banner-detik

lifestyle

5 Tips Merawat Monstera, Tanaman Hias Hits yang Wajib Dimiliki!

seo-img-article

Pandemi bikin kamu jadi suka tanaman hias? Kalau iya, kamu wajib punya Monstera! Tanaman satu ini nggak cuma cantik tapi juga nggak sulit dirawat!

Sebenarnya Monstera sudah populer sejak beberapa tahun lalu, tapi saat pandemi ini namanya mencuat lagi karena mendadak semua orang jadi hobi bercocok tanam di rumah. Monstera punya banyak jenis, tapi salah satu yang paling terkenal adalah Monstera Deliciosa. Tanaman hias yang juga disebut Swiss Cheese Plant ini memang menarik banget dengan aksen bolong-bolongnya dan daunnya yang hijau lebar berbentuk hati. Tapi, masih banyak ternyata yang bingung gimana caranya merawat Monstera Deliciosa dengan baik. Sebenarnya nggak sulit, kok. Menurut saya, selain instagramable, tanaman ini termasuk yang low maintenance. Simak beberapa tips merawat Monstera Deliciosa di bawah ini!

1. Jangan kena direct sunlight

TIPS MERAWAT MONSTERA 1

Berasal dari negara tropis, Mexico, Monstera sebenarnya aman di outdoor maupun indoor. Dia suka dengan cahaya yang terang ataupun medium. Tapi, sebaiknya jangan terkena matahari langsung, apalagi saat jam 12-2 siang, karena daunnya yang cantik itu bisa jadi gosong atau kehitaman. Jadi, kalau mau diletakkan di outdoor, sebaiknya tetap di area yang beratap, atau berada di dekat tanaman lainnya supaya lembap. Jika diletakkan di indoor, usahakan posisinya di dekat jendela dan tetap dikeluarkan 3 hari sekali supaya tetap terkena sinar untuk berfotosintesis.

 Baca juga: 4 Tanaman Hias dengan Daun Berwarna-warni yang Harus Kamu Punya!

2. Pindahkan kalau sudah rimbun

TIPS MERAWAT MONSTERA 6

Monstera di rumah saya, yang tadinya cuma hanya 2 pot saja, dalam 6 bulan sudah berubah jadi 6 pot. Monstera termasuk tanaman yang mudah tumbuh dan gampang membesar lho, jadi sebaiknya kalau akar anginnya sudah ke mana-mana atau daunnya sudah terlihat sesak di potnya, kamu segera pindahkan ke pot yang lebih besar, atau bahkan langsung ke tanah, biar tumbuh lebih leluasa. Kamu juga bisa mencacahnya untuk water propagation (ditanam di dalam jar berisi air), lalu letakkan di meja kerjamu biar tampak lebih manis dan bikin kamu bersemangat.

 Baca juga: 5 Tanaman Hias yang Nggak Perlu Disiram Setiap Hari

3. Gunakan pupuk sebagai pendukung pertumbuhan

TIPS MERAWAT MONSTERA 4

Sebenarnya, air dan sinar matahari saja sudah cukup untuk bikin Monstera Deliciosa bertumbuh. Tapi, selayaknya manusia, bila diberi vitamin pasti jadi lebih segar. Kamu bisa gunakan vitamin B1 khusus untuk tanaman yang dicampur dengan air setiap 1-2 minggu sekali. Vitamin B1 akan bikin Monstera lebih sehat, bahkan bisa menyelamatkan Monstera yang sudah layu atau hampir mati. Gunakan juga pupuk NPK 16-16-16 pada Monstera hijau setiap sebulan sekali. Sebaiknya, larutkan dulu butiran-butiran NPK dengan air, baru deh siramkan ke media tanamnya. Sekarang ini, ada banyak juga serum tumbuhan hits yang bisa kamu coba!

Baca juga: 5 Tanaman Indoor Populer yang Cocok untuk Pemula

4. Bisa hidup di air, tapi tidak bisa overwatering

TIPS MERAWAT MONSTERA 5

Monstera Deliciosa adalah tanaman hias yang bisa diperbanyak dengan cara diletakkan di jar berisi air. Jadi bila sudah terlalu tinggi atau rimbun, kamu bisa potong menjadi beberapa bagian (jangan hilangkan akar anginnya), kemudian masukkan ke dalam wadah berisi air. Ganti airnya seminggu sekali, kemudian biarkan hingga akarnya lebat, barulah dipindahkan lagi ke pot. Tapi, Monstera Delicosa yang ditanam di tanah atau di pot, sebaiknya nggak terlalu banyak kena air. Seperti Philodendron, daun Monstera akan mudah menguning bila disiram terlalu sering (overwatering). Jadi, cukup siram dengan air secukupnya. Saya pribadi suka menyiram Monstera 2 hari sekali, tapi tanaman hias ini tetap aman kalau disiram hanya 1 minggu sekali.

Baca juga: 3 Rekomendasi Tempat Beli Pot untuk Tanaman Hias

5. Lap daunnya biar tampak berkilau

TIPS MERAWAT MONSTERA 7

Nggak cuma kulit wajah saja, daun juga tampak lebih segar kalau kelihatan glowing! 😀 Untuk bikin daun Monstera lebih berkilau dan sehat, kamu bisa membeli produk-produk seperti “Kilap” atau “Monstera Shield” yang banyak dijual. Produk itu nggak cuma menghilangkan debu tapi juga merawat daun. Kamu juga bisa bikin sendiri cairan untuk lap daun Monstera, dari perpaduan olive oil dengan air, atau olive oil dengan santan. Lap-nya nggak perlu tiap hari kok, seminggu sekali saja cukup.

 

Nah, itulah beberapa tips merawat Monstera Deliciosa. Nggak susah, kan? Selamat mencoba ya!

 

Foto: Freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment