skin care

Kulit Iritasi? 5 Moisturizer Ini Bisa Membantu Mengatasinya!

seo-img-article

Pernah mengalami kulit iritasi, kemerahan, dan terasa kering? Kamu butuh moisturizer yang menenangkan dan sangat menghidrasi.

Penyebab kulit iritasi ada banyak sekali, misalnya karena over-exfoliating, pasca treatment di klinik kecantikan, sunburn, dan sebagainya. Saat pandemi ini, pemilik kulit kering dan sensitif juga bisa kebih mudah mengalami kulit iritasi akibat cuaca dingin atau stress. Kalau sedang iritasi begitu, pakai makeup apapun rasanya nggak akan nyaman dan hasilnya pun nggak akan bagus!

Sebaiknya, kamu stop dulu pemakaian ingredient yang powerful atau bersifat seperti AHA, BHA, dan retinol. Jangan terlalu banyak layering produk, hindari juga pemakaian facial scrub atau exfoliating pad supaya kamu nggak perlu gosok-gosok kulit wajahmu (yang bisa bikin makin iritasi). Yang sedang kamu butuhkan adalah “jeda” dan produk-produk yang hydrating, untuk mengembalikan kekuatan skin barrier-mu. Berikut beberapa rekomendasi moisturizer yang bisa melembapkan dan menenangkan kulit iritasi.

1. Mamonde Blue Chamomile Soothing Cream

MOISTURIZER UNTUK MENENANGKAN KULIT IRITASI - MAMONDE BLUE CHAMOMILE SOOTHING REPAIR CREAM

Moisturizer satu ini punya kemampuan menenangkan kulit iritasi yang sangat baik. Nggak cuma lembap, kemerahan juga lenyap, rasa perih hilang, dan kulit terasa lebih halus. Itu berkat kandungan Blue Azulene di dalamnya, yang berpadu dengan 5 jenis Hyaluronic Acid berbeda. Produk ini juga non-comedogenic dan hypoallergenic. Di kulit saya, ini sangat ampuh mengatasi kulit yang lagi rewel karena kering, pasca laser treatment di klinik, atau karena nggak cocok dengan suatu ingredient skincare yang baru dicoba. Wajib banget dimiliki kalau kamu punya kulit sensitif yang mudah reaktif.

Baca juga: Beautypedia: Azulene, Ingredient Berwarna Biru untuk Menenangkan Kulit Sensitif

2. Dr.Jart+ Cicapair Tiger Grass Cream

MOISTURIZER UNTUK MENENANGKAN KULIT IRITASI - DR.JART+ CICAPAIR TIGER GRASS CREAM

Nggak mengherankan kalau rangkaian Dr.Jart+ Cicapair jadi favorit banyak orang untuk mengatasi kulit sensitif, karena kandungannya adalah Centella RX (gabungan Centella Asiatica, houttuyniae extract, yarrow oil, dan ilex coarnuta) yang punya efek soothing dan calming, mampu menguatkan dan menyeimbangkan kulit, mengembalikan kelembapannya. Krim ini juga mengandung kalsium dan magnesium untuk mengembalikan sel kulit yang rusak serta melindungi dari efek lingkungan yang buruk.

Baca juga: Apakah Kamu Over-exfoliating? Ini Tandanya dan Cara Mengatasinya!

3. Bioderma Atoderm Creme

MOISTURIZER UNTUK MENENANGKAN KULIT IRITASI - BIODERMA ATODERM CREME

Ini juga merupakan moisturizer favorit saya kala kulit kering dan sensitif melanda. Sangat, sangat hydrating, dan lembapnya tahan lama. Kalau dipakai sebelum tidur, saat pagi harinya kulit masih sangat lembap. Moisturizer yang bisa dipakai di wajah sekaligus tubuh ini bahkan bisa membantu mengatasi eczema. Tanpa pewangi, non-comedogenic, dan memiliki formula The Skin Protect Complex yang akan melindungi skin barrier, menjaga kadar air, dan mengembalikan kekenyalan kulit. Cocok juga untuk dipakai di cuaca dingin atau sedang bersalju!

Baca juga: 3 Skincare Lokal dengan Kandungan Calendula yang Menenangkan Kulit

4. CeraVe Daily Moisturizing Lotion

MOISTURIZER UNTUK MENENANGKAN KULIT IRITASI - CERAVE DAILY MOISTURIZING LOTION

Sama seperti Bioderma, CeraVe juga jadi kesukaan para dermatologist. Produk ini akan menenangkan dan menghidrasi kembali kulit iritasimu dengan 3 tipe Ceramide dan Hyaluronic Acid. Formulanya sangat mild, bahkan diterima oleh National Eczema Association di Amerika. Pelembap klasik yang bisa kamu andalkan untuk kulit wajah dan tubuhmu sehari-hari.

Baca juga: 3 Facial Wash dari Brand Lokal yang Aman untuk Kulit Sensitif

5. Some By Mi Snail Truecica Miracle Repair Cream

MOISTURIZER UNTUK MENENANGKAN KULIT IRITASI - SOME BY MI SNAIL TRUECICA MIRACLE REPAIR CREAM

Moisturizer asal brand Korea satu ini mengunggulkan kandungan lendir black snail, ditambah dengan 5 jenis Ceramide untuk menguatkan skin barrier yang rusak, memperbaiki tekstur kulit, menenangkan kulit yang meradang, dan memproteksi kulit dari external agressor. Teksturnya termasuk ringan, bisa dipakai di semua jenis kulit tanpa terasa greasy.

Baca juga: 8 Skincare dengan Kandungan Ceramide untuk Memperbaiki Skin Barrier

 

Nggak hanya bisa dipakai saat kulit iritasi saja lho, sederet moisturizer di atas juga aman kamu aplikasikan sehari-hari, terutama kalau kamu memang punya jenis kulit kering, mudah dehidrasi, dan sensitif. Selamat mencoba!

 

Foto: Freeepik.com, Mamonde, Dr.Jart+, Bioderma, CeraVe, Some by Mi

Poppy_Septia

Poppy_Septia

-

Slow Down

Please wait a moment to post another comment