banner-detik

peace of mind

Hal yang Perlu Kamu Lakukan agar Bisa Keluar dari Toxic Relationship!

seo-img-article

Buat kamu yang saat ini berada dalam fase toxic relationship, memang nggak mudah untuk menjalaninya. But, tenang saja karena kamu akan bisa melewati dengan baik! 

Relationship memang nggak selalu mulus dalam perjalanannya. Tapi, salah satu tujuan relationship itu adalah menikmati kebahagiaan. Sehingga kalau relationship kamu sudah mulai toxic dan malah mengganggu diri kamu sendiri, hmm, kayaknya harus dipertimbangkan lagi deh.  Toxic relationship ini juga nggak hanya menyerang hubungan kamu saja lho, lebih parahnya lagi bisa mengganggu mental kamu sendiri yang akan menyebabkan hal-hal buruk. So, kalau kamu masih berada di dalam toxic relationship, simak beberapa cara agar kamu bisa keluar dari fase tersebut dan bahagia lagi! 

1. Sadari ciri-cirinya dan ketahui kalau kamu deserve better

PicsArt_01-15-04.22.49

Penting banget untuk kamu mencari tahu apakah pasangan kamu itu toxic atau nggak. Kamu mungkin saja nggak sadar kalau pasanganmu toxic karena sudah terbiasa dengan sikapnya, lho. Kamu bisa coba mengingat apa saja yang biasanya dilakukan oleh pasangan kamu, apakah dia suka mengatur dan membatasi  kamu? Apakah dia nggak suka kalau kamu melakukan suatu hal? Apa dia tidak mendukung cita-citamu? Jika iya, sepertinya kamu memang harus keluar dari toxic relationship itu sekarang! Kamu juga perlu menyadari bahwa kamu layak mendapatkan yang lebih baik, dibandingkan yang kamu punya sekarang. So, sadari saat ini supaya kamu nggak terjebak lagi! 

Baca juga: 5 Alasan yang Bikin Kamu Tetap Ingin Jadi Single

2. Bicarakan dengan pasangan kamu

LIVE-IN-RELATIONSHIP-IN-INDIA

Hal ini akan jadi susah-susah gampang untuk dilakukan. Kalau kamu punya keberanian lebih, kamu perlu membicarakan dan mengutarakan perasaan kamu selama ini terhadap sikap dia yang toxic. Dengan begitu, pasangan kamu bisa lebih menyadari apa yang selama ini dilakukan dan juga introspeksi diri, agar jadi lebih baik lagi. Tapi ingat lho, kamu harus mengkomunikasikan hal ini dengan baik supaya nggak terjadi salah paham yang bisa memperburuk keadaan. 

Baca juga: 5 Hal yang Bisa Bikin Relationship Lebih Nyaman

3. Cari bantuan expert yang bisa menangani

PicsArt_01-15-04.22.21

Kalau kamu sudah coba membicarakan dengan pasangan tapi hasilnya nihil, kamu bisa datangi expert yang memang menangani kasus seperti ini. Para expert pastinya sudah tahu dan berpengalaman, sehingga bisa memberikan advice-advice yang akan membantu kamu. Pokoknya saat bertemu dengan expert, curahkan saja yang kamu rasakan dan jangan ada yang ditutup-tutupi. Supaya para expert bisa mengetahui keadaan kamu sepenuhnya dan bisa mengatasi permasalahan yang kamu alami. 

4. Mulailah jaga jarak dengan pasangan

PicsArt_01-15-04.20.46

Nah, kalau kamu sudah yakin dan memantapkan diri untuk keluar dari toxic relationship, pastinya kamu harus menjaga jarak dengan pasangan. Kenapa? Karena kalau kamu terus-terusan dekat dengan dia, sama saja dong nggak keluar dari relationship itu! Saat kamu jaga jarak dengan dia, kamu pasti akan merasakan perasaan yang lebih tenang, aman, dan juga nyaman dibandingkan terus bareng-bareng sama dia. Selain itu, dengan jaga jarak pun kamu bisa perlahan melupakan masa-masa toxic yang kamu alami bersama pasangan. 

Baca juga: 3 Drama Korea tentang Kesehatan Mental yang Bisa Kamu Tonton di Netflix

5. Cari kegiatan positif yang bikin bahagia

nwdn_file_temp_1610700810245

Setelah kamu berhasil keluar dari toxic relationship, kamu harus mengexplore lebih banyak lagi kegiatan positif yang membahagiakan! Mungkin ada beberapa kegiatan seru yang sebelumnya belum pernah kamu lakukan karena dibatasi oleh pasangan yang toxic, nah ini saatnya kamu melakukan hal itu. Kamu bisa lakukan kegiatan yang menjadi hobby mu, hangout bareng teman-teman, atau sekedar me time yang bikin relax. Sehingga kamu juga bisa lebih menghargai diri kamu dan mengetahui kalau kamu itu layak mendapatkan yang terbaik! 

 

Itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk keluar dari toxic relationship. Kalau kamu, punya trik khusus nggak supaya berhasil keluar dari toxic relationship? Share pengalamanmu ya! 

 

Foto: Freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment