banner-detik

peace of mind

5 Alasan yang Bikin Kamu Ingin Tetap Jadi Single!

seo-img-article

Menjadi single sama sekali bukan sesuatu yang buruk! Kenapa ya? 

Selama masa Covid-19, banyak yang menghadapi problematika dalam hubungan, bahkan nggak sedikit juga percintaan yang kandas. Bagi beberapa yang masih single alias jomblo, banyak yang buru-buru ingin pacaran dengan alasan kesepian terutama di masa seperti ini! Well, dengan alasan seperti ini, kamu yakin bisa betul-betul menemukan kebahagiaan lewat pacaran? Nah, di artikel ini, saya akan membahas tentang beberapa hal yang harus kamu pelajari ketika kamu masih single:

1. Pengaruh Stigma Social Media

Suka nggak suka, social media memiliki pengaruh besar terhadap value seseorang. Apa yang di-posting di social media selalu terlihat ‘perfect’ dan ‘bagus’, tanpa menunjukkan hal-hal yang realistis. Hal ini membuat kita lebih menghargai hal-hal yang hanya enak dipandang, segala yang fake, serta segala hal yang berbau materi. Nggak sedikit juga yang masuk ke dalam fase pacaran maupun pertemanan hanya untuk menunjukkan fake relationship di social media. Jadi, it’s better to stay single hingga kita betul-betul memahami arti kedalaman sebuah hubungan. Sayang sekali, Good and Real relationship becomes disposable, because Fake and Perfect seems achievable. 

Screen Shot 2020-11-16 at 11.36.02

Baca juga: 11 Tanda Bahwa Pacar Kamu Melakukan Gaslighting

2. Single Bukan Sesuatu yang Buruk

Society telah membuat menjadi seorang single atau jomblo sebagai sesuatu yang buruk. Ada yang menganggap bahwa itu berarti kamu nggak sukses dalam bidang percintaan. Padahal, hal ini sama sekali nggak menandakan kalau kamu gagal, atau rusak, ataupun nggak menarik! Kamu hanya tahu nilai dirimu, dan mencoba bersabar hingga pada akhirnya kamu menemukan pasangan yang sepadan. Lebih baik, gunakan waktu ini untuk berfokus terhadap hal-hal dari dirimu yang ingin kamu bangun untuk masa depan! You’ll know what and who you want by then. 

Screen Shot 2020-11-16 at 11.36.28

3. Ekspektasi Society

Berpacaran bukanlah sesuatu yang perlu kamu lakukan untuk memuaskan keinginan orang-orang disekitarmu. It needs to come from yourself. Memiliki seorang pacar bukanlah sebuah pencapaian, melainkan sebuah keputusan. Cobalah kejar kebahagiaan dan perasaan secure ketika kamu masih sendiri. Jika ada seseorang spesial yang datang, kamu boleh consider berpacaran. Tapi kalau dia nggak worth it, stay single!

4. Happy Alone, Happier Together

Banyak yang merasa menderita ketika masih single, jadi mereka cenderung mencari ‘apapun’ untuk memiliki ‘sesuatu’. Tetapi, ‘apapun’ itu yang kamu cari, nggak akan bisa membuatmu bahagia kalau kamu sendiri nggak puas dengan dirimu. Work on yourself, hingga kamu bisa merasa sendiri tanpa merasa kesepian. Kalau kamu sudah bahagia ketika sendiri, kamu akan jauh lebih bahagia ketika sudah memiliki pasangan.

001-self-love-quotes

Baca juga: 4 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Mulai Berpacaran Lagi!

5. Self Assesment

Daripada terus-terusan menilai orang lain dan mencari ‘The One’, lebih baik coba mulai fokus menilai diri sendiri. Develop yourself intelectually maupun emotionally, bangun deep conversation dengan orang lain, refleksi kekurangan diri, perjelas visi, dan lakukan segala hal yang bisa membangun kamu become a better version of yourself than yesterday.

So, berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu coba refleksikan ketika kamu masih single. Being single is one of the best moments in life! Jadi, ketika kamu sudah memberanikan diri untuk memulai hubungan lagi, you’re already content with yourself!

Jadi, menjadi single bukanlah sesuatu yang buruk! Let’s leave that bad stigma, stay single until the right one comes!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment