Kalau selama ini kita sering mengenal outdoor plants, ternyata ada beberapa jenis tanaman yang bisa ditanam di dalam ruangan. Kamu juga bisa berkreasi dengan tanaman melalui tips berikut ini.

Baca juga: Tanaman Hias yang Bawa Hoki di 2021!

1. Pilih konsepnya

Sebelum menyusun tanaman, kamu perlu tahu dulu konsep apa yang akan dikembangkan. Apakah konsep yang minimalis, semi garden atau rustic! Pertimbangkan juga bentuk tanaman yang diinginkan. Mulai dari besar kecilnnya ukuran dan akses sinar matahari yang didapat. Do your own research tentang apa saja jenis tanaman yang butuh sinar matahari yang cukup ya!

Baca juga: Tanaman Anti-nyamuk Wajib Ada di Rumah

2. Kenali tanamanmu

Kamu juga bisa mencari tahu jenis tanaman apa yang ingin dijadikan dekorasi. Apakah kaktus kecil yang minim pengairan atau tanaman merambat di dinding. Ada banyak jenis tanaman yang digunakan untuk kebutuhan yang berbeda.

Corner Plant. Peletakkan tanaman sangat cocok untuk sudut ruangan yang bersifat minimalis dan simple.

Center Plant. Kamu bisa meletakkan tanaman di ruangan yang jadi spot hunian. Bisa di ruang tamu atau keluarga dan berikan pot yang menarik ya!

Plant With A View. Tanaman bisa diletakkan di depan jendela kamar, lho. Selain mendapat sinar matahari yang cukup, kamu juga bisa lebih semangat lihat tanaman sehabis beristirahat.

Table Plant. Kamu ingin punya dekorasi yang berbeda di meja makan? Apalagi kalau ada acara spesial, kamu bisa meletakkan tanaman merambat di atas meja.

Mini Jungle. Peletakkan ini cocok banget buat kamu yang suka tanaman dengan ukuran besar. Bisa berupa pohon atau tanaman yang sudah berdaun lebat, seperti monstera, ketapang biola, ataupun kuping gajah.

Berbagai jenis tanaman bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Jangan ragu juga kalau mau pakai faux plants untuk seasonal decoration, ya. Karena biasanya faux plants tersedia dengan pot yang estetik sehingga bisa bikin dekorasi kamu jadi lebih meriah.

Baca juga : 3 Rekomendasi Tempat Beli Pop untuk Tanaman Hias 

3. Susun dengan baik

Setelah persiapannya sudah matang, waktunya kamu menyusun tanaman kamu. Bisa disesuaikan dengan color scheme masing-masing ruangan. Pilih juga pot dengan warna netral atau bernuansa kayu yang lebih netral. Perhatikan juga ya untuk perawatannya. Kamu bisa rajin mengelap daun pada beberapa tanaman agar tidak mudah berdebu, menyiramnya secara teratur dan memotong daun yang sudah mengering.

Itu tadi beberapa tips mudah bagi kamu yang ingin menjadikan tanaman sebagai dekorasi dalam rumah. Ceritakan juga ya apa tanaman favorit kamu di kolom bawah ini!

 

(image : unsplash.com)

Slow Down

Please wait a moment to post another comment