banner-detik

lifestyle

5 Tanaman Hias yang Nggak Perlu Disiram Setiap Hari

seo-img-article

TANAMAN HIAS YANG NGGAK PERLU DISIRAM TIAP HARI 2

Nggak semua tanaman hias harus disiram tiap hari lho! Beberapa tanaman hias malah akan membusuk kalau kena air terlalu sering. 

Artinya, tanaman-tanaman ini cocok banget buat kamu yang masih pemula dalam merawat tanaman atau kamu yang suka penghijauan tapi sangat sibuk! Simak, yuk!

1. Kaktus

TANAMAN HIAS YANG NGGAK PERLU DISIRAM TIAP HARI - KAKTUS

 

Kamu pasti tahu dong, kalau kaktus terkenal “tahan banting”? Kaktus adalah tumbuhan yang biasa hidup di area gersang seperti gurun karena cadangan air dalam tubuhnya sangat banyak. Sehingga, kamu nggak perlu menyiram tanaman hias ini setiap hari. Cukup 2 kali saja seminggu. Siram langsung ke tanahnya ya, kalau bisa batangnya jangan sering kena basah, karena bisa membusuk. Kaktus aman diletakkan di indoor yang ber-AC, tapi sebaiknya jemur 2 hari sekali. Ingat, tanaman ini senang sekali dengan direct sunlight!

Baca juga: 5 Tanaman Indoor yang Baik untuk Menyaring Udara

2. Begonia

TANAMAN HIAS YANG NGGAK PERLU DISIRAM TIAP HARI - BEGONIA 3

Begonia memiliki berbagai daun yang bentuknya unik, bahkan sebagian ada yang berbulu seperti karpet, bukan tipe yang tipis dan kering. Tanaman ini senang dengan cahaya matahari pagi dan nggak suka disiram setiap hari. 2 hari sekali saja sudah cukup, kok! Atau kamu bisa cek dulu dengan cara menyentuh tanahnya: kalau terasa kering, barulah disiram. Jangan biarkan tanahnya terlalu menggenang atau terlalu kering, karena dia suka tanah yang lembap. Sebaiknya, jangan tanam begonia di pot yang terlalu besar, karena dia malah nggak bisa berkembang sempurna. Kamu bisa menggunakan pupuk 1-2 bulan sekali supaya pertumbuhan begonia semakin baik.

3. Snake plant

TANAMAN HIAS YANG NGGAK PERLU DISIRAM TIAP HARI - SNAKE PLANT

Mirip dengan kaktus, snake plant atau Sansevieria juga punya cadangan air yang banyak. Kalau disiram setiap hari, dia malah bisa busuk atau berjamur. Kalau ada yang busuk atau berjamur, segera potong daunnya dan pindahkan potnya ke area yang lebih kering ya. Jangan khawatir, tanaman hias ini termasuk yang mudah tumbuh lagi, kok! Saat menyiram, hindari kena batangnya ya! Walaupun snake plant termasuk yang bisa tumbuh di cuaca apapun, tapi dia lebih senang dengan indirect sunlight. Selain low maintenance, tanaman hias satu ini juga populer karena bermanfaat menyaring udara.

Baca juga: 5 Tanaman Indoor Populer yang Cocok untuk Pemula

4. Bougainvillea

Pink bougainvillea Real Flower

Ketika melihat bougainvillea yang berbunga banyak, kamu pasti langsung terbayang suasana Bali, atau Italia, atau Yunani. Tanaman hias ini bisa sangat rimbun dan menjuntai cantik! Bougainvillea suka banget dengan matahari, bukan hanya cahayanya saja tapi juga kehangatannya, makanya nggak heran kalau dia banyak hidup di wilayah tropis dan Mediterania. Bahkan, sebaiknya dia terpapar panas 6 jam dalam sehari supaya rajin berbunga dan warna bunganya lebih ‘keluar’! Jadi, jangan letakkan di tempat teduh dan jangan siram tiap hari ya. Biar bisa terus memproduksi bunga, kamu bisa semprotkan daun-daunnya secara rutin dengan pupuk cair khusus tanaman bunga yang banyak tersedia di tukang tanaman.

5. Rubber plant

TANAMAN HIAS YANG NGGAK PERLU DISIRAM TIAP HARI - RUBBER PLANT

Punya daun yang tebal-tebal dan bisa tumbuh tinggi menjulang, rubber plant adalah tanaman tangguh yang aman diletakkan di indoor maupun outdoor dengan direct sunlight. Karena nggak perlu disiram tiap hari, tanaman hias ini jadi nggak merepotkan kalau kamu taruh di indoor. Kamu bisa menyiramnya 2-3 kali saja seminggu. Bahkan kalau kamu taruh di tempat teduh, disiram sekali seminggu pun nggak apa-apa. Jangan lupa tambahkan pupuk 1-2 bulan sekali biar semakin subur.

Baca juga: Memelihara Tanaman Hias Baik untuk Kesehatan Kulit?

Sekarang kamu tahu kan, kalau nggak semua tanaman hias butuh disiram sering-sering! 5 tanaman di atas pas banget buat kamu yang ingin menghijaukan area rumah tapi nggak mau ribet. Selamat mencoba!

Foto: Freepik.com

Slow Down

Please wait a moment to post another comment