5 Tips untuk Mengurangi Jerawat di Dada

5 TIPS MENGURANGI JERAWAT DI DADA

Jerawat punggung atau back acne atau disingkat bacne? Itu memang mengganggu! Selain itu, ada juga lho yang sering memiliki jerawat di dada. Duh, ini lebih bikin nggak pede, karena lebih mudah terlihat dibandingkan di punggung.

Kadang si kecil yang menyebalkan alias jerawat, nggak muncul di wajah saja, tapi juga di area tubuh. Selain punggu, jerawat di dada adalah sesuatu yang cukup umum. Bintik-bintik kemerahan kecil yang cenut-cenut dan tampak di bawah leher atau decolletage ini nggak keren banget deh! Kalau kamu sedang pakai square neck top, V-neck top, atau heart neck top, jadinya nggak pede juga kan?

Saya termasuk yang sering mengalami jerawat di dada, padahal kulit wajah saya bukan tergolong acne-prone skin. Tapi biasanya jerawat di dada muncul kalau hormon sedang nggak seimbang atau PMS. Nah, mengoleskan acne-spot treatment gel saja ternyata nggak cukup ampuh lho. Harus ada serangkaian cara yang dilakukan! Saya biasanya melakukan hal-hal di bawah ini untuk mengurangi jerawat di dada. Simak, yuk!

1. Mandi menggunakan sabun tea tree atau charcoal

THE BODY SHOP TEA TREE SKIN CLEARING BODY WASH - JERAWAT DI DADA

Kalau punya jerawat di dada atau punggung, sebaiknya sabun mandi bukan asal wangi. Pilih yang kandungannya tea tree atau charcoal, yang bisa membantu membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengurangi kadar minyak berlebih. Favorit saya adalah The Body Shop Tea Tree Skin Clearing Body Wash yang aromanya tea tree segar, dan ampuh mengurangi serta mencegah jerawat, seperti Facial Wash-nya juga. Kamu juga bisa mencoba Lifebuoy Charcoal and Mint Antibacterial Body Wash atau charcoal natural bar soap.

LIFEBUOY CHARCOAL AND MINT ANTIBACTERIAL BODYWASH - JERAWAT DI DADA

CHARCOAL NATURAL SOAP - JERAWAT DI DADA

Baca juga: Punya Jerawat Punggung? 8 Produk Ini Bisa Membantu!

2. Aplikasikan exfoliating toner

SOME BY MI AHA BHA PHA 30 DAYS FACE TONER - JERAWAT DI DADA

Seperti kulit wajah, kulit tubuh butuh eksfoliasi juga. Tapi saat lagi muncul jerawat di dada, pakai body scrub yang kasar malah bikin iritasi. Coba aplikasikan exfoliating toner dengan kandungan AHA BHA pada area dada menggunakan kapas, setiap kali mandi. Hanya pada area yang berjerawat saja ya, jangan semuanya, supaya kulit payudara jadi nggak kering. Saya suka dengan Some by Mi AHA BHA PHA Miracle Toner karena mengandung tea tree, AHA, BHA, PHA, Niacinamide, dan juga witch hazel yang bisa membantu mengatasi jerawat.

Baca juga:  3 Sheet Mask untuk Remaja yang Kulitnya Berjerawat

3. Gunakan serum retinol

AVOSKIN MIRACULOUS RETINOL AMPOULE - JERAWAT DI DADA

Kamu tahu kan, selain bikin kulit lebih kencang, retinol juga bagus untuk melawan jerawat? Coba deh pakai serum retinol pada jerawat-jerawat yang muncul di dada, tentunya setelah kulit dibersihkan. Selain jerawat di dada jadi memudar, kemerahan pun berkurang. Kulit area decolletage jadi lebih plumpy juga! Serum retinol andalan saya adalah Avoskin Miraculous Retinol Ampoule, karena aksinya efektif dan nggak bikin kulit kering.

Baca juga: 5 Kesalahan Pakai Retinol yang Sebaiknya Kamu Hindari

4. Jika nggak ada serum retinol, pakai tea tree oil

ORGANIC SUPPLY CO - TEA TREE OIL - JERAWAT DI DADA

Kalau kamu nggak punya serum retinol di rumah, kamu bisa bubuhkan tea tree oil pada jerawat di dada setelah kamu mandi. Tea tree oil adalah minyak yang wajib kamu miliki kalau kamu memang langganan berjerawat di dada, punggung, atau wajah. Tea tree oil sifatnya anti-jamur, antiseptik, dan bisa mencegah infeksi. Pastikan pakainya nggak terlalu banyak supaya kulit nggak kering ya! Kalau kulitmu sensitif, kamu bisa campurkan pure tea tree oil dengan sedikit virgin coconut oil sebelum dibubuhkan di kulit, biar nggak terlalu harsh.

5. Selalu mandi 2 kali sehari dan gunakan pakaian bersih

JERAWAT DI DADA 4

Nah, ini basic banget, tapi sering terlupakan saat WFH begini. Kamu pasti malas mandi atau mandi jadi sehari sekali, karena merasa bersih-bersih saja kan? Padahal, walaupun nggak ke mana-mana, kulit kan tetap kena debu dan kotoran. Kalau kamu nggak mandi atau nggak ganti baju seharian, kotoran dan keringat bercampur dengan bakteri, yang akhirnya bisa bikin jerawatan. Jadi usahakan jangan malas mandi dan pakai baju yang bersih ya!

 

Itulah beberapa tips penting buat kamu yang punya jerawat di dada. Semoga membantu ya! Kalau punya trik lainnya untuk mengatasi jerawat di dada, silakan share di kolom komentar.

 

Foto: Courtesy of brands, Freepik.com.