banner-detik

skin care

Sering Punya Jerawat di Dahi? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya!

seo-img-article

Dahi adalah salah satu area di wajah yang rentan berjerawat. Penyebab munculnya jerawat di dahi bisa bermacam-macam. Beda penyebab, beda pula cara mengatasinya. Makanya, penting untuk mengenali terlebih dahulu kenapa jerawat sering muncul di daerah kening, biar tahu produk yang tepat untuk mengatasinya.

Jerawat bukan cuma masalah pada remaja. Malah, 80% kalangan dewasa muda antara usia 12 sampai 24 tahun mengalami masalah dengan jerawat. Bahkan, 8% dewasa usia 25 hingga 34 tahun, dan 3% dewasa usia 35 sampai 44 tahun juga bisa mengalami adult acne, dengan tingkat keparahan dari yang mild, moderate, sampai dengan severe acne. Apakah kamu salah satunya? Yuk, mulai dari mengetahui penyebabnya.

Penyebab munculnya jerawat di dahi

JERAWAT DI DAHI 2

Kamu mungkin bingung, kenapa jerawat sering nangkring di dahi. Banyak faktor yang bisa menyebabkan dahi jadi berjerawat, yang bisa jadi berbeda-beda pada tiap-tiap orang. Jenis jerawat di dahi pun bisa beragam banget. Bisa berupad atau fungal acne.

Penyebab jerawat di dahi juga beragam, bisa jadi:

  1. Kamu punya masalah pencernaan
  2. Stress yang terus-menerus, termasuk akibat kurang tidur
  3. Ketidakseimbangan hormon, bisa jadi PMS atau PCOS
  4. Faktor lingkungan seperti polusi, iklim dan air
  5. Drug-induced acne atau acne medicamentosa, jerawat muncul karena trigger dari konsumsi beberapa jenis obat seperti antibiotik, kortikosteroid, dan lainnya.
  6. Contact dermatitis, yakni faktor yang sering tidak disadari, dimana kulit bereaksi pada produk-produk yang nggak cocok di kulit, produk hair care, detergent, poni, handuk, sampai sajadah dan sarung bantal yang nggak bersih.

Baca juga: 5 Tips Mengurangi Jerawat di Dada

Cara mengatasi dan mencegah jerawat di dahi

JERAWAT DI DAHI 3

Kalau penyebab jerawatmu adalah masalah pencernaan, artinya kamu harus mulai kurang-kurangi konsumsi makanan yang tinggi indeks glikemik dan produk olahan susu (dairy) termasuk keju, coklat dan es krim. 

Susah ya? Tapi nggak cuma itu, seringnya muncul jerawat di dahi, artinya kamu juga harus lebih banyak mengonsumsi serat dan air putih agar kesehatan pencernaan lebih baik, serta kurangi alkohol dan rokok.

Baca juga: Mencegah Jerawat di Dahi Akibat Poni

Mild acne, umumnya bisa diatasi secara topikal dengan penggunaan produk-produk over the counter (OTC) yang mengandung berbagai active ingredients yang tepat untuk mengobati jerawat. Ingredients apa saja yang bisa mengatasi problem jerawat di area dahi?

  1. Benzoyl Peroxide
  2. Retinol
  3. Salicylic Acid
  4. Propolis
  5. Centella Asiatica
  6. Tea Tree
  7. Niacinamide
  8. Azelaic Acid

Nah, untuk yang tingkat keparahan jerawatnya sudah moderate atau severe, sangat disarankan untuk menemui dokter spesialis kulit agar mendapatkan prescripted medication. Misalnya Retinoid atau Clindamycin. Dokter juga bisa memberikan saran terkait penyembuhan jerawat apabila penyebabnya adalah efek samping dari konsumsi obat-obatan, atau karena PCOS.

Jangan lupa untuk membersihkan barang-barang yang sering bersentuhan dengan wajah, sederhananya seperti handuk, sarung bantal dan sajadah untuk menghindari contact dermatitis. 

Baca juga: 8 Produk untuk Atasi Jerawat Punggung

Produk untuk mengatasi jerawat di dahi

Kalau kamu mau mencoba mengatasi jerawat di dahi dengan produk-produk OTC, berikut rekomendasi produknya.

Cleanser

Kulit berjerawat disarankan menggunakan produk pembersih yang soap-free dan punya pH yang sama dengan pH kulit, yakni 5.5. Misalnya saja COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser. Atau, The Body Shop Tea Tree Facial Wash yang mengandung Tea Tree Oil dan diformulasikan khusus untuk kulit berjerawat.

Toner

Siapa yang nggak kenal sama produknya Skin 1004? Khususnya Madagascar Centella Asiatica Toner ini. Toner yang tergolong mild exfoliator ini bagus banget untuk bikin kalem jerawat-jerawat yang nangkring di dahi, sekaligus mengangkat sel kulit mati yang berpotensi menumbuhkan jerawat baru kalau nggak diexfoliasi. Kalau penyebab jerawat di dahi adalah jamur atau fungal acne, kamu bisa gunakan toner yang fungal-acne safe. Contohnya COSRX Propolis Synergy Toner.

Serum

Part yang nggak boleh ketinggalan adalah serum. Kandungan active ingredients yang lebih terkonsentrasi dalam serum dapat mempercepat proses penyembuhan jerawat di area dahi. Serum lokal yang recommended buat mengatasi jerawat di dahi adalah the Aubree Centella Herb Serum. Dalam satu serum seharga kurang dari Rp 100.000,- ini ada kandungan Centella Asiatica, Salicylic Acid, Niacinamide dan Tea Tree, lho! Kurang lengkap apa lagi?

Moisturizer

Gunakan moisturizer yang oil-free dan non-comedogenic, agar aman untuk area dahi yang acne-prone. Amannya sih, pilih moisturizer dengan tekstur gel cream yang ringan di kulit. Iunik Centella Calming Gel Cream, yang review-nya sudah pernah dibahas di artikel ini, cocok untuk membantu mengatasi jerawat di dahi.

Spot treatment

Terakhir, spot treatment, juga nggak kalah dibutuhkan untuk mempercepat penyembuhan jerawat yang lagi meradang di dahi. Cobain The Ordinary Azelaic Acid Suspension 10% dan Skin Game Acne Warrior agar jerawat di dahi lebih cepat kering.

Setelah mengenali penyebab seringnya jerawat muncul di dahi dan cara mengatasi serta mencegahnya, semoga kondisi kulitmu bisa berangsur-angsur membaik, ya! Ingat, nggak ada cara instan, apa lagi untuk mengobati jerawat. Selamat mencoba!

 

Foto: Freepik.com, Courtesy of brands

Slow Down

Please wait a moment to post another comment